Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik (TEPAD)

Tes potensi akademik (TEPAD) menjadi salah satu tes psikologi penting yang juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan hidup kita.

Tes potensi akademik (TEPAD) menjadi salah satu tes psikologi yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Untuk bisa sukses dalam mendapatkan suatu hal terkadang kita juga harus mengikuti beberapa rangkaian yang memang sudah menjadi ketentuan. Untuk beberapa hal juga kita mengharuskan diri kita sendiri dapat mengerjakan tes psikologi. Meskipun tidak siap bahkan tidak mempersiapkan juga sebelumnya.

Nyatanya tes psikologi juga berlaku ketika kita ingin melamar suatu lowongan pekerjaan atau proses rekrutmen kerja. Untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN terkadang kita juga melakukan tes tersebut. Pasalnya melakukan tes psikologi yang satu ini juga sangatlah penting karena nantinya dapat membantu baik diri kita sendiri ataupun di mana tempat kita melakukannya.

Agar bisa mendapatkan hasil tes terbaik tentunya kita juga harus mempersiapkan terlebih dahulu. Mengetahui tips dan triknya serta mempelajarinya juga. Mungkin beberapa orang menganggap bahwa mengerjakan tes potensi akademik ini sangatlah mudah. Tapi nyatanya tidak sedikit pula orang yang gagal mengerjakan karena kekurangan waktu padahal waktu yang diberikan antara peserta satu dengan yang lainnya itu sama.

Tes Potensi Akademik (TEPAD) Seperti Apa

Sebelumnya perlu diketahui bahwa tes psikologi yang satu ini merupakan salah satu tes yang berbasis online pertama yang di Indonesia. Ini juga secara khusus didesain guna menggali potensi dari kemampuan akademik seseorang. Karena kita bisa melakukannya secara online maka sudah pasti akan terdapat platform terbaik, memang bisa diandalkan dengan pengerjaan yang tergolong mudah.

Dalam mengerjakan soal-soal yang terdapat dalam `Potensi Akademik ini juga nantinya akan terdapat beberapa aspek penilaian. Kira-kira apa saja aspeknya? Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Makna Kata

Pertama ada aspek makna kata. Dimana nantinya Anda diminta untuk menentukan makna kata yang paling dekat dengan kata yang sudah disajikan pada soal sebelumnya. Bisa juga dikatakan bahwa aspek yang satu ini merupakan aspek yang bertujuan menggali keterampilan berbahasa serta mengolah kata. Dengan tujuan nantinya Anda dapat meningkatkan kemampuan berbahasa.

Tidak hanya itu saja melainkan ada juga aspek analogi. Pada aspek ini nantinya peserta harus bisa Mencari serta menemukan pasangan kata. Dimana pasangan kata tersebut mempunyai hubungan analogi seperti halnya menjawab pasangan kata. Manfaatnya adalah dapat menjelaskan sesuatu sebagai penalaran. Serta bisa menyampaikan pesan terhadap suatu konsep agar nantinya lebih sederhana sehingga dapat diterima oleh akal.

2. Pemahaman Wacana

Berikutnya yang juga termasuk dalam aspek tes potensi akademik (TEPAD) adalah pemahaman wacana. Tentunya hal ini juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Harus bagi seorang peserta sebelum menjawab pastikan terlebih dahulu Jika Anda sudah memahami wacana nya dengan baik. Hal ini nantinya juga dapat menjadi acuan untuk Anda bisa menjawab soal yang berkaitan dengan bacaan di dalam tes.

Berikutnya masih ada aspek silogisme. Sebuah aspek dimana peserta akan diminta untuk menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan tampilan premis. Aspek ini umumnya juga menuntut kita untuk bisa berpikir jelas, tajam, dan tertib. Dengan demikian itu nantinya Kita juga bisa melihat suatu akibat dari pernyataan yang sudah ada.

3. Deret Angka

Selain itu masih ada aspek tes potensi akademik (TEPAD) yang berkaitan dengan deret angka. Peserta akan diminta untuk bisa melanjutkan deretan angka dalam soal. Tetapi juga harus berdasarkan pada pola yang mendasarinya. Tidak berhenti disitu saja tetapi masih ada aspek aritmatika yang memberikan penilaian seputar aritmatika. Peserta tes psikologi ini harus bisa menyelesaikan soal aritmatika yang sudah disajikan.

Berikutnya ada aspek perbandingan. Anda diminta untuk bisa menentukan hasil perbandingan kuantitatif dua kondisi yang sudah terjadi di dalam soal. Terakhir yang masih termasuk dalam aspek tes potensi akademik (TEPAD) adalah aspek serial. Anda harus bisa menentukan objek lanjutan suatu rangkaian objek. Untuk aspek ini juga dapat menentukan fakta yang terjadi di sekitar. Terdapat banyak hal pula yang harus kita siapkan sebelum mengikuti tes ini. Agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan sesuai harapan.