Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik yang berbasis IRT memiliki nilai tambah yang baik untuk tes rekrutmen kerja maupun masuk perguruan tinggi.

Tes potensi akademik dengan sistem IRT atau Item Response Theory perlu diperhatikan, terutama oleh para pelajar. Bagaimana tidak, ini merupakan sistem penilaian yang digunakan pada seleksi UTBK SBMPTN.

Untuk para pelajar yang ingin mengikuti TPA sebagai latihan sebelum SBMPTN berlangsung, maka bisa memilih Tepad.id. Mereka menggunakan sistem IRT yang terpercaya.

Tes Potensi Akademik IRT

TPA yang berbasis teori tes modern atau IRT memiliki nilai tambah yang baik. Ini merupakan sistem pembobotan nilai tes TPA yang cukup baik.

Item Response Theory atau IRT adalah sebuah sistem penilaian yang berfokus pada bobot nilai dari masing-masing subtes.

Sistem pembobotan nilai ini dapat berguna di TPA. TPA adalah sebuah bentuk tes psikologi yang bertujuan untuk melihat bagaimana potensi akademik dari seseorang.

Tes ini biasa digunakan dalam sistem rekrutmen kerja, baik itu di instansi pemerintah atau swasta. Selain itu, tes ini juga digunakan sebagai seleksi tes perguruan tinggi, yaitu UTBK SBMPTN.

Dalam tes seleksi masuk perguruan tinggi, pembobotan nilai TPA menggunakan sistem IRT ini.

Sistem Pembobotan Nilai IRT

Ketika sebuah TPA menggunakan sistem penilaian IRT, maka akan berfokus pada bobot nilai dari masing-masing subtes yang ada.

Hal ini dapat kita lihat dari pembobotan nilai UTBK, yaitu dengan mempertimbangkan level kesulitan di setiap soal ujian potensi akademik yang ada.

Apabila suatu soal tes potensi akademik banyak yang dijawab benar oleh para peserta, maka soal tersebut dianggap lebih mudah dan berpotensi memiliki bobot nilai yang kecil.

Hal tersebut berlaku sebaliknya, yakni ketika ada soal yang banyak dikosongi atau dijawab salah, artinya dianggap memiliki level kesulitan yang lebih tinggi. Alhasil, soal tersebut kemungkinan akan mendapat bobot nilai yang besar.

Jadi, pendekatan nilai IRT ini merupakan alternatif yang dapat digunakan dalam menganalisis suatu tes. Hal ini tentu saja karena sistem IRT dapat menggunakan model probabilistik.

Model probabilistik ini artinya probabilitas dari subjek untuk menjawab butir soal dengan benar akan tergantung pada kemampuan subjek serta karakteristik butir tersebut.

Unsur-Unsur di Dalam Sistem Penilaian IRT

Terdapat tiga unsur di dalam tes potensi akademik dengan penilaian IRT, yaitu sebagai berikut:

  • Unsur butir: IRT akan menelaah butir untuk menemukan cirinya. Di setiap penelaahan satu butir di dalam tes, maka kita dapat memiliki banyak penelaahan masing-masing terhadap satu butir di dalam perangkat tes tersebut.
  • Peserta: para peserta yang respons butir tersebut akan melakukan respon nya dengan suatu kemampuan. Model IRT akan menggunakan skala kontinum untuk menampung berbagai jenis kemampuan dan peserta yang merespon butir tersebut.
  • Isi responsi peserta: isi respon dapat berbentuk salah atau benar,sehingga menggabungkan isi responsi dari semua peserta terhadap butir soal tersebut.

Dalam teori respon butir atau tes modern (IRT) ini dikembangkan atas dasar hasil ujian seseorang yang dapat diprediksi dari kemampuan yang mereka miliki.

Dengan unsur-unsur tersebut, maka jadilah sistem penilaian IRT pada tes potensi akademik ini cukup menjadi pilihan yang tepat.

TPA Berbasis IRT Online

Tidak semua penyedia tes TPA memiliki sistem penilaian IRT ini. Salah satu penyedia TPA yang berbasis IRT adalah Tepad.id.

TPA di Tepad.id berjalan secara online yang memungkinkan para pesertanya lebih santai dan fleksibel. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat TPA untuk di proses rekrutmen karyawan hingga para peserta didik yang ingin mencoba.

Kelebihan dari TPA di Tepad.id adalah Anda bisa memilih sendiri jadwal tes, sesuai dengan keinginan. Sistem yang digunakan Tepad.id juga pastinya sudah canggih dan cepat.

Hanya dengan perangkat online apapun, Anda bisa mengerjakan TPA dengan bebas dan maksimal. Anda bahkan tidak perlu ke luar rumah atau kantor untuk melakukan tes ini.

Satu yang Anda butuhkan hanyalah jaringan internet yang mendukung. Dengan begitu, maka Anda sudah bisa mengerjakan TPA dengan baik.

Setelah mengerjakan tes potensi akademik di Tepad.id, Anda akan segera mendapatkan hasil tes secara real time tanpa harus menunggu lama. Tepad.id juga akan memberikan Anda sertifikat TPA resmi yang dapat digunakan di masa depan.