Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online semakin menunjukkan perannya. Berkat dukungan sejumlah fitur yang tersedia, tes online ini mampu memberikan banyak manfaat.

Tes TPA online memberikan sejumlah manfaat, baik bagi peserta maupun penyelenggara. Bagi peserta, salah satunya adalah memulai dan memperluas kesempatan berkarir.

Sesuai namanya, tes online ini bertujuan untuk mengetahui potensi dalam diri peserta, sehingga bisa berkarier sesuai passion. Sementara itu, bagi pihak penyelenggara dapat membantu menemukan SDM yang sesuai untuk memajukan perusahaan. 

Fitur Unggulan Tes TPA Online

Banyak yang meyakini bahwa setiap orang bisa membangun karier sesuai passion apabila mengetahui seberapa jauh tingkat penguasaan mereka terhadap bidang akademik. Ini terjadi apabila peserta mengenal apa bakat dan minat dalam diri mereka. Adapun bidang akademik tersebut meliputi sosial, sains, dan kebahasaan.

Di sisi lain, perusahan menilai bahwa kolaborasi antara kemampuan berpikir dengan kecerdasan intelektual sangat penting dan wajib ada dalam diri karyawan. Di era digital saat ini, peran Tes Potensi Akademik online dinilai sangat penting.

Berlangsung secara online membuat tes menawarkan fitur-fitur unggulan sebagai berikut:

Accessible

Peserta bisa mengaksesnya dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Dengan aksesibilitas global memungkinkan tes diikuti oleh peserta dari belahan dunia manapun. Asalkan saja mereka terhubung dengan internet dan menggunakan perangkat yang mendukung.

Bagi calon mahasiswa yang tidak mungkin datang ke lokasi ujian sebab terkendala letak geografis, kini bukan soal lagi.

Meski peserta mengerjakan online, pihak penyelenggara tes tidak perlu khawatir. Secara online bukan berarti rentang kecurangan. Semua sistem keamanan tes TPA online layak mendapat acungan jempol.

Desain Multiuser

Tes ini memungkinkan beberapa user mempergunakannya secara bersamaan. Berkat kecanggihan ini, pihak penyelenggara tidak perlu ribet membagi pelaksanaan tes dalam beberapa sesi. Semua peserta bisa mengikuti tes sekali saja. Baik bagi peserta maupun pihak penyelenggara, hal ini memberikan efisiensi dalam segi biaya maupun waktu. 

Online Base

Dulu, pelaksanaan tes masih offline, yakni menggunakan kertas. Artinya, mau tidak mau peserta harus datang ke lokasi.

Dengan bertransformasinya tes dalam bentuk online, maka peserta hanya membutuhkan perangkat dalam mengerjakan tes. Menariknya, tes support untuk segala macam perangkat. Baik android, iOS, MacBook, tablet, iPad, laptop, komputer, dan perangkat lain.

Hal ini tidak memberatkan peserta tes. Jadi, tidak perlu repot-repot sewa laptop. Cukup memastikan memiliki kuota internet dan berada di jaringan yang stabil agar saat mengerjakan tes berlangsung lancar.

Menariknya, antara perangkat dan fitur proctoring kamera sangat kompatibel. Bukankah hal ini memberikan keuntungan ganda, yakni dari segi kepraktisan dan efektifitas?

Tes Individual or Classical

Bisa mengerjakan tes secara pribadi maupun berkelompok. Bagi yang memiliki segudang aktivitas, sebaiknya memilih pelaksanaan tes individual. Namun, semuanya kembali pada diri peserta, lebih nyaman mengikuti tes secara individual atau classical.

Proctoring Camera

Dulu, masih banyak yang memandang sebelah mata keberadaan tes TPA online. Masyarakat beranggapan bahwa hasil tes kurang terpercaya.

Seiring berjalannya waktu, pihak penyedia tes melakukan peningkatan, salah satunya di sektor sistem pengawasan secara online. Dalam hal ini, hadirlah fitur proctoring camera. Bagi perusahaan penyelenggara tes, fitur ini memungkinkan dilakukannya pengawasan dari jarak jauh sekalipun. 

Sistem kerjanya adalah merekam segala aktivitas yang dilakukan oleh peserta tes TPA online. Proses perekaman bisa berlangsung melalui wajah peserta tes atau dari layar perangkat.

Nantinya, hasil perekaman akan melalui proses penyimpanan. Hanya yang memiliki akses yang bisa memutar rekaman tersebut. Penyimpanan hasil rekaman dengan proses upload yang berlangsung pada cloud storage.

Real Time

Dengan adanya fitur Proctoring Camera, maka akan memperoleh hasil tes realtime. Artinya, hasil tes adalah murni hasil dari buah pikir peserta tes tanpa adanya rekayasa atau bentuk kecurangan apapun. 

Dengan adanya sejumlah fitur unggulan tersebut, wajar apabila keberadaan TPA online semakin tinggi peminat. Terlebih lagi pihak penyelenggara bisa mengurangi biaya operasional, sehingga bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan yang lain.

Mau tahu vendor tes TPA online yang bisa memberikan layanan terbaik? Saatnya mengunjungi website resmi TEPAD di tepad.id. Peserta yang lolos tes berhak mendapatkan sertifikat resmi yang bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan.