Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Ada beberapa bentuk tes TPA. Pada dasarnya tes TPA dikeluarkan berdasarkan teori GRE yang membagi tes TPA kedalam beberapa subtes.

Mengenal materi tes TPA Online penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk Anda yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi dengan jalur SBMPTN atau yang ingin naik jabatan dalam perusahaan. Karena, biasanya tes ini menjadi salah satu persyaratan untuk lolos seleksi. 

TPA menjadi tes psikologi yang berguna mengukur kemampuan intelektual dan cara berpikir peserta. Oleh karena itu, agar dapat lolos, maka harus dipersiapkan lebih dini. Sehingga, nantinya hasil tes TPA akan menjadi bahan pertimbangan langkah selanjutnya. 

Cara mempersiapkannya adalah dengan mempelajari materi apa saja yang biasa keluar dalam soal TPA. Nah, jika sudah terbiasa dengan sosl-soal materi sebelumnya, kedepannya Anda akan dengan mudah mengerjakan soal tes.

Berbagai Materi Tes TPA Online

TPA atau Tes Potensi Akademik biasanya akan berisi sejumlah materi. Materi ini berupa tes gambar, verbal, dan ada numerik. Sedangkan untuk menyelesaikan semua materi tersebut Anda memerlukan kemampuan berlogika. nantinya, kemampuan Anda dalam berbahasa dan komunikasi juga akan dibahas dalam tes ini.

Nah, sisi dari skill Anda ini akan terlihat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah materi TPA Online beserta ulasannya yang wajib Anda ketahui.

1. Jenis TPA Online Tipe Gambar

Materi yang pertama adalah dengan tes gambar. Pada soal, biasanya Anda akan dihadapkan dengan pola soal gambar. Nantinya Anda akan diharuskan berpikir bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. Pada masing-masing soal terdapat level kesulitan berbeda-beda. 

Nantinya soal terbagi menjadi pola berbeda, yakni lipat-lipat, 9 gambar, benda, kelanjutan, analogi, serta sifat gambar. Untuk pola kelanjutan, tips yang wajib Anda ketahui adalah mengerti benar mengenai pola sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat meneruskan pola selanjutnya. 

Kemudian, pola 9 gambar mengharuskan Anda dapat membaca gambar tersebut per baris soal. Seperti saat Anda membaca gambar dan menemukan kotak 1 atau 2. Pada pola lipatan, Anda wajib bisa menemukan yang sesuai jaring-jaringnya.

2. Jenis TPA Online Tipe Verbal

Materi tes TPA Online selanjutnya adalah tipe verbal. Dalam tipe soal ini, Anda perlu mempelajari sinonim, analogi, serta antonim. kemudian, Anda akan diberi soal yang mengarah ke analogi antara benda-benda berlainan. Anda wajib mencari pasangan kata-kata tersebut. 

Contohnya, seperti lokomotif dan gerbong. Dalam soal ini, mempunyai kata kunci lokomotif yang menarik gerbong, sama dengan kuda yang menarik delman. Terdapat tips yang penting diperhatikan, yakni menjawab dengan mencari hubungan dua kata tersebut. 

Kemudian, untuk jenis sinonim, misalnya kata hasutan mempunyai sinonim kata agista. selanjutnya, jenis antonim adalah Anda wajib mencari lawan kata dari soal yang disebutkan. Misalnya terdapat kata malas, maka jawabannya adalah rajin. Karena rajin adalah kata yang berlawanan dari malas. Seperti itu selanjutnya hingga soal selesai Anda kerjakan. Mudah bukan?

3. Jenis TPA Online Tipe Numerik

Untuk tipe numerik sendiri perlu pemahaman khusus. Karena, tipe soal ini merupakan soal matematika secara dasar. Tak menutup kemungkinan jika tipe ini sulit karena berhubungan dengan perhitungan aritmatika. Padahal, tes TPA Online ini nantinya hanya akan membahas tentang matematika dasar. 

Dalam mengerjakan tes ini, nantinya Anda akan menghitung. Sehingga diperlukan keahlian serta kreativitas agar tidak mudah terkecoh. Belajar kembali pelajaran matematika dasar dapat menjadi kunci dalam menjawab soal-soal ini nantinya. 

Contoh, ada perbandingan harga A dengan B, yakni 200:40. Maka, cara menjawabnya adalah dengan membuat kedua angka tersebut menjadi pecahan kecil. Sehingga jawabanya adalah 5:1.

4. Jenis TPA Online Tipe Logika

Materi tes yang selanjutnya adalah logika. Tes ini berguna untuk mengetahui kemampuan Anda dalam penalaran serta memecahkan suatu masalah. Biasanya, soal-soal yang tersaji terlihat mudah, namun jangan terkecoh, ya. 

Anda perlu sungguh-sungguh memilih jawaban mana yang tepat diantara semua pilihan yang kemungkinan tepat. Sehingga, dengan kondisi tersebut Anda memerlukan ketelitian dan latihan soal. Nah, sudah saatnya Anda berlatih banyak soal agar lolos dengan skor tinggi.

Penutup

Tes TPA Online memang dibuat untuk mempermudah Anda mengikuti ujian sesungguhnya. Saat Anda mengikuti tes ini, maka akan lebih siap. Soal untuk latihan biasanya mirip dengan yang asli. Bahkan, kemungkinan ada soal yang benar-benar mirip saat latihan.

Jadi, perbanyak untuk latihan mengerjakan soal. Karena dengan semakin banyak soal yang Anda kerjakan, maka akan lebih terbiasa dengan segala jenis soal dari keempat materi tersebut diatas.

Untuk Anda yang ingin berlatih mengerjakan soal tes TPA Online, maka dapat mengunjungi website TEPAD yang memberikan fasilitas kemudahan bagi Anda dalam mengerjakan tes.