Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA ini tak hanya dilakukan oleh penyelenggara program pendidikan saja, melainkan untuk perusahaan seringkali menggunakannya.

Tes TPA Online merupakan bentuk tes psikologi dan sudah banyak dimanfaatkan dalam rekrutmen pekerjaan, mulai dari instansi swasta hingga pemerintah. Bukan hanya itu saja, sejumlah universitas serta SBMPTN pun menjadikannya sebagai bagian proses seleksi. Alasannya adalah tes ini dianggap sangat penting guna melihat cara berpikir seseorang. Lalu, apa sebenarnya tes TPA ini? Mari kita simak!

Pengertian Tes TPA Online

Apakah Anda sering mendengar tentang Tes Potensi Akademik, atau justru sudah pernah mengikutinya? Jika belum, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa itu Tes Potensi Akademik Online.

TPA atau Tes Potensi Akademik adalah jenis psikotes untuk mengukur tingkat kecerdasan dan intelektual seseorang. Di negara ini, tes TPA banyak digunakan dalam rekrutmen pekerjaan, mendapatkan beasiswa, sampai untuk masuk ke universitas favorite. 

Tes ini juga dirancang sebagai cara melihat potensi secara intelektual. Tes ini juga diklaim mendasari keberhasilan menjalani pendidikan. Paling tidak, terdapat 3 aspek yang dinilai dalam tes TPA Online ini, yaitu numerikal, verbal, logika serta figural.

1. Soal Numerikal

Soal tes angka sendiri adalah untuk mengukur tingkat intelektual seseorang dengan memakai angka. Dapat dikatakan jika tes ini mampu mengukur besar kemampuan Anda dalam berpikir terstruktur serta logis matematis. 

Sejumlah soal yang nantinya akan Anda temui seperti aritmatika. Aritmatika merupakan cara menghitung dengan menambahkan sampai membagi bilangan pada soal. 

Lalu, terdapat pula soal seri numerik yaitu melogika dari persamaan angka yang ada di kolom jawaban garis. Bukan hanya itu saja, terdapat pula soal numerik cerita dengan mengharuskan Anda membaca serta menjawab secara tepat.

2. Soal Verbal

Tes TPA Online ini berfungsi sebagai alat pengukur kecerdasan berdasarkan bahasa atau kata-kata. Bentuk dari soal ini seperti persamaan kata, lawan kata, padanan kata, serta pengelompokan kata.

3. Soal Figural

Soal ini mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir memakai gambar. Pada umumnya, bentuk soal TPA ini padanan gambar, identifikasi gambar, pengelompokkan gambar, hingga bayangan gambar.

4. Soal Logika

Tujuan tes TPA Online ini adalah mengukur tingkat seseorang perihal kemampuannya menalar atau memecahkan masalah dengan masuk akal maupun logis. Biasanya, peserta seringkali terkecoh dengan tes logika seperti ini. Bentuk soal yang sering Anda jumpai nantinya adalah logika cerita, kesimpulan dan pernyataan, logika umu, hingga diagram.

Walaupun tes TPA ini terkesan simpel, namun banyak orang yang gagal. Banyak alasan yang mendasari, seperti tidak teliti, bingung menentukan jawaban, hingga kekurangan waktu. Jadi, diperlukan teknik dan trik khusus agar bisa menjawab soal dari semua pertanyaan sesuai waktu yang tersedia. 

Nah, untuk tes TPA ini memakai penilaian skor. Jadi, semakin banyaknya jawaban benar, maka Anda akan memperoleh skor yang tinggi.

Rentang Skor TPA Online

Untuk rentang nilainya sendiri dari 200 hingga 800. Karena, tes TPA Online ini adalah jenis dengan versi GRE (Graduate Record Examination). Versi ini telah diberlakukan secara internasional. Jadi, jenis soal serta tujuannya serupa.

Seperti ulasan di atas, jika rentang skor tes ini antara 200 sampai 800. Masing-masing instansi penyelenggara Tes TPA mempunyai standar sendiri. Contohnya, untuk skor akademis standar nasional adalah 500. 

Sementara skor akademis minimum untuk seleksi S2 adalah 400-500. Kemudian untuk skor lolos seleksi masuk program S3 mempunyai rentang lebih tinggi, sekitar 550 sampai 600. Skor untuk dosen yang baru demi memperoleh Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) memiliki rentang paling rendah 530. 

Tes TPA ini tak hanya dilakukan oleh penyelenggara program pendidikan saja, melainkan untuk perusahaan juga seringkali memanfaatkannya. Hal ini biasanya dipergunakan untuk para pegawai yang ingin naik jabatan.

Saat ini apabila Anda ingin mengikuti tes TPA dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan, hanya dengan modal HP, Anda bisa mengaksesnya. Aplikasi android yang kini semakin banyak menghadirkan fitur unggulan ini juga dimanfaatkan para penyelenggara tes potensi akademik ini. 

Kunjungi website resmi TEPAD untuk mencari kemudahan tentang tes TPA Online ini. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah menyiapkan proses masuk kuliah atau bekerja dimanapun tempat sesuai impian. Dengan cara tepat, maka masa depan akan terlihat cerah. Semoga bermanfaat!