Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online termasuk tahapan ujian masuk perguruan tinggi. Mengerjakan tes ini tidak mudah, sehingga butuh latihan

Tes TPA online termasuk ke dalam ujian masuk perguruan tinggi. Sudah bertahun-tahun lamanya sistem TPA ini digunakan untuk seleksi.

TPA atau Tes Potensi Akademik adalah sebuah psikotes yang sangat bermanfaat. Tes ini berguna untuk mengukur pemahaman seseorang.

Tes TPA Online untuk Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Bappenas melalui Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UOO PT) sudah berhasil mengembangkan alat seleksi yang bernama TPA. Tes ini dirancang untuk mengukur seberapa besar potensi intelektual di dalam diri pesertanya.

Cara ini dianggap sebagai dasar seseorang sebagai kemungkinan keberhasilan jika yang bersangkutan mengikuti jenjang pendidikan S1, S2, atau S3.

Selain itu, tes ini juga banyak digunakan di dalam proses seleksi kerja. Jenis soal TPA sebenarnya cukup sederhana, sehingga peserta tidak perlu khawatir tidak akan bisa menjawabnya.

Pengertian TPA

Hal utama yang harus dipahami adalah pengertian TPA itu sendiri. TPA merupakan sebuah tes psikologi yang berguna untuk perekrutan mahasiswa atau karyawan baru.

Tes ini sangat bermanfaat untuk mengukur proses berpikir para pesertanya, mulai dari kecerdasan bahasa dan bahkan hingga logika. Dengan begitu, pihak instansi akan mampu melihat kemampuan berpikir mereka.

Biasanya, soal tes TPA online memiliki jumlah yang tidak sedikit dengan waktu yang terbatas. Selain itu, banyak orang yang merasa bahwa soal TPA seperti menjebak.

Itulah kenapa, banyak orang yang menganggap bahwa tes psikologi ini sulit. Dengan waktu terbatas, peserta harus bisa menyelesaikan tes dan perlu mendapatkan skor tinggi.

Kegagalan Tes TPA

Tes ini menjadi salah satu proses seleksi calon mahasiswa baru. Tentu saja ada banyak peserta tes yang gagal dan akhirnya tidak bisa lolos ke jurusan yang mereka inginkan.

Hal ini sudah terbiasa terjadi setiap tahunnya. Namun, mereka yang gagal tentu saja akan sangat bersedih, apalagi jika sudah berulang kali mencoba.

Maksud dari kegagalan di dalam tes TPA online adalah karena skor yang didapatkan di bawah rata-rata. Setiap jurusan perguruan tinggi memiliki minimal skor TPA yang berbeda-beda.

Semakin populer suatu jurusan, maka akan semakin sulit untuk lolos seleksi. Itulah kenapa, skor TPA juga harus lebih tinggi dari rata-rata.

Untuk mendapatkan skor TPA yang memuaskan dan terhindar dari kegagalan, para calon mahasiswa harus giat berlatih. Gunakan berbagai modul ajaran yang bisa membantu memahami materi TPA.

Lakukan latihan dengan memanfaatkan tes TPA online. Soal-soal di dalam latihan TPA akan memiliki pola yang mirip dengan TPA di ujian aslinya.

Lebih baik pilih platform TPA yang menyediakan tes berbasis modern atau Teori tes Modern (IRT). Ini adalah suatu kerangka kerja statistik yang memiliki peran dalam pembuatan dan juga analisis tes.

Dengan metode ini, maka pengukuran kemampuan seorang bisa jauh lebih akuran dengan mempertimbangkan tingkat kesulitan terhadap suatu tes. IRT memberikan bobot nilai yang berbeda di setiap soal.

Suatu soal bisa membedakan antara peserta dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Jika banyak orang yang bisa menjawab soalnya, maka soal tersebut memiliki nilai yang lebih rendah.

Ada tiga fungsi utama dari IRT, yakni untuk respons item, fungsi informasi, dan juga invarian. Model ini akan menggambarkan hubungan antara kemampuan atau sifat laten dengan ukuran instrumen terhadap responden.

Teori tes satu ini banyak digunakan di dalam tes ujian masuk perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan latihan soal, peserta tes akan lebih terbiasa dengan modelnya.

TPA Online di Tepad.id

Jika mencari tempat penyedia TPA online dengan metode Teori tes modern atau IRT, Tepad.id jadi jawaban yang paling tepat. Tepad.id memadukan teknologi dengan teori yang paling muktahir.

Di Tepad.id, pengguna bisa mengerjakan tes TPA melalui berbagai perangkat, mulai dari smartphone, komputer, dan bahkan tab atau sejenisnya. Jadi, peserta tes mendapatkan kemudahan dalam pengerjaannya.

Tentu saja tempat pengerjaan juga tidak terbatas. Selama memiliki jaringan internet yang stabil, maka peserta bisa mengikuti tes TPA dengan nyaman.

Setelah tes TPA online selesai, Tepad.id juga akan langsung memperlihatkan skor yang bisa menjadi evaluasi kedepannya. Pada akhirnya, peserta tes jadi lebih terbiasa dengan soal-soalnya.