Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online telah mendapat pengakuan dari khalayak karena dalam pelaksanaannya, tes berhasil memadukan teknologi dan teori mutakhir.

Tes TPA online telah mendapat pengakuan dari khalayak karena dalam pelaksanaannya, tes berhasil memadukan teknologi dan teori mutakhir. Sejatinya, tes online telah ada sejak dulu. Seiring berjalannya waktu, kini telah mengalami transformasi.

Kita bisa melihat faktanya dari segi kemudahan pelaksanaan. Menghadapi era digital, test bersifat aksesibilitas global. Dengan demikian, membuat pengalaman pengujian menjadi lebih efisien dan akurat.

Pengenalan Tes TPA Online

Sesuai namanya, Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan parameter untuk menilai potensi akademik seseorang. Penggunaan tes mengalami perkembangan signifikan seiring meningkatnya persaingan dalam dunia pendidikan.

Format TPA dalam bentuk online membuat proses evaluasi menjadi lebih fleksibel. Bahkan memungkinkan setiap pengguna mengaksesnya lebih mudah.

Bayangkan jika pelaksanaan tes masih dalam metode konvensional. Tentu lebih repot dan kurang efektif. Inilah mengapa dulu tes TPA online kurang memiliki peminat.

Pemanfaatan Teknologi 

Umumnya, TPA online memiliki desain khusus. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, baik penyelenggara maupun peserta tes. Adaptasi tes ke bentuk platform digital adalah bukti pemanfaatan teknologi di era serba digital.

Adaptasi ini memungkinkan peserta mengikuti tes dari mana saja, hanya bermodalkan koneksi internet. Selain meningkatkan aksesibilitas, beralihnya tes ke format digital pun mengurangi keterbatasan geografis.

Pemanfaatan teknologi pada tes online yang berikutnya adalah ujian berbasis komputer. Penggunaan CBT (Computer Based Test )memungkinkan untuk melakukan evaluasi secara real-time dan otomatis.

Hasil tes keluar tidak butuh waktu lama dan tentunya akurat. Baik penyelenggara maupun peserta jadi lebih efisien waktu. Berbeda hal jika penilaian tes masih secara manual.

Dulu, banyak yang belum percaya dengan kebenaran tes online. Namun kini tes TPA online telah mengandalkan teknologi keamanan canggih.

Di TEPAD misalnya, platform ini melakukan pengawasan melalui kamera dan menggunakan sistem deteksi kecurangan. Selain itu, memiliki enkripsi data untuk memastikan integritas serta keabsahan hasil tes online. Hasil tes yang keluar 100% akurat dan adil.

Pengintegrasian Teori Mutakhir 

Penyelenggaraan tes menjadi semakin mudah dan terpercaya berkat sentuhan teori mutakhir. Dalam pelaksanaannya, tes TPA online telah berintegrasi dengan teori kognitif dan psikometrik terkini. Penyajian soal-soal tes dapat memberikan gambaran lebih akurat mengenai potensi akademik peserta.

TPA online juga memanfaatkan analisis big data. Dengan teori ini, akan membantu mengidentifikasi pola-pola perilaku peserta, sehingga dapat memberikan wawasan lebih mendalam terkait potensi akademik mereka.

Di TEPAD, platform psikotes ini memanfaatkan Teori IRT (Item Response Theory) atau Teori Respon Butir. Teori tes modern ini mampu membuat tes TPA online menghasilkan pengukuran lebih akurat.

Sistem IRT adalah mengukur kemampuan individu berdasarkan tingkat kesulitan setiap soal yang disajikan. Intinya, setiap soal memiliki bobot yang berbeda.

Kemampuan mencerna soal tes dalam diri setiap peserta tes tentu tidak sama. Kemungkinan langkah penyelesaian yang mereka tempuh juga tidak sama, tergantung seberapa baik mereka mencerna soal tes tersebut.

IRT memiliki peran penting dalam bidang yang lain. Setidaknya ada 3 fungsi utama dari IRT. Fungsi tersebut meliputi fungsi informasi, respon sistem, dan invarian.

Sedangkan prinsip dasar IRT ada 2 poin. Poin pertama adalah daya pembeda soal sebagai alat ukur kemampuan subjek dalam tes. Prinsip kedua adalah perbandingan jumlah jawaban benar terhadap seluruh subjek dengan tingkat kesulitan soal tes.

TEPAD sebagai Platform Inovatif TPA Online

Dalam solusi inovatif mencari platform tes TPA online terbaik dan terpercaya, TEPAD muncul sebagai rekomendasi utama. Tes TPA bersama TEPAD menawarkan berbagai fitur-fitur pendukung dan juga menonjolkan desain tes yang telah dirancang khusus.

Keberhasilan platform memadukan teknologi dan teori mutakhir memungkinkan para peserta mengikuti tes dengan berbagai kemudahan. Bahkan terbebas dari gangguan teknis.

Seluruh tahapan tes dapat terlaksana dengan baik tanpa mengorbankan kepercayaan. Bagi kami, menjaga reliabilitas dan validitas hasil tes adalah amanah, dan kami melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu, pelaksanaan tes juga mendapat sentuhan fitur-fitur handal. Mulai dari fitur kemudahan akses (accessible), desain multi user, hasil tes real time, dan support pada berbagai perangkat.

Ada lagi fitur kemudahan pengerjaan yang bisa menjadi pilihan peserta tes. Hendak memilih pengerjaan secara individual atau classical alias berkelompok.

Klik di sini untuk melakukan registrasi tes TPA online bersama TEPAD. Temukan informasi mendalam lewat https://tepad.id/.