Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Materi verbal dalam tes TPA online perlu diperhatikan dengan seksama karena materi ini cukup membingungkan peserta dengan olah kata.

Tes TPA online terdiri dari berbagai jenis materi, salah satunya ada tes verbal. Materi ini merupakan jenis tes potensi akademik yang mengasah kemampuan bahasa analisis kata seseorang. Materi verbal berisi mengenai analogi kata, klasifikasi kata, antonim, sinonim, pengetahuan umum, persamaan dua kata, mendefinisikan kata, dan pemahaman bacaan.

Tes ini bisa digunakan untuk persiapan masuk PTN atau kedinasan, persiapan S2, naik jabatan, profesi, spesialis,  seleksi kedinasan, hingga persiapan beasiswa. Bahkan, sudah ada banyak platform yang menawarkan jasa bimbingan dan tes karena kebutuhan ini.

Pembahasan Materi Verbal Tes TPA Online, Ini Tips Mengerjakannya

Materi tes TPA yang satu ini sangat penting karena menjadi standar bagi orang supaya dianggap dapat mengikuti perjalanan saat menempuh pendidikan kuliah. Dalam dunia perkuliahan, mahasiswa harus mengikuti kegiatan penuh dengan tugas akademis dan non akademis.

Karena itu, sangat penting mengikuti tes ini. Untuk mengerjakan tes TPA membutuhkan tingkat fokus tinggi. Supaya dapat mengerjakan soal dengan keseluruhan, kita perlu membahas dan mempelajari materi ini lebih dulu. Sehingga, hasil yang akan diperoleh bisa lebih maksimal dna sesuai harapan.

Cara Mempelajari Materi Verbal

Agar dapat menghasilkan nilai yang maksimal, pastikan untuk mempelajari materi tersebut sebelum tes berlangsung. Cara mempelajari materi ini cukup mudah, yakni dengan membaca setiap materi dengan seksama dan pastikan paham setiap materinya.

Pilih waktu belajar dengan tepat, entah pagi, malam, maupun sore. Karena setiap orang memiliki metode belajar berbeda, jangan terlalu berlebihan saat mempelajarinya. Sesuaikan dengan kapasitas otak dan niat. Paling penting untuk mau terus berlatih hingga mahir.

Contoh Soal TPA Verbal

Umumnya, dalam jenis tes TPA Online ini terbagi menjadi beberapa macam untuk menguji kemampuan seseorang dalam mengolah kata atau bahasa. Antara sinonim, antonim, dan analogi. Berikut ini penjelasan singkat dan contohnya.

Sinonim

Sinonim merupakan kata yang bermakna sama. Soal sinonim membutuhkan kecermatan dalam mengerjakannya, supaya mendapatkan jawaban tepat. Misalnya sinonim dari Legitimasi adalah Pengesahan. Nantinya, peserta akan mendapatkan pilihan jawaban dengan kata yang hampir sama. Karena itu, peserta harus benar-benar memperhatikan pilihan jawaban.

Antonim

Tipe soal selanjutnya ini memberikan soal berlawanan makna atau arti katanya. Tipe soal ini bisa dibilang sulit ketimbang tipe sinonim. Peserta harus lebih cermat lagi dalam memilih jawaban dari soal yang diberikan. Intinya, peserta harus mengerjakan soal dengan fokus lebih supaya terhindar dari kesalahan.

Contoh soalnya seperti antonim dari apatis adalah…. Jawabannya acuh. Peserta harus memilih satu dari 4-5 pilihan jawaban yang paling sesuai dengan soalnya. Tipe soal ini seringkali membingungkan peserta karena pilihan jawaban yang mirip-mirip.

Analogi

Tipe soal verbal di Tes TPA online ini lebih cenderung untuk penyesuaian terhadap dua benda atau sering sering dikatakan sebagai berlawanan arah. Tes ini mengharuskan peserta untuk mencari pasangan kata yang setara dengan soal tersebut.

Soalnya memang terlihat mudah, tetapi pilihan jawaban akan membuat peserta harus berpikir dua kali. Contoh soalnya:

Kompor:Api

Jawabannya bisa Kipas:Angin

Dari soal bertipe analogi, peserta harus benar benar mengetahui jenis dan maksud dari soalnya. Sama seperti tipe soal sebelumnya, soal ini memiliki pilihan jawaban yang mirip-mirip. Sehingga, peserta harus lebih teliti lagi.

Tips Mengerjakan Tes Verbal

Dalam tes TPA online, ada beberapa tips yang bisa diikuti, diantaranya:

1. Memahami konteks dan kata kunci

Sebelum mulai menjawab, pastikan untuk membaca teks dengan saksama. Kemudian identifikasi kunci yang mungkin memberikan petunjuk terhadap inti teks. Memahami konteks umumnya dapat membantu menentukan arti kata-kata yang mungkin dikenal.

2. Berkomunikasi dengan efektif

Tes ini tidak hanya menguji kemampuan membaca, tetapi juga untuk kemampuan komunikasi tertulis. Pastikan jawaban yang diberikan jelas, ringkas, dan relevan dengan pertanyaannya.

3. Memperhatikan detail dan hubungan antar kalimat

Tes ini juga menguji pemahaman terhadap detail-detail spesifik dalam teks. Selalu perhatikan kata kunci, angka, atau informasi terperinci yang mungkin relevan dengan pertanyaan.

4. Mengelola waktu dengan bijak

Setiap pertanyaan tes ini memerlukan pemahaman yang cermat dan kehati-hatian. Pastikan untuk tidak menggunakan waktu terlalu banyak untuk satu soal saja. Bila mengalami kesulitan dalam satu soal, tinggalkan dan kerjakan soal termudah dahulu.

Itulah pembahasan sederhana mengenai materi verbal dalam tes TPA online serta tips mengerjakannya. Pastikan untuk mencermati soal sebelum memilih jawaban.