Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Dalam tes TPA Online memberikan peluang kepada peserta untuk mempelajari hal baru. TPA berguna dalam kebutuhan promosi jabatan atau seleksi mahasiswa.

Tes TPA online dikembangkan khusus sebagai alat ukur terhadap prediktor yang efektif dengan performa individu, baik di lingkungan kerja maupun pendidikan. Dalam hal mengenali kelebihan individu, tes TPA jelas lebih unggul daripada tes lain.

Kehadirannya membantu prediksi prestasi akademis peserta didik maupun performa kerja karyawan. Dalam pelaksanaannya, tes memiliki prosedur dan pelaksanaan yang berbeda sesuai lembaga yang menyelenggarakannya.

Tes TPA Online sebagai Alat Ukur Kemampuan Penalaran Umum 

Tes potensi akademik adalah alat seleksi dalam wujud tes dan berbasis online. Psikotes ini bersifat objektif dan baku untuk mengukur perilaku dan potensi dalam diri seseorang.

Tes bukanlah sembarang tes psikologi karena telah menyesuaikan dengan standar psikometri yang sama. Standar tersebut yaitu validitas dan reliabilitas.

TPA online memberikan dampak positif bagi peserta tes. Namun, entah mengapa kesadaran orang untuk mengikutinya masih sangat sedikit. Padahal tes ini bisa membantu membuka peluang berkarir seluas-luasnya. 

Dalam hal ini, butuh dukungan dari vendor psikotes handal dan terpercaya. Tes TPA online TEPAD hadir berdasarkan teori Cattel-Horn Carrol (CHC), yakni teori kemampuan kognitif yang modern.

Tes TPA yang tersedia sebagai alat pengukur kemampuan penalaran umum. Nantinya, kemampuan tersebut berguna untuk memecahkan masalah dan mempelajari hal-hal baru.Kedua kemampuan tersebut merupakan pertimbangan penting dalam seleksi calon mahasiswa, promosi jabatan, dan kebutuhan rekrutmen karyawan.

Penalaran Umum untuk Memecahkan Masalah

Saat proses pembelajaran berlangsung, besar kemungkinan akan menjumpai berbagai masalah. Bagi yang mengalaminya, perlu kemampuan bernalar yang baik untuk memecahkan masalah tersebut. Secara sistematis penalaran dan kemampuan memecahkan masalah merupakan satu kesatuan.  

Dengan kemampuan penalaran umum yang baik, seseorang menjadi termotivasi untuk lebih giat mengasah kemampuan penalaran mereka, sehingga meningkat. Cara sederhana adalah dengan banyak berlatih mengerjakan soal yang bervariasi.

Tes TPA online menunjukkan mana peserta yang memiliki kemampuan penalaran umum yang baik dan mana yang tidak, sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Bisa dipastikan jika kemampuan daya nalar peserta sudah berkembang dengan baik bahkan telah mengalami peningkatan.

Dengan kemampuan menjawab soal yang baik dan benar, berarti peserta tidak mengalami kebingungan saat memahami soal. Selain mudah memahami konsep, keunggulan SDM yang memiliki kemampuan penalaran umum sudah pasti mudah memperoleh solusi, mengembangkan pemahaman, bertindak dan berpikir kreatif, memecahkan masalah secara realistis, dan menyelesaikan masalah dengan tepat dalam waktu singkat.

SDM dengan kemampuan demikian menjadi incaran perusahaan-perusahaan. Oleh karena itu, pelaksanaan tes TPA online seringkali menjadi syarat rekrutmen karyawan atau promosi jabatan.

Penalaran Umum untuk Mempelajari Hal Baru

Mencoba mempelajari hal baru membantu seseorang mengetahui minat dan hobi mereka. Itulah mengapa tes TPA berguna untuk mengetahui bakat dan minat dalam diri.

Orang yang tertarik mempelajari hal baru cenderung memiliki dukungan terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis, pengambilan keputusan yang lebih baik, memperkuat koneksi di otak, dan meningkatkan kesehatan mental.

Dalam tes TPA Online memberikan peluang kepada peserta untuk mempelajari hal baru. Dalam kebutuhan promosi jabatan, tes TPA akan membantu menemukan kandidat yang tepat.

Tes TPA sebagai Alat Ukur Kemampuan Siswa

Jika metode pendidikan dari seorang pengajar bisa memudahkan siswa memahami dan menyerap ilmu, maka tes TPA menjadi alat ukur intelektual dan kemampuan dalam diri siswa.

Melalui tes ini, membantu siswa mengenal bakat dan minat lebih mudah. Menilik dari peran tersebut, perguruan tinggi menjadikan hasil TPA online sebagai syarat wajib untuk memudahkan pemilihan jurusan.

Selain itu, tes bertujuan agar bakat dan minat siswa terasah dengan baik. Hal ini merupakan suatu bentuk kemajuan di era digital dalam kebutuhan rekrutmen siswa.

Berbasis digital dengan desain multi user bertujuan agar peserta bisa mengaksesnya tanpa kendala. Tidak perlu memiliki atau sewa laptop, karena bisa mengerjakan melalui smartphone.

Hasil tes sendiri bisa menjadi motivasi ketika kembali mengikuti tes suatu saat nanti. Kedepannya akan memberi pengaruh positif, baik dalam bidang akademik maupun kehidupan secara menyeluruh.

Tes TPA online bersama TEPAD akan mendapatkan sertifikat resmi yang berguna untuk berbagai keperluan. Kunjungi website resmi TEPAD untuk melakukan registrasi tes dengan mudah.