Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Persyaratan teknis mengikuti tes TPA online berupa pengadaan perangkat dan koneksi yang mumpuni. TPA online juga perlu pendaftaran terlebih dahulu.

Tes TPA online merupakan salah satu jenis tes psikologi yang dilakukan dengan cara daring. TPA atau tes potensi akademik ini kerap dipakai oleh perusahaan, organisasi, atau lembaga pendidikan untuk mengetahui potensi dan kemampuan akademik di dalam diri seseorang.

Tes potensi akademik terbagi atas beberapa bagian soal uji. Seperti tes penalaran dan logika, tes kuantitatif atau numerik, dan tes verbal.

Persyaratan Teknis Tes TPA Online

Tes potensi akademik membantu seseorang untuk mengetahui kekuatan dan kelemahannya dari sudut pandang kognitif. Tes ini juga bisa memberikan gambaran bagaimana kemampuan seseorang dalam menghadapi berbagai rintangan bidang akademis.

Terlepas dari fungsi dari hasil tesnya, untuk mengikuti tes potensi akademik secara online tentu tidak bisa sembarangan. Pilihlah platform yang sudah bersertifikat dan terpercaya hasilnya.

Sebelum mengikuti tes TPA ini, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satunya yaitu melengkapi persyaratan teknis mengikuti tes potensi akademik secara daring.

Berikut adalah syarat-syarat teknis yang harus Anda penuhi sebelum mengikuti tes potensi akademik online di suatu platform.

Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Karena diselenggarakan secara online, maka membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Sebelum tes dimulai, pastikan Anda mempunyai jaringan internet yang stabil, tidak terputus-putus, dan anti lemot.

Koneksi internet yang tidak stabil bisa membuat Anda kehilangan banyak waktu dan bahkan menyebabkan Anda gagal dalam tes. Maka dari itu, usahakan menggunakan provider jaringan atau WiFi yang berkualitas.

Perangkat yang Mumpuni

Persyaratan teknis ikut tes TPA online selanjutnya adalah menggunakan perangkat yang memadai. Perangkat yang Anda gunakan bisa berupa handphone, tablet, laptop, komputer, atau PC.

Jika sudah memilih perangkat dengan spesifikasi memadai, pastikan perangkat Anda terhubung dengan sumber listrik atau mempunyai daya baterai yang cukup selama tes TPA berlangsung.

Terakhir, periksa terlebih dahulu bahwa kamera dan mikrofon perangkat Anda bisa berfungsi dengan baik. Hal ini karena beberapa tes potensi akademik secara online butuh verifikasi identitas peserta via kamera maupun mikrofon.

Mendaftar Tes TPA Online

Pendaftaran bisa Anda akses melalui laman web resmi penyelenggara tes potensi akademik. Di dalam situs tersebut akan ada informasi seputar penyelenggaraan TPA online.

Mulai dari jadwal tes TPA, biaya registrasi, metode atau cara pembayaran, hingga persyaratan yang harus Anda penuhi. Lengkapi semua data dan informasi pendaftaran tersebut.

Setelah mendaftar dan melunasi pembayaran, Anda akan menerima link atau kode akses mengikuti tes potensi akademik secara online. Simpan link atau kode akses tersebut, jangan sampai hilang atau orang lain mengetahuinya.

Lengkapi Persyaratan Diri

Selain persyaratan teknis seperti yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi supaya bisa ikut tes TPA online ini. Anda wajib memiliki kartu identitas berupa KTP, paspor, SIM, atau kartu mahasiswa.

Untuk bisa mengikuti tes potensi akademik online, peserta usia minimal 17 tahun dengan latar pendidikan paling rendah SMA/SMK/sederajat.

Bilamana Anda sudah berniat untuk mengikuti tes ini, maka secara tidak langsung Anda bersedia untuk menaati segenap aturan dan ketentuan yang sudah penyelenggara tetapkan.

Mungkin persyaratan ini akan berbeda di sejumlah platform penyelenggara tes lainnya. Namun, sebagai peserta, Anda harus mengutamakan sisi kejujuran dan tidak melakukan kecurangan selama tes berlangsung, meski tes dilakukan secara daring.

Tes Potensi Akademik bersama TEPAD

TEPAD merupakan salah satu penyelenggara tes TPA online terbaik di Indonesia. Sebagai penyelenggara tes yang berkualitas, TEPAD menawarkan desain khusus bagi para peserta.

TEPAD mengombinasikan teori dengan teknologi mutakhir dalam proses pelaksanaan TPA secara online. Selain itu, platform ini juga memberikan hasil tes secara realtime.

Peserta bisa memilih waktu pelaksanaan tes sesuai keinginan. Lantaran digelar secara online, TPA bisa peserta kerjakan di mana saja, tidak terbatas tempat maupun jarak. Sudah bersertifikat online, tes potensi akademik bersama TEPAD ini juga bisa peserta kerjakan di semua perangkat.

Bagi Anda yang hendak mengukur kemampuan diri, pemahaman logika, dan mempelajari hal baru, segera ikuti tes TPA online di TEPAD.ID. Fitur penunjang tes online sangat mumpuni dan reliabel.