Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Rahasia sukses mengikuti tes TPA online bisa kamu terapkan dengan sangat mudah. Mulai dari rajin berlatih hingga menjaga konsentrasi.

Tes TPA online seringkali digunakan oleh perusahaan untuk rekrutmen karyawan maupun asesmen jabatan. Bahkan, perguruan tinggi atau instansi pendidikan memanfaatkan tes TPA untuk seleksi calon mahasiswanya.

Tes ini dilakukan karena dapat mengukur kemampuan penalaran secara umum yang berguna untuk menyelesaikan masalah maupun mempelajari hal baru. Bagi perusahaan swasta/negeri dan perguruan tinggi, kemampuan tersebut sangat dipertimbangkan.

Trik Sukses Mengikuti Tes TPA Online

Umumnya, TPA online merupakan Tes Potensi Akademik yang dilakukan secara online denganĀ  menggabungkan antara teknologi dan teori mutakhir. Proses pengembangan tes ini menggunakan desain khusus, sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Meskipun menjadi jenis tes yang sangat umum, bagi sebagian orang tes TPA menjadi momok. Tak sedikit yang merasa khawatir ketika mengerjakan setiap soal.

Seperti yang kamu tahu, tes TPA terdiri dari berbagai jenis soal. Tingkat kesulitan setiap jenis soal juga beragam.

Karena itulah, penting bagi kamu untuk melakukan sejumlah persiapan sebelum mengikuti tes. Supaya semakin mudah, berikut ini beberapa rahasia sukses tes TPA online yang bisa kamu terapkan.

1. Sering Berlatih

Rahasia sukses mengikuti tes TPA pertama kali yang wajib kamu lakukan, yakni dengan berlatih mengerjakan soal sesering mungkin. Tujuan dari trik ini, supaya kamu tidak kaget dengan jenis soal yang muncul di TPA sebenarnya.

Ketika kamu membiasakan diri untuk berlatih, dapat membangun strategi saat mengerjakan soal. Sehingga, peluang untuk mendapatkan hasil yang maksimal semakin tinggi.

Tak hanya itu, melakukan simulasi soal TPA secara konsisten, dapat mengurangi rasa gugup dan takut. Dengan rajin berlatih, kamu pun akan semakin cermat dalam menyelesaikan setiap soal.

2. Pahami Setiap Jenis Soal dengan Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tes TPA online ada banyak jenisnya. Mulai dari makna kata, analogi, pemahaman wacana, silogisme, deret angka, aritmatika, perbandingan, serial, hingga matriks.

Kemudian, TPA juga mempunyai komponen tes dalam bentuk yang beragam, seperti bentuk stimulus verbal, numerik, hingga spasial. Setiap jenis soal dibagi menjadi tiga tingkatan, mudah, sedang, dan sulit.

Selain itu, masing-masing soal juga memiliki strategi yang berbeda. Misalnya saja soal tes TPA verbal.

Verbal merupakan jenis tes TPA yang mengharuskan kamu untuk menjawab soal tentang bahasa. Umumnya, soal verbal akan memuat sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), peribahasa, dan lain sebagainya.

Strategi yang bisa kamu coba yakni dengan rajin membaca buku atau melatih komunikasi dalam kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, kamu bisa memiliki wawasan yang luas seputar Bahasa Indonesia hingga mendapatkan beragam kosakata baru.

Lain halnya dengan jenis soal TPA numerik. Banyak dari peserta tes yang mengeluhkan soal TPA numerik karena dianggap sangat sulit.

Namun, kamu tidak perlu menjadi lulusan Matematika supaya mendapatkan skor yang bagus. Kamu bisa memulainya dengan belajar cara menghitung cepat.

Tes TPA online memiliki waktu yang terbatas. Supaya kamu tidak menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengerjakan satu soal saja, skill menghitung cepat penting wajib diasah.

Ada baiknya, kamu mengerjakan soal numerik yang paling mudah setelah itu lanjut ke soal paling sulit. Pastikan jawaban untuk soal numerik yang mudah benar, agar nilaimu tidak jatuh.

3. Berkonsentrasi

Mengikuti tes TPA memang tidak semudah kelihatannya. Meski demikian, upayakan untuk selalu fokus dan berkonsentrasi.

Ketika konsentrasi kamu terpecah, soal TPA akan terasa semakin sulit. Kemungkinan memilih jawaban yang salah juga semakin besar.

Agar konsentrasimu tetap terjaga, sebelum mengikuti tes TPA upayakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, supaya kondisi tubuh bugar.

Sebenarnya, mengikuti tes TPA tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, demi menunjang pelaksanaan TPA online, saat ini telah mendapatkan dukungan berbagai macam fitur.

Misalnya saja, mudah diakses dimana saja, pengaturan tes yang bisa digunakan oleh semua user, hasil real time, hingga bisa kamu gunakan di berbagai perangkat. Dengan adanya fitur-fitur yang sudah terpercaya ini, mampu menjaga validitas maupun reliabilitas hasil tes.

Tes TPA online tidak memiliki batasan tempat. Kamu pun bisa memilih sendiri waktu pelaksanaan tesnya.