Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online merupakan bentuk pengukuran kecerdasan intelektual paling simpel guna memberi peluang sukses dari hasil belajar para peserta.

Tes TPA Online merupakan bentuk pengukuran kecerdasan intelektual paling simpel di masyarakat guna memberi peluang sukses dari hasil belajar para peserta. Sebagai salah satu tes psikologi yang terbilang cukup populer, sudah banyak perusahaan menggunakan tes TPA dalam proses rekrutmen kerja. Bukan hanya untuk instansi pemerintahan, tetapi juga perusahaan swasta. 

Kini beberapa perguruan tinggi juga menggunakan tes TPA sebagai syarat lolos seleksi. Alasannya cukup simpel, yakni bahwa hasil tes menunjukkan bagaimana proses berpikir seseorang. 

Tes TPA Online sebagai Alat Ukur Tingkat Kecerdasan Intelektual Individu

Sejarah TPA di Indonesia bermula dari Prof. Sumadi. TPA sebagai alat ukur intelektual seseorang telah menyesuaikan dengan teori dan hasil penelitian.

Kini, tes TPA menjelma sebagai kebutuhan krusial dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan. Sayangnya, belum banyak yang tahu tentang tes potensi akademik yang satu ini. 

Selain sebagai psikotes akademik, tes TPA online juga menjadi indikator faktor keberhasilan seseorang. Bagi mereka yang hendak melanjutkan S2 maupun S3, tes ini sangat penting.

3 Aspek Penting TPA Online

Kecerdasan intelektual seseorang bisa meningkat apabila sering berlatih dan mengerjakan soal. Pahami bagaimana pola soal TPA tersebut sehingga Anda memiliki tingkat kemampuan akademik yang lebih baik ketimbang orang lain.

Pada prakteknya, ujian TPA akan menilai 3 aspek penting dalam bentuk stimulus verbal, numerik, dan spasial. Berikut merupakan penjelasan singkat aspek penting TPA online.

Aspek Verbal

Aspek verbal berorientasi pada kemampuan memahami serta berpikir dalam menggunakan kata dan bahasa. Anda akan menjumpai soal berupa sinonim, antonim, tes padanan hubungan kata, pengelompokkan kata, dan tes melengkapi kata yang hilang (missing words test).

Jadi, bagi Anda yang berminat mengikuti tes TPA online, wajib mengasah kemampuan bahasa dan analisis kata dengan banyak mengerjakan latihan soal mulai dari sekarang. 

Aspek Numerik

Dari namanya saja Anda tentu sudah tahu jika aspek numerik seputar konsep bilangan dan angka. Mudahnya, aspek ini menilai kemampuan berpikir seseorang dan memahami penggunaan angka dan silogisme matematika. Anda bisa menjumpai aspek numerik soal tes meliputi perbandingan, matriks, dan deret angka.

Yang perlu ditekankan di sini adalah ini berbeda dengan matematika. Tes matematika lebih mengacu untuk mengetahui kemampuan berhitung seseorang.

Aspek Figural

Nah, aspek tes TPA online yang terakhir akan menilai kemampuan berpikir dan pemahaman peserta ketika soal tes tersaji dalam bentuk gambar. Tes ini juga dikenal dengan nama tes spasial.

Nantinya, peserta tes harus bisa menjabarkan arti gambar yang ada di soal. Contoh soal yang umum di aspek spasial ini meliputi hubungan gambar, pengelompokan gambar, identifikasi gambar, dan bayangan gambar. 

Kegunaan Tes TPA

Melansir teori kemampuan kognitif yang mutakhir Cattel-Horn Carrol (CHC), menyatakan bahwa tes TPA merupakan tes online untuk mengukur kemampuan penalaran umum. Adapun hasil tes nantinya berguna untuk memecahkan masalah sekaligus mempelajari hal baru.

Tidak salah apabila tes TPA telah menjadi pertimbangan penting di era modern ini untuk kebutuhan seleksi mahasiswa, rekrutmen karyawan, promosi jabatan, dan seleksi beasiswa. 

TPA sangat penting dalam kebutuhan seleksi mahasiswa. Gunanya untuk membantu identifikasi dan mengukur kemampuan mahasiswa baik yang masih calon, maupun mahasiswa yang hendak menempuh pendidikan lanjutan S1, S2, dan S3.

Pihak universitas merasa terbantu dalam mengembangkan program magister menjadi lebih efektif dan efisien. Pihak universitas juga bisa memastikan kebutuhan mahasiswanya dalam hal kemampuan akademik.

Sedangkan untuk kebutuhan rekrutmen karyawan, tes TPA online menjadi tolak ukur potensi calon karyawan. Penyelenggaraan tes sebagai tahap seleksi calon karyawan sehingga mendapatkan karyawan dengan potensi terbaik. Ini baik untuk membangun dan mengembangkan organisasi perusahaan. 

Dalam prakteknya, pelaksanaan tes bisa secara online, bisa digunakan secara individu maupun klasikal, dan menariknya kompatibel dengan alat tes lainnya.

Berbeda lagi dengan tes TPA untuk kebutuhan asesmen jabatan. Tes TPA mampu mengukur kemampuan karyawan sehingga berguna dalam proses profiling.

Tidak akan ada lagi kasus salah penempatan karyawan. Menariknya, dapat melakukan review ulang hasil tes sebelumnya.

Bila tertarik mengikuti tes TPA Online, pastikan Anda memilih vendor terpercaya. Indonesia memiliki penyelenggara tes potensi akademik online terbaik. Anda bisa mengunjungi tepad.id guna mengikuti tes TEPAD.