Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Dalam mengerjakan tes potensi akademik (TEPAD) akan terdapat beberapa jenis soal yang akan diberikan kepada peserta. Ini tips mengerjakannya.

Tes potensi akademik (TEPAD) adalah salah satu jenis tes psikologi. Tes psikologi yang satu ini direkomendasikan untuk seseorang yang ingin masuk ke perguruan tinggi ataupun melanjutkan pendidikan dan karier kerja.

Faktanya tes ini mempunyai manfaat yang sangat penting dan banyak. Sebelum melakukan tes ini,  sudah pasti akan terdapat banyak hal yang harus kita siapkan. Lebih tepatnya bisa dikatakan bahwa tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang.

Karena memang kecerdasan serta kemampuan akademik itu bisa dilatih, sehingga berlatihlah serta perbanyaklah mempelajari contoh soal serta pola soal tes potensi akademik dengan seksama. Sungguh yang demikian itu juga menjadi tingkat kemampuan akademik yang kita miliki akan lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Tes ini juga berlaku untuk proses rekrutmen kerja. Entah untuk instansi perusahaan jasa ataupun pemerintahan. TEPAD dianggap sangat penting untuk mengetahui proses berpikir seseorang. Jika sudah demikian itu, berarti hasilnya juga akan bergantung terhadap alasan apa kenapa kita harus melakukan tes tersebut. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui tips sukses dalam menghadapi TPA.

Tes Potensi Akademik (TEPAD) dan Persiapannya

TEPAD bertujuan untuk mengukur serta mengetahui kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh seseorang. Di negara kita sendiri, tes tersebut dimanfaatkan saat proses rekrutmen kerja, tes masuk perguruan tinggi dan atas beasiswa.

Dari Bappenas sendiri, TEPAD sengaja dirancang guna melihat potensi intelektual yang memang dianggap sebagai dasar keberhasilan seseorang untuk menjalani pendidikan ke jenjang yang selanjutnya.

Dalam menjalani tes ini, banyak orang yang menganggap bahwa semua soal yang diberikan itu sangatlah mudah. Tapi di samping itu, terdapat beberapa kasus yang menyatakan tidak sedikit orang yang gagal mengerjakan tes ini.

Kira-kira apa saja yang menjadi faktor pemicu terjadinya kegagalan tersebut? Salah satunya adalah kita terlalu fokus pada satu soal yang menurut kita itu sulit. Sehingga waktu yang diberikan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengerjakan seluruh soal tetapi hanya terpaku pada beberapa soal yang sulit.

Beberapa ada juga yang kurang teliti atau pun kebingungan menentukan jawaban yang tepat terhadap suatu permasalahan yang sudah disuguhkan dalam tes potensi akademik (TEPAD) tersebut.

Saat melakukan tes ini juga akan berlaku sistem penilaian skor. Kian banyak jawaban yang sukses Anda jawab dengan benar maka akan kian tinggi pula nilai yang bisa didapatkan. Antara 200-800.

Jenis Soal dan Aspeknya

Dalam mengerjakan tes potensi akademik (TEPAD) ini akan terdapat beberapa jenis soal yang akan diberikan kepada peserta. Pertama ada soal makna kata. Tujuan pemberian soal ini adalah bisa atau tidaknya kita menentukan kata yang paling dekat dengan kata yang sudah disajikan dalam soal tes.

Selain itu juga bertujuan untuk menggali keterampilan bahasa serta bagaimana cara kita dalam mengolah kata. Ada juga jenis soal analogi dimana kita harus bisa mencari juga menemukan pasangan kata.

Tidak boleh ketinggalan jenis soal atau aspek dalam mengerjakan tes psikologi ini adalah pemahaman wacana. Bisa atau tidaknya kita menjawab soal yang berkaitan dengan bacaan dalam sebuah tes.

Bukan hanya itu saja melainkan ada aspek silogisme yang mana kita harus bisa menarik kesimpulan dengan berdasarkan pada suatu hal. Lebih tepatnya silogisme ini menuntut peserta untuk dapat berpikir jelas, tertib dan tajam.

Tidak melulu tentang pemahaman dan kepandaian berbahasa tetapi dalam melakukan tes potensi akademik (TEPAD) ini juga terdapat aspek deret angka. Anda akan diminta untuk bisa melanjutkan deretan angka yang sudah disiapkan.

Dalam melanjutkan daratan angka tersebut tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan pola yang memang sudah mendasari akan soal tersebut. Selain itu, masih ada tes gambar yang bertujuan menilai daya logika seseorang.

Biasanya peserta diminta untuk menentukan seri gambar, hubungan gambar, bayangan gambar, ataupun pengelompokan gambar juga identifikasi gambar.

Tips Sukses

Pada dasarnya mengikuti tes psikologi yang satu ini sama seperti halnya dengan kita ingin ujian. Maka dibutuhkan usaha untuk mempelajari soal-soal terlebih dahulu.

Belum lagi jika Anda baru pertama kali mengerjakan tes tersebut pasti akan merasa kaget dengan soal-soal yang disajikan. Dengan belajar jauh-jauh hari, maka kita akan terbiasa dengan beberapa soal yang memang sudah menjadi ketentuan dalam mengikuti tes psikologi tersebut.

Tidak hanya itu saja, tips sukses mengerjakan tes potensi akademik. Melainkan usahakan untuk selalu fokus dan kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Jangan sampai waktu yang diberikan hanya habis untuk memikirkan beberapa soal yang memang membuat Anda kesulitan.

Saat ini, tes potensi akademik (TEPAD) bisa dilakukan secara online. Sehingga di manapun dan kapanpun Anda dapat mengerjakannya. Dalam hal ini tentunya terdapat platform yang memang sudah dipercaya. Yaitu NS development.