Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online dengan pendekatan berbasis teori tes modern memberikan solusi lebih maju dan akurat dalam mengukur potensi akademik seseorang.

Tes TPA online berperan penting di era digital saat ini. Tes pengukuran kegesitan mental ini banyak dipakai perusahaan untuk mendapatkan karyawan kompeten. Dalam bidang psikologi, kegesitan mental menjadi penentu sukses dan tidaknya seseorang menangani berbagai masalah, khususnya yang bersifat intelektual.

Teori Tes Modern di Tes TPA Online 

Tes TPA adalah alat seleksi yang bersifat objektif dan baku sebagai pengukur perilaku dan potensi seorang. Berbasis online menawarkan keunggulan tersendiri daripada tes lain.

Dalam prakteknya, tes psikologi tersebut telah sesuai dengan standar psikometri sama. Standar tersebut yakni validitas dan reliabilitas

Dalam proses pengembangannya, tes memadukan teknologi dan teori mutakhir. Dari sisi teknologi, membuat peserta tes fleksibel memilih waktu pelaksanaan tes, tidak terbatas tempat, dan memiliki dukungan semua perangkat online.

Sedangkan teknologi mutakhir berorientasi pada pelaksanaan tes TPA berbasis teori modern, yakni IRT. Dalam dunia psikotes, terdapat 2 teori yang sering digunakan, yakni teori tes klasik dan teori tes modern.

Jika pada teori tes klasik hanya memiliki satu eror standar pengukuran, maka teori tes modern tidak demikian. Hasil tes berbeda-beda sesuai level pengukuran setiap orang.

Masih ada sejumlah pembanding antara teori tes klasik dan teori tes modern.

Berdasarkan Panjang Tes

Teori tes modern mampu menghasilkan skor lebih tinggi dan reliabel berdasarkan panjang tes. Reliabilitas tinggi bisa dicapai ketika orang dan tes TPA online memiliki kesetaraan. 

Sedangkan pada teori lama akan menghasilkan skor yang reliabel daripada tes pendek. Artinya, sebuah pengukuran akan memunculkan reliabilitas tinggi. Apabila pelaksanaan tes dalam jumlah  dan butir banyak atau panjang, maka tidak masuk faktor error pengukuran.

Perbandingan antar Tes

Perbandingan skor pada tes pada teori tes baru akan lebih optimal apabila tingkat kesulitannya bervariasi. Sedangkan pada teori tes klasik, perbandingan skor antar tes menjadi lebih optimal jika membandingkan secara paralel.

Karakteristik Sampel 

Karakteristik sampel mengacu pada tingkat kesulitan butir dan daya diskriminasi butir. Keunggulan teori tes modern justru tidak bergantung pada karakteristik soal. 

Sedangkan pengukuran teori tes klasik 100% tergantung dari karakteristik sampel.  Artinya, tingkat kesulitan butir pada tes teori modern bersifat statis dan tidak berubah, meskipun penerapannya untuk sampel berbeda dan tes yang berbeda.

Makna Skor

Perolehan makna skor tes TPA online pada teori tes modern bersumber dari selisih tingkat kesulitan butir. Sedangkan pada teori tes klasik makna terhadap skor bersumber dari kemampuan individu dengan melihat perbandingan antara orang-orang di dalam norma.

Skala dengan Format Berbeda

Teori tes modern mampu menghasilkan tes yang optimal dengan butir-butir soal yang bervariasi. Adapun pada tes teori tes klasik, butir-butir dengan format berbeda akan memberikan dampak berbeda pula.

TPA Online Melatih Kejujuran dan Percaya Diri

Meski tes TPA berbasis online, tetapi peserta tidak dapat melakukan kecurangan sekecil apapun. Selain pengerjaan berbatas waktu, akan ada pengawasan ketat saat pelaksanaan tes.

Oleh karena itu, peserta tes harus berusaha fokus mengerjakan tes sesuai kemampuan yang dimiliki. Inilah yang dimaksud bahwa peserta tes 100% terlatih untuk menjaga kejujuran. Kedepannya bisa membangun kepercayaan diri dengan pilihan jawaban mereka.

Terlepas berhasil atau tidaknya lolos, peserta bisa menjadikan tes TPA online sebagai alat intropeksi diri. Dengan mengetahui letak kelebihan dan kekurangan dalam diri, mendorong perilaku seseorang dalam berpikir logis, analitis, maupun kuantitatif.

Kedepannya, akan memotivasi lebih giat belajar dan berlatih, sehingga bisa tumbuh dan berkembang menjadi pribadi kompeten dan handal. Di sisi lain, mendapatkan pengalaman berharga, sehingga tidak canggung lagi saat mengikuti tes TPA suatu saat nanti.

Supaya peran tes potensi akademik online sebagai alat bantu ungkap kualitas intelektual hasilnya optimal, percayakan saja pada vendor terbaik. Dalam hal ini, silakan hubungi tepad.id. Bersama kami, tes  akan menjamin kesuksesan di masa mendatang.

Bila TEPAD menyediakan tes TPA online berbasis teori tes modern, mengapa kita tidak mencoba dan membuktikan nilai lebih yang diberikan. Dengan tes teori modern, kami adalah penyelenggara tes potensi akademik online terbaik di Indonesia.