Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online menjadi alat penting dalam pengukuran penalaran, sehingga butuh strategi khusus dalam mengerjakan setiap soalnya.

Tes TPA online telah membuktikan perannya sebagai alat penting dalam berbagai proses seleksi, baik dalam dunia pendidikan maupun perusahaan. Terlebih lagi kini tes tersebut berbasis online. Hal ini mendukung kepraktisan dalam hal waktu, tenaga, dan biaya.

Dalam segi kualitas, TPA online telah mengusung teknologi mutakhir dan canggih, sehingga sudah pasti bermutu. Jadi, peserta tes tidak perlu ragu mengikuti tes online yang satu ini.

Panduan Lolos Penalaran Umum pada Tes TPA Online 

Sebagai pilihan tes terbaik, Tes Potensi Akademik online menawarkan segala kemudahan. Kemudahan tersebut bukan hanya diperuntukkan bagi peserta, tetapi juga pihak penyelenggara. Kedua belah pihak bisa mengakses tes dengan bantuan komputer atau perangkat lain asalkan terhubung dengan internet.

Hal paling mendasar dari tes adalah gunanya sebagai alat ukur kemampuan penalaran umum, di mana kemampuan tersebut penting sekali dalam kebutuhan memecahkan masalah. Selain itu, tes TPA online juga membantu peserta mempelajari hal-hal baru yang terjadi dalam kehidupan mereka.

Kedua fungsi tes inilah yang menjadikannya penting dalam berbagai proses seleksi. Mulai dari seleksi mahasiswa, rekrutmen jabatan, hingga asesmen jabatan.

Dari ketiga kebutuhan tersebut, rekrutmen karyawan dan asesmen jabatan memakan waktu cukup lama. Namun, keberadaan tes mampu memangkas waktu, sehingga perusahaan tidak terganggu produktivitasnya. 

Begitu banyak manfaat, keuntungan, serta kemudahan yang ditawarkan, tidak ada salahnya ikut mengerjakan tes tersebut. Sebagai alat khusus mengukur penalaran, butuh beberapa strategi jitu agar bisa lolos dan mendapatkan sertifikat tes TPA online.

Pasalnya, soal-soal yang tersaji sebenarnya mudah, tetapi entah mengapa masih saja ada peserta yang menuai kegagalan. Bagi peserta pemula, bisa menyimak tips-tips berikut ini.

Memahami Kesesuaian Pernyataan dengan Baik

Strategi lolos tes yang pertama adalah memiliki pemahaman yang baik terkait kesesuaian pernyataan dari sebuah soal. Peserta akan menghadapi sejumlah soal berupa bacaan yang cukup panjang.

Nantinya, harus bisa menemukan pernyataan yang pas dengan kondisi bacaan tersebut. Seringkali peserta terkecoh memilih jawaban.

Sebagai langkah-langkah menyelesaikan soal adalah:

  • Usahakan membawa seteliti mungkin dan tidak lupa menggunakan penalaran.
  • Dalam membaca harus fokus, cermat, dan tepat.
  • Tidak perlu membaca secara keseluruhan dan carilah kalimat pada jawaban yang maknanya tidak menyimpang dari teks bacaan.
  • Bila sudah, silakan memilih opsi jawaban yang menurut keyakinan Anda benar dan hindari menjawab dengan keragu-raguan.
  • Fokuskan memilih jawaban yang memiliki makna sama dengan pernyataan yang ada di dalam tes TPA online tersebut.
Penarikan Kesimpulan Logis

Tes Potensi Akademik juga menuntut kemampuan silogisme. Biasanya, untuk menyelesaikan soal berbasis matematika.

Kata orang, matematika adalah mata pelajaran yang harus dipelajari mati-matian. Kemungkinan besar membutuhkan logika yang cerdas.

Langkah-langkah mengerjakan yang tepat ketika menemui soal tes semacam ini adalah:

  • Menggunakan logika matematika untuk setiap penarikan kesimpulan.
  • Kata kunci utama untuk menjawab soal adalah utamakan ketelitian dan penalaran sebaik mungkin.
  • Kemudian bacalah soal dengan cermat dan tepat, tetapi tidak perlu membaca teks soal secara keseluruhan.
  • Untuk membangun fokus, bacalah lebih cermat lagi bagian paragraf yang ditanyakan dalam soal tes TPA online.
  • Terakhir, silakan menyesuaikan kalimat yang ada pada opsi jawaban dengan pernyataan-pernyataan yang terkandung dalam teks.
Tepat Penalaran Analitik

Selanjutnya, ada soal berbasis penalaran analitik. Sebagai langkah penyelesaian tergantung jenis soalnya.

Cara mengetahui soal-soal perbandingan paling mudah adalah mencari kata pembandingnya. Biasanya menggunakan kata lebih atau daripada.

Supaya tidak terkecoh, bisa membuat gambar atau menulis kembali menggunakan bahasa sendiri. Bisa juga dengan membuat urutan mulai dari nilai tertinggi ke nilai terendah.

Berbeda lagi cara penyelesaian untuk mengetahui posisi tertentu. Masih dengan cara menggambar atau menulisnya kembali, kemudian mengurutkannya sesuai jumlah posisi atau inisial nama tokoh yang tercantum dalam soal.

Nah, langkah untuk menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, silakan membuat poin-poin pernyataan A, B, C, dan seterusnya.

Begitu penting peran tes TPA online, sehingga tidak boleh asal memilih penyedia jasanya. Dalam hal ini, TEPAD adalah penyelenggara tes terbaik. Hasil tes bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan peserta.