Tes TPA Online

Tes TPA online merupakan jenis tes psikologi yang berguna untuk mengukur kecerdasaran intelektual seseorang dengan berbagai jenis materi.

Bicara soal tes TPA online, sebagian orang mungkin sudah mengenal tentang tes psikologi yang satu ini. TPA merupakan singkatan dari Tes Potensi Akademik. Dulunya kita hanya bisa melaksanakan tes ini secara langsung atau offline. Hingga hadirnya inovasi teknologi dan perkembangan zaman menjadi era digitalisasi, membuat tes ini dapat dilaksanakan secara online.

Biasanya, Anda dapat menjumpai tes ini saat melakukan tahapan seleksi kerja. Atau, bagi Anda yang pernah mengikuti seleksi mahasiswa baru pada sebuah perguruan tinggi hingga tes beasiswa, tes ini seringkali menjadi salah satunya.

Tes TPA Online dan Berbagai Materi yang Diujikan

Tes Potensi Akademik online adalah salah satu jenis tes psikologi yang dilaksanakan secara daring dan bertujuan untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang. Tinggi rendahnya skor dari tes potensi akademik ini biasanya menjadi acuan tingkat kecerdasan seseorang.

Jenis-jenis soal dalam tes ini umumnya sederhana sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menjawabnya. Namun, meski sederhana dan dapat terpecahkan hanya dengan logika, Anda harus paham betul bagaimana langkah pemecahan yang tepat untuk soal-soal tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan ujian dengan baik dan mendapatkan hasil tes yang terbaik pula.

Selain itu, biasanya soal-soal tersebut memiliki jumlah yang tidak sedikit, tetapi waktu menyelesaikannya sangatlah terbatas. Itulah mengapa nantinya tes ini berguna untuk menilai manajemen waktu hingga manajemen emosi peserta. Pasalnya, perlu manajemen emosi dan waktu yang baik untuk bisa menyelesaikan TPA dengan baik pula.

Jenis-jenis Materi Tes TPA

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung bahwa tes potensi akademik online ini mempunyai beberapa jenis materi. Setiap jenis materi dalam tes TPA online tersebut tentu memiliki ciri khas dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Secara umum, jenis materi dalam tes potensi akademik online ini meliputi tes verbal (bahasa), tes numerik (angka), tes logika (penalaran) dan tes spasial (gambar). Berikut rincian lebih lengkapnya:

Tes Verbal

Jenis tes yang pertama adalah tes verbal. Tes ini berguna untuk mengukur kemampuan peserta dalam bidang bahasa atau menganalisis kata-kata. Secara sederhananya, peserta harus bisa memecahkan permasalahan untuk menjawab pertanyaan dalam soal seputar penguasaan bahasa.

Umumnya, beberapa jenis materi yang diujikan dalam tes verbal ini adalah mencari sinonim dan antonim, padanan kata serta mengelompokkan kata. Jenis materi dalam tes TPA online ini akan selalu diujikan dalam setiap sesi pelaksanaan tes.

Tes Numerik

Sebagian orang mungkin sudah lebih paham dengan jenis tes yang satu ini karena berhubungan erat dengan matematika. Mengingat bahwa matematika merupakan salah satu materi yang selalu ada dalam setiap tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP hingga SMA.

Sesuai dengan namanya, soal-soal dalam tes numerik ini sejatinya berhubungan dengan angka. Peserta harus bisa memecahkan permasalahan secara terstruktur secara logis maupun sistematis. Beberapa contoh materi dalam tes numerik ini adalah deret angka, seri huruf, aritmatika hingga soal cerita matematika.

Tes Logika

Tes logika merupakan jenis tes yang berguna untuk mengukur tingkat kemampuan peserta dalam bidang logika atau penalaran. Biasanya, soal-soal dalam tes ini menuntut peserta untuk memecahkan masalah secara logis atau masuk akal.

Meski bisa terpecahkan hanya melalui penalaran, tetapi soal-soal dalam tes TPA online yang satu ini cukup mengecoh. Untuk itu, tes ini memerlukan ketelitian dan konsentrasi yang baik untuk bisa menyelesaikannya. Beberapa contoh soal yang ada dalam tes ini seperti analisis pernyataan atau kesimpulan, logika umum dan soal cerita.

Tes Spasial

Jenis tes yang terakhir adalah tes spasial. Ini merupakan jenis tes yang mengharuskan peserta untuk bermain dalam logika ruangnya. Dalam psikotes ini terdapat banyak soal yang berkaitan dengan gambar sehingga peserta harus dapat menjawab secara logis dan sekreatif mungkin.

Beberapa contoh materi dalam soal tes spasial, seperti pengelompokkan gambar, hubungan gambar dan identifikasi gambar. Nantinya, peserta harus bisa memahami permasalahan dalam soal sebaik mungkin untuk mengidentifikasi dan memecahkannya.

Itulah penjelasan seputar tes TPA online dan juga jenis-jenis materi yang diujikannya. Dengan memahami satu per satu jenis soal yang ada, peserta telah memiliki bekal dasar untuk bisa menjalani tes dengan baik.