Tes TPA Online

Persiapan mengikuti tes TPA online meliputi persiapan fisik, mental, melengkapi persyaratan teknis. Perbanyak latihan soal sebelum mengikuti TPA online.

Tes TPA online adalah salah satu jenis tes psikologi yang kerap dipakai untuk proses rekrutmen dunia kerja. Selain itu, tidak sedikit lembaga pendidikan, organisasi, maupun universita memberlakukan tes TPA ini guna mengetahui kemampuan akademik dalam diri seseorang.

Rangkaian soal pada tes potensi akademik melibatkan beberapa aspek. Sebut saja seperti aspek verbal, aspek numerik atau kuantitatif, serta aspek penalaran dan logika.

Persiapan Menghadapi Tes TPA Online

Pelaksanaan tes TPA secara daring menjadi salah satu kemudahan di era serba digital sekarang ini. TPA online memungkinkan peserta dari berbagai wilayah bisa mengikuti tes tanpa harus datang ke lokasi. 

Namun, meski dikerjakan secara daring, para peserta tes TPA online tetap harus menyelesaikan soal dengan serius. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum mengikuti tes potensi akademik online.

Perbanyak Latihan Soal

Sebelum mengikuti tes TPA, ada baiknya jika memperbanyak latihan soal terlebih dahulu. Sebab semakin banyak Anda berlatih, maka akan semakin akrab dan terbiasa dengan pola soal tes potensi akademik.

Sesekali, cobalah untuk mengikuti simulasi ujian melalui internet. Sekarang ini bukan hanya satu dua platform atau aplikasi yang menyediakan tes TPA online gratis untuk berlatih. Simulasi ini membantu Anda dalam mengatasi masalah teknis sekaligus mengatur waktu pengerjaan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Mempersiapkan fisik untuk tetap fit saat mengerjakan tes tidak kalah penting. Otak kita membutuhkan energi supaya bisa bekerja dengan maksimal. Sehingga jagalah nutrisi, asupan, dan waktu istirahat Anda sebelum mengikuti tes.

Perbanyak mengonsumsi makanan sehat dan seimbang seperti protein, karbohidrat kompleks, sayur, dan buah. Selain itu, kurangi makanan berat, terlalu manis, atau junk food sebelum ujian karena itu berpotensi membuat diri Anda mengantuk dan tidak fokus. Ambil waktu untuk tidur setidaknya 7-8 jam pada malam sebelum hari tes tiba.

Menjaga Emosi dan Pikiran

Selain fisik, mental juga membawa pengaruh yang signifikan selama mengerjakan tes potensi akademik. Tidak jarang rasa gugup mendadak muncul ketika mendekati waktu tes, namun pastikan Anda bisa mengontrol diri Anda dan berusaha tenang.

Salah satu caranya bisa dengan menggunakan teknik pernapasan. Ini akan membuat pikiran lebih rileks dan mengurangi rasa cemas yang suka muncul mendadak.

Tak hanya itu, sugesti diri dengan kalimat-kalimat positif dan semangat. Tidak perlu memikirkan hasil akhir, namun berusahalah memberi jawaban yang jujur pada setiap soalnya.

Pilih Tempat untuk Mengerjakan Tes yang Nyaman

Karena digelar secara daring, pilih lingkungan yang tenang dan nyaman untuk mengerjakan tes TPA online. Anda bisa memilih tempat yang jauh dari kebisingan atau ruang-ruang dengan visual yang mudah mengalihkan konsentrasi Anda.

Dalam memilih tempat, pastikan juga soal pencahayaan, kebersihan, dan sirkulasi udara. Karena mengerjakan tes TPA membutuhkan waktu tidak sedikit, posisi duduk juga perlu Anda perhatikan.

Mempersiapkan Berbagai Persyaratan Teknis

Tentunya terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi sehingga Anda bisa ikut dalam tes. Syarat-syarat teknis tes TPA tersebut berupa:

1. Koneksi Internet Stabil

Tes TPA online membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Oleh karena itu, sebelum tes, persiapkan koneksi internet yang stabil. Akan lebih baik lagi jika menggunakan jaringan Wi-Fi atau provider internet berkualitas.

2. Perangkat Memadai

Beberapa jenis perangkat yang bisa Anda gunakan untuk mengakses tes potensi akademik online adalah ponsel, tablet, laptop, atau PC. Pilihan perangkat ini kembali ke preferensi masing-masing.

Pastikan jika perangkat Anda mempunyai daya baterai yang mencukupi selama tes berlangsung. Bawalah power bank atau siapkan charger jika lokai yang Anda gunakan berdekatan dengan sumber listrik. Selain itu, periksa kamera dan mikrofon perangkat untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik.

3. Registrasi Tes

Mendaftar tes potensi akademik bisa Anda lakukan melalui platform penyelenggara TPA. Biasanya pihak penyelenggara menampilkan informasi lengkap di situs atau aplikasinya. Informasi tersebut meliputi jadwal tes, persyaratan yang harus dilengkapi, biaya tes, hingga cara pembayaran mengikuti tes.

Anda bisa melengkapi data diri untuk registrasi beserta lampiran dokumen persyaratan yang diminta. Umumnya, dokumen yang harus disertakan berupa KTP, SIM, paspor, atau kartu mahasiswa.

Terlepas dari semua persiapan mengikuti tes TPA online di atas, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah platform untuk tes. Sebab tidak sedikit platform atau aplikasi yang menawarkan penyelenggaraan tes ini. Meski begitu, akan lebih baik jika Anda memilih platform tes TPA yang sudah bersertifikat.