Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA online merupakan tes jenis psikotes untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Jenis TPA bisa Anda temukan di bawah ini.

Tes TPA online sudah tidak asing didengar oleh anak-anak jaman sekarang. Orang-orang di perusahaan besar dan Perguruan Tinggi juga sudah familiar mengenai TPA online. Tes potensi akademik online ini juga kerap dipakai dalam berbagai bidang. Contohnya dalam bidang pendidikan, dimanfaatkan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang layak masuk atau tidak, begitu juga perusahaan besar.

Akan tetapi, jika bagi calon mahasiswa, tes TPA ini penting untuk membawanya mudah dalam memilih sebuah kejuruan sesuai dengan dirinya sendiri.

Kok bisa tes TPA mempermudah seseorang? Pastinya bisa, sebab hasil dari tes ini yang menentukan potensi sebenarnya dalam diri seseorang. Maka jangan heran jika tes ini makin dikenal dan dipilih bagi semua orang sebelum memasuki kerja atau sekolah.

Jenis Tes TPA Online Beserta Penjelasannya

Tes TPA online merupakan tes jenis psikotes untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. Di Tanah Air sendiri, TPA kerap difungsikan dalam tahapan rekrutmen kerja, tes beasiswa, sampai pada seleksi masuk ke jenjang kuliah.

TPA telah dirancang guna mengamati potensi intelektual yang dipercaya mendasari kemungkinan keberhasilan orang dalam menekuni apendidikan S3 dan S2. Tes TPA dibagi menjadi tiga bagian yakni verbal, numerikal, dan figural. Untuk tes verbal hanya memahami serta berpikir menggunakan language atau bahasa.

Adapun kemampuan numerikal yang berarti memahami serta berpikir dengan menggunakan angka. Untuk figural adalah kemampuan dalam memahami serta berpikir menggunakan gambar. Ya, meskipun pertanyaan dalam tes Potensi Akademik sederhana, banyak yang merasakan kesulitan. Pada akhirnya hanya kegagalan yang mereka rasakan.

Untuk rentang nilai TPA bisa Anda peroleh yakni 200-800. Lantara tes psikologi potensi ni merupakan versi Indonesia dari GRE (Graduate Record Examination) yang berlaku di tingkat internasional. Begitu juga jenis soal dan tujuannya sama juga.

Jenis soal tes TPA online sebagai berikut:

1. Tes Verbal

Jenis pertama TPA online adalah verbal, dimana tes ini khusus untuk mengukur kecerdasan dalam diri seseorang menggunakan kata dan bahasa. Bentuk dari soal tes verbal mencakup  antonim yakni lawan kata, sinonim yakni persamaan kata, padanan hubungan kata, hingga klasifikasi kata.

2. Tes Angka

Jenis tes angka potensi akademik mempunyai fungsi serta peran guna mengukur kecerdasan seseorang dalam bidang angka. Tes angka ini mengukur seberapa Anda berpikir terstruktur serta logis matematis. Beberapa bentuk soal tes angka antara lain aritmatika atau hitungan, seri angka, seri huruf, logika angka, dan angka dalam cerita.

3. Tes Logika

Selanjutnya tes logika mempunyai peran dalam mengukur kemampuan alias skill dalam penalaran dan penyelesaian masalah secara logis atau masuk akal. Pada umumnya, banyak orang yang akan terkecoh pada jenis soal tes TPA online satu ini. Bentuk soal tes logika bisa berupa analisis pernyataan beserta kesimpulan atau biasa disebut silogisme, logika umum, logika dalam cerita, sampai logika diagram.

4. Tes Spasial Atau Gambar

Jenis soal keempat dalam potensi akademik online yakni atau spasial atau sering disebut dengan gambar. Tes ini yang fungsinya guna mengukur daya logika ruang seseorang. Bentuk soal tes spasial atau gambar umumnya berupa padanan hubungan gambar, seri gambar, klasifikasi gambar, bayangan gambar, hingga mengidentifikasi sebuah gambar.

Selanjutnya ketika Anda tahu potensi dalam diri sendiri, memanfaatkan informasi tersebut guna membuat perencanaan karir masa depan Anda. Jadi dengan membuat career plan Anda jadi mengetahui skill serta pengalaman apa yang Anda butuhkan guna melengkapi potensi Anda. Agar dapat memulai karir dengan lancar.

Jadi, itu tadi jenis tes TPA online yang harus Anda ketahui sebelum Anda ikut tes sebenarnya. Setiap jenis tes TPA pastinya memberikan soal yang beda. Begitu juga penjelasan masing-masing dari tes potensi akademik.

Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa tes potensi akademik berguna untuk karyawan atau proses seleksi mahasiswa perguruan tinggi.

Tes ini juga bisa menjadi tolak serta ukur dari kemampuan berpikir seseorang. Jadi melalui tes ini pasti saja akan mempermudah suatu perusahaan atau perguruan tinggi selama proses seleksi seseorang layak atau berbakat.

Kini sudah tahu bukan mengenai jenis-jenis Tes TPA online yang penting banget bagi potensi diri dalam seseorang. Pahami dan baca artikelnya agar lebih jelas sebelum Anda mengikuti tes.