Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Ada beberapa jenis materi tes TPA yang perlu dipahami beserta manfaat mengikuti tes ini.

Materi tes TPA sangat beragam jenisnya. TPA yakni kependekan dari Tes Potensi Akademik. Dari berbagai jenis materi tersebut mempunyai fungsi masing-masing. TPA adalah suatu tes psikologi yang sering diterapkan dalam proses rekrutmen kerja.

Baik itu untuk instansi pemerintahan atau perusahaan swasta. Bahkan sejumlah universitas serta SBMPTN pun menerapkan TPA sebagai bagian dalam proses seleksi.

Hal ini karena, tes psikologis satu ini memiliki peranan penting untuk melihat proses berpikir seseorang.

Jenis-Jenis dan Manfaat Materi Tes TPA

Untuk sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan Tes Potensi Akademik (TPA). Pada umumnya, seseorang melakukan tes ini untuk dapat mengukur seberapa tingkat penguasaan orang tersebut di bidang akademik.

Tes Potensi Akademik hadir dengan tujuan untuk mengukur bakat serta kemampuan seseorang dalam bidang akademis atau keilmuan. Baik di bidang, bahasa, sosial hingga sains.

Tes Potensi Akademik (TPA) sebenarnya identik dengan tes Graduate Record Examination (GRE) sebagai standar internasional. Sebagian besar model, materi hingga bidang yang diujikan dalam TPA sama dengan GRE.

Jenis-Jenis Materi Tes Potensi Akademik

Berikut ini jenis-jenis dari materi Tes Potensi Akademik antara lain:

1. Tes Numerik

ni merupakan jenis psikotes kerja yang memiliki fungsi untuk mengetahui kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Melalui tes ini maka dapat diketahui sejauh mana Anda dapat berpikir logis serta mampu berpikir secara terstruktur.

Di dalam tes numerik terdiri dari beberapa bagian yakni matematika berpola, aritmatika dasar, logika matematika, serta tes deret bilangan.

2. Tes Verbal

Untuk tes yang selanjutnya adalah tes kemampuan verbal. Pada tes ini Anda akan diuji sejauh mana Anda dapat menguasai perbendaharaan kata.

Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana Anda dapat memahami sebuah bacaan serta dapat memahami arti dari kata-kata tertentu.

Di dalam tes verbal dibagi menjadi beberapa tes yakni tes perbendaharaan kata, analogi, antonim, dan tes sinonim.

3. Tes Visual Spasial

Materi tes TPA selanjutnya adalah visual Spasial atau gambar. Ini merupakan salah satu materi tes yang berfungsi untuk mengukur daya logika ruang pada seseorang.

Beberapa bentuk dari soal tes spasial adalah seri gambar, padanan hubungan gambar, bayangan gambar, identifikasi gambar serta pengelompokkan gambar.

Setelah mengetahui potensi yang Anda miliki, maka manfaatkan informasi tersebut untuk membuat perencanaan karies masa depan Anda.

Dengan membuat adanya career plan, maka Anda bisa mengetahui skill serta pengalaman yang Anda butuhkan untuk melengkapi potensi Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memulai karies dengan lebih mudah.

4. Tes Logika

Ini adalah materi tes yang memiliki peranan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menalar juga memecahkan masalah secara logis.

Tes ini terdiri dari tes logika umum, logika cerita, diagram logika, hingga analisis penyajian dan inferensi (silogisme).

Manfaat Penting Tes Potensi Akademik

Perlu Anda ketahui bahwa Tes Potensi Akademik mempunyai sejumlah manfaat penting bagi kita yang antara lain:

1. Mengasah Otak dan Konsentrasi

Pada umumnya, soal yang terdapat di dalam Tes Potensi Akademik cukup simple akan tetapi mengecoh.

Selain itu, soal untuk materi Tes TPA juga komplek dan variatif sehingga menuntut kita untuk lebih bersungguh-sungguh dan lebih berkonsentrasi agar dapat memilih jawaban yang benar.

Dengan mengerjakan TPA mampu meningkatkan kemampuan otak dan melatih serta mempertajam konsentrasi peserta.

2. Mengukur Kemampuan Akademis

Sesuai dengan namanya, manfaat lain dari Tes Potensi Akademik adalah untuk mengukur sejauh mana seseorang mempunyai kemampuan akademik. Terutama pada 4 aspek penting yakni gambar, logika, matematika, dan bahasa.

3. Permudah Instansi dalam Menyaring Anggota Baru

Seperti yang telah kita ketahui bahwa TPA sering digunakan dalam penyaringan anggota baru dalam suatu instansi. Seperti SBMPTN untuk masuk Universitas Negeri.

Melalui tes ini dapat mempermudah suatu universitas dalam melihat juga menyaring calon mahasiswa yang layak untuk masuk ke dalam universitas tersebut.

Manfaat lain dalam mengerjakan materi tes TPA adalah melatih kecepatan, melatih kejujuran, membangun percaya diri, dan lain sebagainya. Selain itu, melalui tes ini, para peserta juga akan mendapatkan pengalaman tersendiri serta dapat menjadi evaluasi bagi para peserta.