Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Tes Potensi Akademik (TEPAD) merupakan salah satu tools yang merupakan bagian dari tes psikologi yang banyak dipergunakan dibeberapa instansi, pendidikan, lembaga dan perusahaan.

Tes potensi akademik (TEPAD) memang dibutuhkan dalam berbagai kepentingan. Belakangan ini juga kerap kali dibicarakan mengenai tes TPA di kalangan masyarakat. Konon katanya juga sistem pendidikan yang ada di Indonesia khusus SMP serta SMA akan menggunakan tes ini. Mengikuti tes ini juga sebagai salah satu syarat seleksi masuk sekolah favorit atau pun yang mereka inginkan. Namun mengenai hal itu terdapat polemik.

Dengan alasan tidak semua orang mengetahui ataupun akrab dengan sebutan tes psikologi yang satu ini. Bukan hanya itu saja, tetapi beberapa orang juga merasa cemas ataupun khawatir terhadap penerapan sistem yang satu ini. Mereka yang baru pertama kali mendengar namanya mungkin juga akan merasa bingung karena mereka tidak bisa masuk sekolah favorit atau yang mereka inginkan. Maka dengan demikian itu penting sekali paham betul akan informasi salah satu tes psikologi yang satu ini.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya tes ini kerap kali digunakan untuk rekrutmen kerja. Bahkan beberapa perusahaan juga sudah menerapkan penggunaan tes psikologi yang satu ini. Tapi memang terdapat sebuah pernyataan yang mengatakan tidak semua orang yang mengerjakan tes ini bisa lulus 100%. Ada yang tidak lulus mengikuti tes psikologi ini yang disebabkan oleh beberapa hal. Dengan begitu bisa juga dikatakan membutuhkan persiapan tersendiri sebelum melakukan tes ini.

Pentingnya Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Sebenarnya tes ini merupakan sebuah tes yang mana nantinya hasil dari tes ini dapat mengetahui kemampuan seseorang dalam berpikir. Atau lebih simpelnya sebuah tes yang bisa mengukur kemampuan berpikir seseorang, yang juga meliputi kemampuan memahami serta menalar. Nantinya tingkat kemampuan berpikir tersebut juga akan ditentukan oleh kapasitas berpikir serta pengalamannya di dalam ataupun di luar lingkungannya.

Bukan hanya itu saja melainkan juga kemampuan berpikir sejak mereka lahir sampai sekarang. Tes psikologi Potensi Akademik ini mengukur kemampuan berpikir seseorang dari tiga aspek. Apa saja kira-kira ketiga aspek tersebut? Ada aspek verbal, numerikal, dan figural. Dimana untuk kemampuan verbal adalah kemampuan memahami serta menalar dengan menggunakan bahasa. Lalu aspek numerical adalah kemampuan memahami juga menalar menggunakan angka.

Terakhir ada aspek figural yang mana nantinya peserta akan diuji kemampuan memahami serta menalar dengan menggunakan gambar yang sudah ada dalam soal. Jadi tes tersebut tidak hanya berisi 1 macam soal saja. Perlu diingat bahwa penting sekali berlatih soal jauh-jauh hari. Dengan tujuan supaya nantinya kita tidak gagal saat mengikuti tes tersebut. Seberapa besar kesulitannya pun kita juga bisa mengira-ngira setelah melakukan latihan soal.

Alasan Kenapa Ada dalam Seleksi

Karena sebelumnya dikatakan, mungkin di masa mendatang penggunaan tes potensi akademik (TEPAD) juga akan berlaku untuk mereka yang ingin masuk ke sekolah SMP atau SMA. Alasan Apa yang mendasari akan hal tersebut? TPA ini bertujuan guna mengukur kapasitas berpikir seorang siswa. Sehingga hasil tasnya juga bisa memprediksi Apakah seorang siswa itu akan lebih berhasil dan berprestasi belajar di jenjang yang lebih tinggi ini.

Atau malah Justru lebih kecil prestasinya karena merasa kesulitan ataupun stres dengan adanya tuntutan belajar. Sama seperti halnya berlakunya atas ini untuk rekrutmen kerja. Hasil tes tersebut juga akan membantu seorang calon karyawan mendapatkan posisi kerja yang sesuai dengan kemampuan mereka. Sungguh yang demikian itu tidak akan membuat mereka stress karena tidak begitu paham dengan apa yang harus mereka kerjakan di kantor nantinya.

Bukan hanya itu saja tapi dari hasil tes potensi akademik tersebut, baik seorang siswa ataupun karyawan dapat memecahkan suatu masalah yang terjadi. Karena yang demikian itu tidak akan membuat mereka merasa cemas dalam belajar ataupun mengerjakan pekerjaan di kantor dan dapat memiliki prestasi yang baik. Alasan lain Kenapa penting sekali melakukan tes psikologi yang satu ini adalah, hasil tes tersebut juga dapat dijadikan sebagai profil kemampuan berpikir seorang siswa ataupun karyawan dengan meliputi ketika aspek yang memang digunakan dalam teks ini.

Karena bagi guru ataupun sekolah dan kantor ternyata membutuhkan agar hal tersebut. Tujuannya adalah mengembangkan proses pembelajaran ataupun kinerja serta membantu siswa ataupun karyawan.

Saat ini, siapapun yang ingin melakukan tes Potensi Akademik tersebut akan semakin lebih mudah caranya. Mengapa demikian? Karena adanya kemampuan teknologi yang mempermudah akan hal tersebut. Atau lebih tepatnya terdapat platform terbaik yang memang sudah diandalkan oleh banyak orang untuk melakukan tes tersebut. Dimana platform tersebut merupakan platform terpercaya dan mudah juga penggunaannya.

Sehingga kapanpun Anda ingin melakukan Tes potensi akademik. Aplikasi tersebut bisa diandalkan. Kapanpun dan dimanapun. Nama aplikasi tersebut adalah Tes Potensi Akademik (TEPAD).