Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Menghadapi tes TPA online memerlukan persiapan yang baik, termasuk memahami tipe tes dan materi yang diujikan demi hasil maksimal.

Tes TPA online merupakan jenis tes psikologi yang diujikan dalam beberapa materi berbeda, tergantung tujuan penggunaan tes itu sendiri. Mulai dari kategori tes kemampuan verbal, tes kemampuan bahasa, tes penalaran dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang pernah mengikuti seleksi kerja pada perusahaan pemerintah maupun swasta, tes ini mungkin pernah Anda lalui. Bukan hanya pada lingkup dunia kerja, beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta juga seringkali menggunakan jenis tes ini dalam seleksi mahasiswa barunya.

Tes TPA Online dan Beberapa Kategori Materinya

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan salah satu tipe psikotes yang membantu dalam pengukuran kecerdasan intelektual seseorang. Di Indonesia sendiri, tes ini banyak digunakan dalam proses rekrutmen kerja, tes masuk perguruan tinggi hingga tes perolehan beasiswa.

Melansir dari Bappenas, tes psikologi yang satu ini juga berguna untuk melihat potensi intelektual yang mendasari kemungkinan seseorang dalam menjalani pendidikan S2 atau S3.

Meski terkesan sederhana, tetapi nyatanya, banyak peserta tes yang mengalami kegagalan dalam tahap pengujian ini. Penyebabnya bisa dari faktor internal maupun eksternal. Seperti kekurangan waktu, bingung menentukan jawaban atau kurang teliti dalam memecahkan permasalahan soal-soal.

Baik berjalan secara online maupun offline, umumnya, terdapat empat kategori yang diujikan dalam tes ini, yakni tes verbal, numerik, logika dan gambar. Hasil pengujian dari masing-masing kategori tersebut akan dievaluasi untuk kemudian melalui proses yang sesuai dengan prosedur penyelenggara.

Berikut pembahasan lebih lengkap terkait dengan kategori-kategori materi dalam tes TPA online:

Tes Kemampuan Verbal (Bahasa)

Tes kemampuan verbal dalam tes TPA memiliki fungsi dalam menguji kemampuan peserta terkait pemahaman dan juga penerapan kebahasaan. Materi yang diujikan dalam kategori ini meliputi pemahaman bacaan, tata bahasa, sinonim, antonim dan analogi.

Kadang-kadang kategori ini juga menambahkan sejumlah kosakata yang berasal dari bahasa asing. Hal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana pemahaman peserta dalam menerapkan kata-kata tersebut di luar bahasa negaranya. Namun, perlu Anda ingat bahwa penambahan materi bahasa asing ini menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau instansi yang Anda ikuti ujiannya.

Tes Kemampuan Numerik (Angka)

Kategori tes TPA online berikutnya adalah tes kemampuan numerik atau angka. Sesuai dengan namanya, tes numerik ini akan menguji kemampuan peserta dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep matematika.

Beberapa jenis materi yang sering diujikan dalam tes ini meliputi operasi hitung bilangan, yakni penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Selain itu, ada juga materi tentang rasio bilangan dan juga persentase.

Tes Kemampuan Logika (Penalaran)

Berikutnya ada kategori tes kemampuan logika atau penalaran yang berguna untuk menguji kemampuan peserta dalam peserta dalam berpikir secara kritis dan logis. Materi dalam tes ini adalah seputar logika proposisi, silogisme dan deret angka.

Selain itu, tes kemampuan logika dalam tes TPA online juga berfungsi untuk mengukur penalaran peserta dalam membuat kesimpulan dari sebuah kasus tertentu. Hasil akhir dari tes ini dapat membantu untuk menentukan diterima atau tidaknya peserta dalam tahapan seleksi yang satu ini.

Tes Kemampuan Gambar

Terakhir ada tes kemampuan gambar yang menguji kemampuan peserta dalam pemahaman konsep-konsep spasial. Mulai dari posisi, arah hingga bentuk. Beberapa materi yang ada dalam tes ini adalah pengenalan pola, manipulasi objek dan rotasi.

Tes kemampuan gambar ini akan memerlukan penalaran atau logika serta ketelitian yang tinggi. Anda harus bisa menyeimbangkan dua kemampuan tersebut untuk bisa menyelesaikan masalah dalam kategori tes ini. Sebab, jika hanya mengandalkan logika tanpa teliti, maka jawaban yang Anda tentukan bisa jadi kurang tepat atau salah. Hal ini mengingat pilihan jawaban dalam tes ini yang biasanya dibuat untuk mengecoh peserta.

Itulah beberapa kategori tes yang biasa ada dalam sebuah tes TPA online. Mengetahui tipe tes dan materi dari tes itu sendiri, akan sangat membantu Anda dalam persiapan menghadapi tes psikologi online yang satu ini. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui dan mempelajarinya agar bisa menghadapi Tes Potensi Akademik online dengan baik. Dengan begitu, Anda juga memiliki kesempatan mendapatkan hasil tes yang terbaik dan lolos tahap seleksi.