Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes TPA (Tes Potensi Akademik) Online terdiri dari beberapa subtes yang harus diselesaikan dalam satu rangkaian tes.

Tes potensi akademik online biasanya mencakup beberapa tes untuk menguji batas kemampuan calon mahasiswa maupun karyawan. Dengan tes ini akan membantu universitas dan perusahaan ketika melakukan seleksi penerimaan karyawan maupun mahasiswa.

Jadi tidak heran jika tes potensi akademik memang sangat dibutuhkan. Bahkan sekarang tes ini semakin dipermudah dengan layanan online. Tes secara online sudah pasti lebih fleksibel dan mudah dilakukan dibandingkan ketika Anda melaksanakan tes secara offline.

Tidak heran pula jika banyak orang yang tertarik untuk melaksanakan tes potensi akademik secara online dengan mempercayakannya ke lembaga bersertifikat. Salah satunya adalah TEPAD yang menyediakan berbagai layanan tes TPA yang pastinya menguntungkan penggunaannya.

Jenis-Jenis Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik umumnya terbagi menjadi beberapa tes dan masing-masing tes memiliki cara penyelesaian yang berbeda-beda. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik Anda tentunya harus memahami cara menyelesaikan tes ini.

Sehingga jika nanti Anda melaksanakan tes Anda akan jauh lebih mudah untuk menyelesaikan tes dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik. Lebih lengkapnya berikut ini tes TPA dari berbagai bidang dengan cara penyelesaiannya yang harus Anda tahu.

Tes Makna Kata

Tes potensi akademik online yang pertama harus Anda pelajari adalah tes tentang makna kata.Tes ini hampir mirip dengan antonim dan sinonim. Anda harus menjawab makna sebuah kata yang ada di soal. Caranya Anda bisa melihat jawaban yang sekiranya dapat sesuai dengan makna kata tersebut.

Tes ini sebenarnya untuk membantu mengetahui kemampuan penalaran Anda. Jadi jika ingin bisa menjawab, Anda harus rajin latihan soal tentang makna kata. Jika terus berlatih bukan tidak mungkin akan mempermudah Anda dalam melaksanakan tes TPA.

Tes Analogi

Tes selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah tes analogi. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam memahami hubungan kata. Anda harus menggunakan logika, kemampuan nalar dan pemahaman bahasa yang baik untuk bisa menjawabnya.

Memang sebenarnya tes potensi akademik sebagian besar membutuhkan penalaran yang baik sehingga Anda bisa menjawab soal dengan baik. Begitu juga dengan tes analogi yang memang membutuhkan kemampuan berpikir dan logika yang tepat untuk menjawabnya.

Deret Angka

Tes potensi akademik online untuk deret angka ini Anda akan diminta untuk menghitung angka-angka atau deret angka. Sebenarnya materi ini merupakan salah satu materi matematik dasar yang sangat penting untuk Anda kuasai. Sehingga ketika melaksanakan tes Anda tidak akan kesusahan.

Karena setiap melaksanakan tes TPA Anda pasti akan menemukan soal tentang deret angka, mungkin banyak orang yang masih kesusahan dalam menjawabnya. Untuk itu, ada baiknya Anda memang benar-benar memahami deret angka sebelum menjawabnya, karena terkadang soalnya sulit dipecahkan.

Tes Aritmatika

Selain deret angka, aritmatika juga menjadi salah satu mata uji yang ada di tes potensi akademik hampir sama dengan deret. Sebenarnya tes aritmatika juga memerlukan kemampuan dasar pada bidang matematika untuk bisa menjawab angka-angka aritmatika yang diujikan.

Namun, sayangnya ada beberapa orang yang masih sering kesusahan dalam menjawab soal aritmatika ketika melaksanakan tes potensi akademik. Meski begitu sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir ketika ingin melaksanakan tes, asalkan Anda sudah berlatih pasti mudah untuk menjawabnya.

Tes Perbandingan

Tes potensi akademik online juga berisi tes perbandingan. Nantinya Anda akan diberikan soal mengenai perbandingan suatu hal. Kemudian Anda harus menjawab soal tersebut. Umumnya tes ini terdiri dari sinonim, antonim, perbandingan hubungan kata, dan masih banyak lagi.

Asalkan Anda sudah menguasai sinonim dan antonim pasti tidak akan sulit untuk menjawab soal perbandingan dalam tes potensi akademik. Soal ini pasti akan ada dalam tes sehingga Anda harus bisa mempelajarinya dengan baik jika ingin mendapatkan hasil terbaik.

Tes Silogisme

Untuk kategori jenis tes terakhir adalah tes potensi akademik online silogisme. Tes silogisme merupakan tes yang membutuhkan logika untuk menjawabnya yang biasanya terdiri dari tes logika umum. Tes ini bertujuan mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami dan mengaplikasikan logika deduktif ketika mereka menjawab soal-soal tes potensi akademik.