Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online memiliki banyak kegunaan dalam berbagai macam aspek. Mulai dari seleksi calon mahasiswa hingga rekrutmen karyawan.

Tes TPA online memainkan peran penting untuk mengukur, mengetahui, dan menentukan tingkat kecerdasan seseorang. Melalui tes ini, perusahaan maupun lembaga pendidikan dapat menemukan Sumber Daya Manusia atau SDM yang berkualitas.

Tes TPA membantu perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berbakat dan memiliki potensi untuk mencapai tujuan bisnis. Begitu pula dengan lembaga pendidikan yang bisa mendapatkan siswa maupun mahasiswa dengan kemampuan terbaik di bidang keilmuwan atau akademis.

Peran Penting Tes TPA Online

Tes TPA memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Bahkan, hampir sebagian besar aspek kehidupan menggunakan tes ini.

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan salah satu cabang tes psikologi. Sesuai dengan namanya, TPA bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan, kemampuan dan potensi akademis seseorang.

TPA dapat membantu seseorang untuk mengukur seberapa besar kapasitas dan kemampuan berpikirnya ketika menempati posisi tertentu. Terutama posisi yang berkaitan dengan kemampuan akademis.

Lazimnya, TPA digunakan pada saat seleksi penerimaan pegawai atau karyawan baru, promosi jabatan, hingga penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil. Selain itu, TPA online juga dapat diikuti oleh pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, S2, maupun S3.

Kegunaan Tes TPA Online dalam Instansi Pemerintah atau Swasta

Tak sedikit instansi pemerintahan maupun swasta menyelenggarakan Tes Potensi Akademik. Tujuannya, adalah untuk menilai dan mengukur kemampuan calon karyawan.

Melalui tes ini perusahaan bisa mengetahui calon karyawan tersebut sudah sesuai dengan bidang pekerjaan yang dimaksud atau belum. Perusahaan atau instansi pemerintah umumnya hanya menginginkan karyawan / pegawai yang cocok berada di posisi tertentu.

Hal ini juga harus didukung dengan kemampuan intelektual, skill, keterampilan, dan wawasan. Ketika perusahaan mendapatkan pegawai atau karyawan yang berkualitas dan potensial, maka dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Misalnya saja, pekerjaan selesai tepat waktu dengan hasil yang maksimal, target perusahaan dapat tercapai dengan baik, hingga terciptanya situasi atau lingkungan kerja yang kondusif. Bahkan, perusahaan dapat memperoleh inovasi baru dari karyawan atau pegawainya untuk mengembangkan dan memajukan bisnis.

Kegunaan Tes TPA Online dalam Bidang Akademis

Selain perusahaan atau instansi pemerintah, sejumlah perguruan tinggi turut menggunakan TPA online untuk mengukur kemampuan dan potensi calon mahasiswanya, baik itu jenjang S1 hingga S3. Melalui penyelenggaraan tes TPA, perguruan tinggi dapat memperoleh calon mahasiswa yang sesuai dengan jurusan atau program studi tertentu.

Tak hanya itu, perguruan tinggi juga dapat mengukur sendiri kemampuan dan kapasitas para calon mahasiswa apakah sanggup mengikuti perkuliahan dengan baik atau tidak. Mulai dari pembelajaran di dalam kelas, praktik di lapangan, mengerjakan tugas, melakukan riset, dan lain sebagainya.

Biasanya, mahasiswa yang tidak memiliki bakat dan potensi terhadap jurusan atau prodinya, akan mengalami banyak kesulitan. Hal ini dapat berdampak buruk pada pemahamannya, nilai, hingga jenjang karirnya.

Jenis Soal TPA Online

Di balik fungsi dan kegunaannya, Tes TPA online memiliki setidaknya empat jenis soal yang biasa diujikan untuk mengukur tingkat kecerdasan dan kemampuan para pesertanya. Adapun jenis soal TPA antara lain, tes verbal atau bahasa, tes logika, tes numerik atau angka, dan tes spasial atau gambar.

1. Tes Verbal atau Bahasa

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dari segi keterampilan, kecepatan, kecakapan, hingga kebenaran dalam mengolah kata-kata maupun bahasa. Dalam tes ini terdapat tes sinonim (persamaan kata), tes padanan hubungan kata, tes antonim (lawan kata), dan tes pengelompokkan kata.

2. Tes Logika

Tes logika bertujuan untuk mengukur pemahaman seseorang dari segi penalaran maupun pemecahan persoalan secara logis. Jenis tes logika meliputi tes logika umum, tes logika cerita, tes analisa dan kesimpulan, hingga tes logika diagram.

3. Tes Angka

Tes angka berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dari segi berpikir logis dan terstruktur dalam bidang matematis. Adapun jenis tesnya meliputi tes logika angka, tes seri angka, tes angka dalam cerita, hingga tes aritmatika atau hitungan.

4. Tes Spasial atau Tes Gambar

Jenis tes ini berfungsi untuk mengukur daya logika ruang seseorang. Tes ini meliputi tes seri gambar, tes identifikasi gambar, hingga tes pengelompokkan gambar.

Tes TPA online memiliki peran penting untuk mengukur dan menilai kemampuan seseorang. Kemampuan ini yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan untuk menyeleksi calon mahasiswa hingga rekrutmen karyawan.