Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik atau TPA dapat menjadi penting untuk menemukan dan mengukur SDM yang berkualitas berdasarkan kemampuan.

Tes Potensi Akademik atau TPA dapat menjadi penting untuk menemukan dan mengukur SDM yang berkualitas berdasarkan kemampuan. Tes ini sangat menjadi penting dalam penerimaan mahasiswa baru maupun memasuki dunia kerja.

Oleh karena itu, para siswa tingkat SMA/sederajat perlu melakukan persiapan diri untuk menghadapi tes ini nantinya. Selain itu, tes ini juga sangat berguna untuk perekrutan karyawan baru pada beberapa perusahaan atau instansi.

Tes Potensi Akademik Sebagai Peningkatan SDM

Tes TPA ini, dapat membantu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan dan kemakmuran dalam masyarakat dan negara. Pasalnya tes ini biasanya terpakai untuk sebagai tes psikotes pengukur kecerdasan intelektual seseorang secara.

Perusahaan yang menggunakan sistem ini dalam perekrutan karyawan barunya tentu dapat mudah menyatakan bahwa ia sesuai dengan bidang yang ia ajukan atau tidak. Sama halnya dengan perguruan tinggi, mereka menggunakan tes ini sebagai tahap seleksi bagi calon mahasiswa barunya.

Jenis tes psikotes ini, terdapat tiga aspek yang berdasarkan sebagai penilaian potensi intelektual seseorang. Aspek pertama ialah aspek numerikal yang berfungsi sebagai pengukur tingkat pemahaman melalui deretan angka.

Berikutnya ada aspek verbal yang memiliki fungsi sebagai pengukur tingkat pemahaman dan pola pikir seseorang yang berdasar pada pengetahuan bahasa. Dan yang terakhir aspek figural sebagai pengukur kemampuan seseorang melalui berbagai bentuk gambar.

Manfaat Tes Potensi Akademik dalam Berbagai Bidang

Kehadiran tes TPA ini membawa sejumlah manfaat dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa manfaat dari kehadirannya adalah sebagai berikut:

Mempermudah Perusahan atau Instansi untuk Seleksi Anggota Baru

Seperti pemaparan sebelumnya, tes TPA ini biasanya terpakai untuk penyaringan anggota baru. Misalnya sebagai tes seleksi untuk masuk perguruan tinggi. Penggunaannya memudahkan pihak perguruan tinggi dalam melihat dan menyaring mahasiswa mana yang pantas untuk masuk di dalamnya.

Selain itu, tes ini juga berguna untuk dalam proses perekrutan karyawan. Misalnya seperti tes masuk CPNS untuk menentukan pantas atau tidaknya mereka untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Menganalisis Kemampuan Akademis Seseorang

Sama seperti namanya, menjalani tes TPA berfungsi untuk mengukur sejauh mana kemampuan akademik seseorang terutama pada 4 aspek penting. Keempat aspek tersebut adalah bahasa, matematika, logika, dan gambar. Dengan begitu peserta dapat dengan mudah mengetahui seberapa persen kemampuan mereka dalam bidang akademik.

Mengetahui Minat dan Bakat

Tes potensi akademik juga bermanfaat untuk mengetahui minat dan bakat seseorang. Apa pengetahuan yang lebih ia kuasai dan bidang apa yang menjadi kelemahannya.

Biasanya ini terlaksana saat SMA, tepatnya pada saat penjurusan. Hasil dari tes TPA dapat menjadi sebuah patokan untuk menempatkan siswa sesuai dengan kemampuan mereka.

Melatih Kecepatan

Dalam pengerjaan soal-soal dalam tes, peserta akan diberikan batasan waktu untuk dapat menyelesaikan keempat jenis soal yang ada. Pada masing-masing soal akan memiliki kurun waktu tertentu untuk penyelesaiannya, sehingga Anda harus cepat namun tetap berhati-hati.

Dengan demikian Anda akan terbiasa bekerja dengan lebih cepat dan teliti. Jika tidak berusaha maka Anda akan kehabisan waktu dan memperoleh hasil yang kurang maksimal nantinya.

Melatih Konsentrasi

Karena dalam tes potensi akademik ini Anda akan dihadapkan dengan berbagai jenis soal, Anda harus senantiasa fokus dan konsentrasi dalam menjalaninya. Soal-soal yang ada akan tersaji memang terbilang sederhana, tetapi Anda perlu pemikiran yang efektif untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam soal dengan baik.

Maka dari itu, apabila Anda tidak mencoba untuk fokus dan konsentrasi, maka Anda dapat kehilangan momentum dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

Membangun Kepercayaan Diri

Pada proses pengerjaan tes TPA Anda tidak dapat melakukan kecurangan, seperti mencontek jenis kecurangan dalam ujian yang lain. Hal tersebut membuat Anda harus senantiasa percaya pada diri anda sendiri dalam segala situasi.

Percaya dan yakinlah pada kemampuan diri sendiri agar Anda dapat merasa lebih puas dengan perolehan hasil atau skor pada kemudian hari.

Beberapa manfaat tes potensi akademik tersebut tentu dapat menjadi sebuah peningkatan yang baik terhadap sumber daya manusia. Masih banyak perolehan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti psikotes ini. Anda juga bisa mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikutinya.