Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online Bersertifikat Berbasis

TEPAD menyediakan layanan Tes Potensi Akademik Online Bersertifikat. Tes ini berbasis Teori Tes Modern (IRT).

Tes Potensi Akademik online bersertifikat merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengukur kemampuan dan kecerdasan. Dengan mengetahui kemampuan dan tingkat kecerdasan yang dimiliki, semakin mudah pula untuk mengembangkan potensi.

Tidak hanya individu, Tes Potensi Akademik ini juga bisa digunakan oleh institusi pendidikan dan perguruan tinggi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Perusahaan pun juga bisa menggunakan tes ini ketika rekrutmen calon pegawai. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk memajukan perusahaan.

Tes Potensi Akademik Online Bersertifikat dengan Menggunakan Hasil Tes Berbasis IRT

Tes Potensi Akademik ini memberikan hasil tes yang bisa dipertanggung jawabkan. Pasalnya, peserta akan menerima sertifikat online melalui proses autentikasi.

Tak hanya itu saja, TPA online ini juga menjamin hasil tes yang berkualitas, karena berbasis Teori Tes Modern atau lebih dikenal sebagai IRT.

Teori Tes Modern merupakan penampilan subjek dalam sebuah tes yang bisa Anda prediksi dari kemampuan seseorang dan bersifat laten. Selain disebut sebagai Teori Tes Modern, tes ini juga dikenal sebagai Latent Trait Theory.

Dalam tes ini, terdapat respon subjek terhadap item yang menunjukkan kemampuan kognitif seseorang. Selain itu, dalam tes ini juga terdapat unsur teori, meliputi butir atau item tes, subjek atau respon, dan isi respon subjek.

Dengan basis Teori Tes Modern ini, Tes Potensi Akademik mampu memberikan hasil tes yang sesuai dan juga akurat.

Asumsi dalam Teori Tes Modern

Dalam Teori Tes Modern ini memiliki tiga asumsi penting. Asumsi yang pertama adalah invariant atau parameter butir soal serta kemampuan.

Artinya, soal yang diberikan dalam Tes Potensi Akademik online bersertifikat ini memiliki hubungan atau korelasi positif dengan kemampuan seseorang yang diukur.

Asumsi yang kedua adalah unidimensionality. Artinya, setiap satu item akan melengkapi item tes lainnya. Dengan begitu, Tes Potensi Akademik mampu mengukur kemampuan seseorang secara tepat.

Kemudian, asumsi ketiga adalah local independence. Maksudnya, respon terhadap suatu item tidak akan berpengaruh pada item lainnya.

Kelebihan Tes Potensi Akademik Online Bersertifikat

Selain hasil tes berbasis Teori Tes Modern atau IRT dan sertifikat online proses autentikasi, Tes Potensi Akademik ini juga memiliki segudang kelebihan lainnya yang menguntungkan para peserta, perguruan tinggi, maupun perusahaan. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Accessible

Kelebihan yang pertama adalah accessible. Tes Potensi Akademik ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan keinginan.

Pihak perguruan tinggi sebagai penyelenggara tes, tidak perlu mengharuskan calon mahasiswanya untuk datang ke kampus. Begitu pula sebaliknya, perusahaan tidak perlu mengharuskan calon karyawannya untuk datang ke kantor.

Baik calon mahasiswa maupun calon karyawan, dapat mengikuti tes tersebut di rumah masing-masing atau tempat nyaman lainnya. Dengan begitu, Tes Potensi Akademik dapat terlaksana secara kondusif.

2. Design Multiuser

Salah satu kelebihan lainnya dari Tes Potensi Akademik online ini adalah memiliki design multiuser. Dengan kata lain, tes ini tidak terbatas dengan jumlah peserta.

Hal ini dapat menguntungkan perguruan tinggi maupun perusahaan ketika menyelenggarakan tes tersebut. Pasalnya, bisa mengadakan tes dalam satu hari, sehingga lebih hemat waktu, biaya, dan juga tenaga.

Menariknya lagi, tes ini juga tidak memerlukan jarak tertentu. Karena sistem yang sudah terintegrasi, maka bisa diikuti oleh semua peserta yang berada di seluruh Indonesia.

3. Online Base

Tes Potensi Akademik online bersertifikat memang mengutamakan kemudahan. Untuk mengikuti tes ini tidak membutuhkan perangkat tertentu.

Peserta bisa menggunakan jenis perangkat apapun, mulai dari smartphone (Android maupun iOS), laptop, komputer, iPad, Macbook, tablet, maupun perangkat lainnya. Dengan begitu, para peserta tidak akan merasa kesulitan saat mengikuti tes ini.

Seperti yang Anda tahu, Tes Potensi Akademik memiliki berbagai macam komponen tes. Melalui Tes Potensi Akademik online bersertifikat inilah, ada banyak komponen yang bisa Anda temui. Mulai dari makna kata, analogi, pemahaman wacana, silogisme, deret angka, aritmatika, perbandingan, serial hingga matriks. Tak hanya itu saja, tes ini juga menawarkan pelayanan terbaik dan terpercaya, sehingga mampu menjaga validitas dan reliabilitas hasil tesnya.