Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Pada dasarnya skor Tes Potensi Akademik (Tes TPA) berkisar antara 0 sd 800.

Tes Potensi Akademik Online bisa menjadi bantuan dalam mengukur kemampuan diri dan melewati beberapa seleksi. Ketika berlatih secara mandiri, akan lebih baik apabila Anda mengetahui cara perhitungan skornya. Sehingga nantinya bisa terbantu dalam melakukan evaluasi kedepan.

Setiap mengikuti seleksi tes tertentu sudah bisa dipastikan akan ada beberapa kriteria yang tersedia. Ini untuk membantu menyaring banyaknya peserta yang mengikutinya. Maka dari itulah ada baiknya sekarang ini kita bahas bagaimana sih pengukuran skornya tersebut.

Sebelum mengikuti tesnya secara resmi, baik di perusahaan atau instansi pendidikan, lebih baik bekali diri dengan ilmu ini. Karena kelas ini menjadi hal yang cukup penting untuk Anda. Jadi silakan simak selengkapnya untuk Anda yang bersiap mengikuti tes potensi akademik ini.

Cara Menghitung Skor Tes Potensi Akademik Online

Biasanya kebanyakan tes potensi akademik menggunakan metode perhitungan berikut ini. Sebab itulah kami menyiapkan Anda beberapa informasi penting yang berkaitan dengan skornya tersebut. Hasil dari skor ini akan digunakan untuk mengikuti seleksi masuk tertentu.

Mulai dari bangku pendidikan, pekerjaan atau bahkan profesi tersebut. Inilah yang menjadi hal penting untuk Anda ketahui sebagai alat pengukuran secara mandiri. Jadi silahkan simak secara lengkapnya untuk Anda.

Perhitungan Skor TPA

Ketika mengikuti tes seperti ini Anda akan mendapatkan soal berjumlah 250 dengan beberapa jenis dan materi. Peserta akan diminta mengerjakan dalam waktu 3 jam saja, sehingga biasanya orang akan menyesuaikan secara mandiri kemampuan terhadap masing-masing soal.

Nantinya berisikan tes penalaran logika, tes numerik, dan tes verbal dalam jumlah tersebut. Setelah itu skornya akan dikalkulasikan dalam rentang antara 200 sampai 800. Usahakan Anda mendapatkan skor yang tinggi untuk bisa unggul dalam tes akademik.

Rumus yang digunakan menggunakan :

Skor (jumlah benar/total soal) x 600 + 200

Misalnya : (200/250) x 600 + 200 = 680

Nah Anda bisa mulai menghitung skor dari latihan tes secara online yang kini mudah didapatkan dalam berbagai platform. Sehingga nantinya ketika mengikuti tes secara langsung bisa mengetahui perkiraan skor Anda tersebut.

Skor yang Digunakan untuk Seleksi Perkuliahan

Tes Potensi Akademik Online memang digunakan dalam berbagai seleksi, khususnya bangku kuliah. Nah, untuk bisa masuk ke seleksi tersebut silahkan untuk mencapai skor berikut ini, paling tidak Anda akan dikatakan siap menghadapi berbagai universitas ternama di Tanah Air.

Karena rentang skor dari tes akademik berkisar pada 200 sampai 800 saja. Anda perlu mempersiapkan skor paling tidak menyentuh skor 450 sampai 500 untuk bisa masuk S2 di UGM. Pada skor ini memiliki kemampuan rata-rata.

Usahakan mempelajari soal agar bisa mencapai di atas rata-rata sehingga Anda bisa lebih tenang. Sedangkan untuk masuk jenjang S3 paling tidak memiliki skor berkisar 550 sampai 600 skornya. Ini akan membantu sekali untuk Anda masuk ke berbagai universitas ternama.

Mengikuti tes ini bisa kita gunakan dalam kurun waktu dua tahun saja masa berlakunya. Oleh karena itulah Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga hasilnya bisa memuaskan. Hal seperti ini memang terkesan sepele dan mudah untuk dilalui, namun persiapan dengan serius sangat dibutuhkan sekali untuk bisa lolos dari berbagai persoalan yang muncul nantinya.

Tips Raih Skor Terbaik dalam Tes Potensi Akademik Online

Nah, pentingnya skor pada tes ini berhubungan dengan lolos seleksi berbagai hal yang Anda usahakan tersebut. Untuk Anda yang baru pertama kali mengikuti tes ini akan lebih baik ingat untuk menggunakan tips dari kami. Paling tidak Anda memiliki bekal yang bisa diandalkan ketika mengikuti tes tersebut.

Silahkan untuk memiliki target soal yang berhasil dikerjakan secara maksimal. Anda bisa membaca dengan cepat dan memulai pengerjaan dengan tepat. Jangan terbiasa memikirkan soal yang menurut Anda susah dan membaca berulang kali.

Fokuskan pikiran agar bisa menjawab soal dalam waktu yang paling cepat dan tepat. Ketika Anda berhasil mendapatkan pengerjaan soal yang banyak maka skor bisa lebih tinggi. Tidak perlu khawatir, karena pengerjaan tes potensi akademik online kita hanya perlu memilih opsi yang tersedia tersebut.