Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Pada dasarnya, materi tes TPA dapat dibagi kedalam 4 bagian yaitu verbal, logika, numerik dan spasial.

Materi tes TPA dibedakan menjadi beberapa jenis dan juga mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda juga. Seperti yang kita ketahui, tes TPA atau Tes Potensi Akademik biasanya digunakan sebagai tes untuk mengukur kemampuan para peserta. Tes ini juga sering dimanfaatkan para perusahaan untuk merekrut karyawan.

Tak hanya itu saja, tes TPA juga kerap digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi. Nah, jika kamu ingin mengenal lebih dalam terkait tes TPA ini, silahkan simak jenis-jenisnya berikut ini.

Jenis-Jenis Materi Tes TPA

Tes Potensi Akademik atau TPA dalah bagian dari psikotes yang punya andil untuk mengukur seberapa tingkat kecerdasan intelektual para peserta tesnya. Seperti yang sudah dijelaskan, tes TPA ini sering digunakan perusahaan untuk merekrut karyawan maupun perguruan tinggi dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa.

Untuk jenis-jenisnya sendiri terbagi menjadi beberapa tipe dan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini serangkaian jenis-jenis materi yang diujikan dalam TPA.

1. Tes Verbal

Tes verbal adalah jenis tes untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam bentuk kata-kata maupun bahasa. Semisal seperti persamaan kata atau sinonim, lawan kata antonim, padanan hubungan kata, hingga pengelompokkan kata.

2. Tes Logika

Jenis materi tes TPA yang satu ini mempunyai fungsi yang mengarah pada kemampuan seseorang dalam bidang penalaran maupun pemecahan masalah secara logis dan yang masuk akal.

Biasanya, banyak peserta yang mengikuti jenis tes TPA ini selalu terkecoh pada bentuk soalnya. Hal ini lantara bentuk dari soal tes logikanya mencakup logika umum, analisis pernyataan serta kesimpulan (silogisme), logika cerita, serta logika diagram.

3. Tes Numerik

Tes TPA jenis Numerikal mempunyai bentuk soal yang mengarah untuk mengukur kecerdasan seseorang dengan angka-angka. Pada umumnya, tes ini akan mengukur kemampuan para peserta supaya bisa berpikir logis serta matematis. Contoh-contoh soalnya seperti seri angka, aritmatik, dan lain sebagainya.

4. Tes Spasial/Gambar

Jenis tes TPA yang terakhir yaitu tes spasial/gambar. Tes yang satu ini sering digunakan untuk mengukur kecerdasan para peserta dengan wujud soal yang berkaitan dengan seri gambar, hubungan gambar, dan lain sebagainya.

Tips Sukses Mengerjakan Tes TPA

Setelah mengetahui jenis-jenis materi tes TPA, tentunya kamu juga harus mempunyai strategi supaya bisa mudah untuk menjawabnya. kamu juga perlu berlatih dan belajar untuk mempersiapkan tes TPA yang sesungguhnya. Nah, berikut ini serangkaian tips yang bisa kamu coba supaya bisa sukses mengerjakan soal-soal TPA.

1. Berlatih Simulasi Tes TPA dengan Berulang Kali

Tips pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menghadapi tes TPA yang sesungguhnya yaitu rajin berlatih. Kamu bisa memulai mengerjakan soal-soal dari buku khusus atau juga bisa mengikuti simulasi TPA secara online.

Saat ini sudah ada banyak sekali platform yang menyediakan simulasi TPA, jadi kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Semakin sering kamu melakukan simulasi TPA, maka semakin terbiasa juga untuk menjawab soal-soal TPA yang sesungguhnya.

2. Cari Referensi Strategi Menjawab Soal TPA Berdasarkan Jenisnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, materi tes TPA terbagi menjadi 4 bagian, yakni logika, numerik, verbal, serta gambar. Nah, supaya kamu bisa mengerjakan semua jenis tes tersebut, tentu mencari strategi pengerjaan juga sangat dibutuhkan.

Jadi, ketika kamu mempunyai strategi untuk menjawab, tentunya akan semakin mempermudah pengerjaan walaupun dibatasi dengan waktu yang tidak lama.

3. Istirahat Cukup Ketika Menjelang Tes

Jika sudah mendekati jadwal untuk TPA yang sesungguhnya, sebaiknya kamu jangan belajar terlalu keras. Pastikan memberi jeda untuk mengistirahatkan otak supaya bisa lebih rileks.

Sebab, jika sudah mendekati jadwal, dan kamu masih terus belajar dengan keras, bisa saja akan menurunkan fit tubuh kamu. Untuk itu, kamu bisa meluangkan waktu untuk refreshing, bermain, atau kegiatan lain yang bisa menenangkan pikiran.

4. Konsentrasi Saat Mengerjakan

Ketika sudah menghadapi tes TPA yang sesungguhnya, kamu juga harus selalu berkonsentrasi. Biasanya, ketika ingin memulai mengerjakan soal, tentu kita akan merasa gugup.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu perlu membuang jauh-jauh keresahan tersebut. Kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan supaya membuat hati lebih rileks. Selain itu, ketika sudah mulai mengerjakan, pastikan jawab soal yang lebih mudah dahulu.

Nah, itulah serangkaian penjelasan terkait jenis-jenis materi tes TPA beserta tips sukses menjawabnya. Dengan mengetahui penjelasan di atas serta juga menerapkan beberapa tips-tipsnya, tentu akan sangat membantu kamu untuk meraih nilai yang memuaskan. Yang terpenting yaitu kamu harus konsisten dan tetap berusaha.