Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Untuk menghasilkan score TPA yang maksimal, harus memahami karakteristik dari jenis-jenis Tes TPA.

Materi tes TPA ada banyak jenis. Salah satunya adalah tes TPA verbal. Tes Verbal merupakan jenis tes potensi akademik yang mengasah kemampuan bahasa analisis kata seseorang.

Jenis tes verbal dibedakan menjadi beberapa macam. Antara lain soal sinonim dan hubungan kata. Biasanya tes potensi akademik dilaksanakan untuk yang mau masuk ke Perguruan Tinggi.

Guna membantu akademik dalam dirinya ketika memilih jurusan kuliah. Agar hasil dari tes TPA verbal bagus tentunya calon peserta harus menguasai semua materi TPA verbal. Mudah sekali untuk memahami semua materi tersebut. Hanya dengan rutin mempelajarinya sebelumnya hari H Anda mengikuti tes.

Pembahasan Materi Tes TPA Verbal

Materi tes TPA sendiri berisikan sebuah pembelajaran yang menjelaskan mulai dari pengertian hingga contoh soal. Sama seperti materi TPA jenis verbal dimana juga memberikan ulasanĀ  mengenai penjelasan mulai dari TPA verbal itu apa hingga pembahasan lainnya.

Jadi ketika menemukan soal kemampuan verbal, mungkin Anda pernah berpikiran mengapa harus melakukan tes rumit seorang ini? Padahal sebenarnya tes tersebut sangat penting sekali.

Apalagi dilihat dari konteks tes masuk perkuliahan ini. Dimana tes verbal ini menjadi standar bagi orang agar dianggap mampu mengikuti perjalanan ketika sedang menempuh pendidikan kuliah.

Dalam dunia perkuliahan Anda diharuskan bisa menjalani semua kegiatan penuh tugas akademis dan non akademis. Jadi sangat berperan penting sekali bukan mengikuti tes TPA verbal.

Ketika melakukan tes verbal TPA tentunya harus mempunyai tingkat fokus yang dalam. Agar bisa mengerjakan soal dengan keseluruhan. Selain itu dengan fokus dalam, Anda juga bisa menghasilkan hasil bagus.

Contoh Soal TPA Verbal

Pembahasan selanjutnya yakni mengenai contoh soal tes TPA verbal. Setelah Anda paham dan mempelajari materi dari tes TPA verbal. Kini selanjutnya Anda harus tahu contoh-contoh soal TPA verbal sebelum melakukan tes.

Pada umumnya tes TPA verbal terbagi menjadi beberapa macam untuk menguji kemampuan seseorang dalam mengolah bahasa atau kata. Antara lain analogi, sinonim, antonim.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Sinonim

Soal tipe verbal pertama yakin sinonim. Artinya soal yang mempunyai kata bermakna atau sama. Contoh soal TPA verbal sinonim membutuhkan kecermatan. Agar dapat mendapatkan jawaban tepat.

Contoh soalnya:

Legitimasi....

  • A. Penghubung
  • B. Pengaturan
  • C. Pengikat
  • D. Pengesahan

Jawaban yang benar adalah D. Pengesahan.

2. Analogi

Tipe tes Verbal kedau adalah analogi yang merupakan tes persesuaian antara dua benda atau sering dibilang hal yang belean arah. Jadi tes ini nantinya Anda diharuskan untuk mencari pasangan kata yang setara dari soal tersebut. Memang terlihat mudah, akan tetapi biasanya pilihan jawaban akan membuat Anda mikir dua kali.

Contoh soalnya:

Kompor : Api

  • A. Pohon : Daun
  • B. Makanan : Minuman
  • C. Sedih : Senang
  • D. Kipas : Angin

Jawaban yang benar adalah D. Kipas: Angin

3. Antonim

Tipe tes potensi akademik verbal ketiga ada antonim. Dimana tes ini memberikan soal yang berlawan makna atau arti kata. Tipe soal ini lebih sulit daripada tipe sinonim. Jadi sebagai pilihan jawaban sebagai sinonim kata dari soal yang diberikan. Jadi pada intinya Anda harus mengerjakan soal dengan fokus lebih agar terhindar dari kesalahan.

Contoh soalnya:

Apatis....

  • A. Acuh
  • B. Ramah
  • C. Baik
  • D. Baik

Jawaban yang benar adalah A. Acuh

Cara Mempelajari Materi Verbal

Setelah tahu contoh soal dari TPA verbal kini giliran Anda menerapkan cara mempelajari materi TPA verbal. Jika ingin lancar mengikuti tes, Anda harus belajar sebelumnya dihari tes itu berlangsung.

Caranya mudah sekali mempelajari materi TPA verbal. Anda tinggal membacanya dengan detail dan pastikan paham setiap materi tersebut. Pilihlah waktu tepat entah itu pagi, malam, dimag atau sore ingin belajar.

Karena setiap orang memilih metode pembelian yang beda. Jangan terlalu berlebihan juga ketika mempelajari materi. Sesuaikan dengan niat dan kapasitas otak saja. Memang berlebihan juga tidak bagus. Apalagi jika kekurangan sama juga tidak baik. Oleh karena itu belajar yang sedang saja.

Kini sekarang Anda sudah tahu bukan mengenai seputar materi tes TPA jenis verbal beserta contohnya. Kini giliran Anda mempelajari materinya sebelum melakukan tes.