Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan, minat, dan bakat seseorang. TPA terdiri dari beberapa jenis soal.

Saat ini banyak bentuk tes psikologi yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya tes TPA online. Tes TPA memungkinkan para peserta memenuhi berbagai kepentingannya, baik pribadi atau umum. Salah satu tes psikologi ini sering digunakan untuk proses rekrutmen pekerjaan atau seleksi calon mahasiswa. Di samping itu, ketika promosi jabatan juga bisa dengan memanfaatkan tes TPA. 

Tes TPA Online Menjadi Salah Satu Pertimbangan Penting untuk Mengukur Kemampuan

Salah satu dari banyaknya jenis tes psikolog yaitu Tes Potensi Akademik atau TPA. Banyak orang yang melakukan tes ini untuk mengukur kemampuan diri dalam bidang akademik.

Tes ini biasanya dilakukan untuk mengukur penguasaan akademik seseorang dalam berbagai kebutuhan. Sebut saja seperti ingin tahu diri sendiri lebih dalam, proses rekrutmen karyawan, atau seleksi calon mahasiswa. Dengan menjalani tes TPA terlebih dahulu, maka kemampuan seseorang bisa terukur. 

Dengan begitu, para peserta tes bisa mendapatkan jurusan apa di universitas atau bidang pekerjaan yang sesuai kemampuan. Tujuan pelaksanaan tes potensi akademik yaitu untuk mengetahui bakat serta kemampuan seseorang pada bidang akademis seperti sosial, bahasa, sampai sains. Hampir sebagian besar materi, model, dan bidang dalam tes TPA sama dengan Graduate Record Examination atau GRE. 

Jenis Soal Tes TPA

Jenis tes TPA terdiri dari berbagai bidang yang bisa mewakili untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang. Umumnya, Tes Potensi Akademik ini terdiri dari empat jenis soal seperti bahasa, angka, gambar, dan logika. Beberapa jenis soal tersebut akan pertanyaan-pertanyaan yang bisa mengukur kemampuan akademik seseorang.

Pada tes bahasa akan terjadi soal dari beberapa jenis meliputi antonim, sinonim, padanan kata, sampai pengelompokan kata. Jenis soal bahasa memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang kebahasaan.

Dalam tes angka akan terdiri beberapa soal yang menyangkut aritmatik seperti logika angka, tes angka, hingga seri angka dalam sebuah cerita. Umumnya soal tes jenis angka terlihat sederhana, namun memerlukan pemahaman dan tingkat ketelitian yang tinggi untuk menemukan jawaban yang benar. Tujuan dari tes angka ini yaitu untuk mengukur kemampuan dalam bidang matematika.

Jenis soal tes TPA online selanjutnya yaitu tes logika yang menyangkut diagram, logika cerita, sampai silogisme. Dalam tes ini memiliki fungsi untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah atau penalaran seseorang. Dengan menjawab soal jenis ini, skill penyelesaian masalah dengan kriteria logis dan masuk akal akan terukur.

Sedangkan pada tes gambar akan terjadi soal yang berhubungan dengan gambar seperti seri gambar, pengelompokan, hubungan, sampai identifikasi gambar. Jenis tas ini memiliki fungsi untuk mengukur logika ruang pada diri seseorang.

Dapat Mengetahui Minat dan Bakat

Tes Potensi Akademik bermanfaat untuk mengetahui bakat dan minat seseorang selain kemampuan akademiknya. Sebelum memasuki perguruan tinggi atau sebuah perusahaan penting untuk mengetahui minat dan bakat seseorang terlebih dahulu. Hal ini akan, memudahkan pihak perguruan tinggi atau perusahaan dalam menempatkan posisi yang pas untuk seseorang. 

Dari beberapa jenis soal tes TPA bisa mengetahui minat dan bakat seseorang lebih ke arah sosial, bahasa, atau sains. Jenis tes psikologi ini bisa menjadi patokan untuk menempatkan seseorang pada jurusan atau posisi kerja yang sesuai. Dengan begitu, kemudahan untuk menjalani pendidikan atau pekerjaan bisa lebih terukur. 

Soal Terlihat Sederhana Namun Mengecoh

Umumnya tes TPA online memiliki beberapa soal yang mudah untuk dijawab. Walaupun soal terlihat mudah, tetapi justru soal bisa mengecoh para peserta. Maka dari itu, penting untuk konsentrasi dan teliti ketika menjawab soal supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Tetap fokus dalam menjawab soal supaya tidak terpengaruh hal lain yang bisa membuat jawaban menjadi kurang tepat. 

Tes TPA atau Tes Potensi Akademik memang memiliki peran penting untuk tahap seleksi calon karyawan atau mahasiswa. Keberadaan tes ini juga bisa untuk mengetahui kemampuan minat dan bakat seseorang. Maka dari itu, penting untuk memilih tes TPA terpercaya dan tepat. 

Salah satu pelabuhan tes TPA online yang bisa memenuhi kebutuhan dengan kualitas mumpuni yaitu tepad.id. Tes Potensi Akademik online di sini memiliki komponen tes dalam bentuk numerik, spasial, sampai verbal. Platform tes TPA ini juga memiliki berbagai fitur terpercaya dalam menjaga reliabilitas dan validitas hasil tes.