Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online telah dilengkapi dengan fitur proctoring camera. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan selama tes berlangsung.

Tes TPA online merupakan Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan secara online. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur taraf kemampuan atau kecerdasan seseorang.

Ada berbagai macam kemampuan yang bisa Anda ukur melalui tes TPA. Seperti kemampuan verbal, kemampuan numerik, hingga kemampuan spasial.

Setiap subtesnya memiliki waktu maupun tata cara pengerjaan yang berbeda. Karena itulah, para peserta wajib memperhatikan setiap instruksi dengan cermat dan teliti.

Sehingga, dapat memaksimalkan proses pengerjaan dan memperoleh hasil terbaik. Umumnya, tes TPA diselenggarakan oleh perusahaan untuk rekrutmen karyawan atau asesmen jabatan.

Sejumlah perguruan tinggi maupun instansi pendidikan lainnya, menggunakan tes TPA untuk seleksi calon mahasiswa atau peserta didik baru.

Tingkat Keamanan Tes TPA Online

Berkat perkembangan teknologi yang semakin cepat, penyelenggaraan tes ini dilakukan secara online. Itu artinya, para peserta bisa mengikuti tes ini hanya bermodalkan internet dan perangkat saja.

Selain itu, ketika mengikuti tes TPA, tidak perlu lagi datang ke tempat penyelenggaraan tes. Anda bisa mengerjakan tes ini di rumah, café, perpustakaan, maupun tempat-tempat lainnya.

Kelebihan tes TPA yang accessible, membuat sejumlah perusahaan, instansi maupun peserta merasa khawatir. Hal ini berkaitan dengan sistem keamanannya.

Tes yang dilakukan secara online, rentan terjadi kecurangan. Misalnya saja, bukan peserta asli yang mengerjakan tes, peserta yang sengaja membuat contekan, dan bentuk kecurangan lainnya.

Jika kecurangan ini terjadi, dapat memberikan dampak negatif bagi semua pihak, baik itu perusahaan, instansi, maupun peserta tes. Perusahaan bisa gagal mendapatkan karyawan potensial.

Perguruan tinggi tidak bisa mendapatkan calon mahasiswa yang berbakat sesuai jurusan. Begitu pula dengan peserta, kemungkinan masuk ke perusahaan atau perguruan tinggi impian semakin kecil karena kalah saing dengan peserta lain yang tidak jujur.

Namun, hal tersebut bukan lagi masalah yang harus Anda khawatirkan. Saat ini, tes TPA online telah memiliki fitur canggih bernama proctoring camera.

Lantas, apa itu proctoring camera pada tes TPA? Berikut ini adalah pemaparan selengkapnya.

Fitur Proctoring Camera pada Tes TPA

Fitur proctoring camera merupakan sistem pengawasan secara online dengan cara merekam aktivitas yang peserta tes lakukan. Perekaman ini bisa terjadi melalui layar perangkat maupun wajah peserta.

Aktivitas yang berhasil terekam akan melalui proses penyimpanan dan bisa Anda buka melalui perangkat yang mempunyai akses. Penyimpanan hasil rekaman berlangsung pada cloud storage dengan proses upload.

Dengan adanya fitur ini, keamanan selama tes berlangsung semakin terjamin. Pihak penyelenggara bisa melakukan pengawasan kepada para peserta pada jarak yang jauh sekalipun.

Selain itu, perusahaan ataupun perguruan tinggi yang menyelenggarakan tes TPA online ini, bisa mendapatkan hasil tes dengan sebenar-benarnya tanpa rekayasa maupun kecurangan. Para peserta juga bisa lebih fokus menyelesaikan tes tanpa gangguan.

Online Base

Tes TPA telah melalui rancang secara khusus supaya bisa Anda gunakan melalui berbagai macam perangkat. Tidak hanya komputer atau laptop saja, tes TPA ini bisa Anda akses perantara smartphone (Android dan iOS), tablet, macbook, ipad, dan perangkat lainnya.

Begitu pula dengan fitur proctoring camera-nya. Fitur ini juga kompatibel dengan beragam perangkat. Hal ini tentunya memberikan Anda keuntungan dari segi kepraktisan dan efektifitasnya.

Desain yang Multiuser

Satu lagi kecanggihan tes TPA online. Tes ini bisa diikuti oleh para peserta dalam jumlah banyak sekalipun.

Itu artinya, pihak penyelenggara tidak perlu lagi membuat tes TPA dalam beberapa sesi. Cukup dengan satu kali tes, semua peserta bisa langsung mengikutinya.

Fitur proctoring camera-nya pun bisa Anda aktifkan untuk semua peserta tanpa terkecuali. Karena kelebihannya ini, penyelenggaraan tes TPA menjadi lebih efektif dan efisien.

Bagi peserta tes yang berhasil mengerjakan tes dari awal sampai akhir, berhak mendapatkan sertifikat. Sertifikat ini merupakan bukti dari hasil tes yang peserta dapatkan. Peserta bisa menggunakan tes ini untuk melamar kerja maupun mendaftar ke perguruan tinggi.

Dengan fitur yang semakin canggih dan modern, membuat Anda semakin yakin untuk menggunakan tes TPA online bukan? Hanya dengan tes TPA, Anda bisa memajukan bisnis sekaligus pendidikan.