Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Ada beberapa jenis materi tes TPA, salah satunya adalah tes spasial. Tes Spasial ini juga dapat dibagi kedalam beberapa subtes.

Tes potensi akademik menjadi salah satu tes psikologi yang cukup banyak digunakan dengan manfaat dan tujuan berbeda. Tes ini sendiri dirancang untuk melihat kompetensi intelektual dalam diri seseorang. Karena itulah banyak yang mempelajari materi tes TPA dengan sungguh-sungguh.

Dalam tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan ini memiliki beberapa jenis, salah satunya tes spasial. Apa saja jenis tes TPA ini dan apa tes spasial itu? Berikut ini kita akan membahas seperti apakah jenis tes tersebut.

Materi Tes TPA, Jenis Soal yang Dipakai Ada Tes Spasial

Tes potensi akademik terbagi dalam 4 subtes. Berikut ini penjelasan lengkap tentang jenis tes TPA.

Jenis Tes TPA

1. Tes bahasa atau verbal

Terbagi menjadi 4 bidang bahasa, yakni:

  • Tes lawan kata atau antonim.
  • Tes persamaan kata atau sinonim.
  • Tes pengelompokan kata.
  • Tes padanan kata.

2. Tes angka atau numerik

Terbagi menjadi 5 bidang, yakni:

  • Tes angka pada cerita.
  • Tes logika angka.
  • Tes deret atau seri angka.
  • Tes seri huruf.
  • Tes hitungan atau aritmatika.

3. Tes logika

Terbagi menjadi 4 bidang, yakni:

  • Tes logika cerita.
  • Tes logika diagram.
  • Tes logika umum.
  • Tes silogisme.

4. Tes spasial

Ada 4 bidang pada tes spasial, yakni:

  • Tes bayangan gambar
  • Tes padanan gambar
  • Tes kelompok gambar
  • Tes identifikasi gambar

Kali ini kita akan membahas materi tes TPA lebih lanjut dengan jenis tes spasial. Tes ini sendiri tidak hanya penting untuk pelamar lowongan pada bidang desain. Karena tes spasial juga dapat menguji skill yang dibutuhkan oleh semua pekerjaan. Sehingga recruiter menggunakannya untuk menyaring berbagai kandidat.

Tes Spasial

Tes spasial sendiri merupakan suatu tes pengujian kemampuan manipulasi dari sebuah objek. Objek ini bisa berbentuk dua dimensi, tetapi ada juga yang berupa tiga dimensi. Ujian dari tes ini bisa berbeda-beda, diantaranya:

1. Mengubah Bentuk 2 Dimensi Menjadi 3 Dimensi

Pada materi ini akan disajikan sebuah jaring-jaring kubus. Misalnya dengan terdapat kotoran pada bagian jaring tersebut. Secara otomatis saat kubus dibentuk, kotoran tersebut akan tetap ada.

Nanti akan disajikan sebuah jaring-jaring kubus lalu peserta tes diharuskan memilih bentuk kubus yang jadi secara tepat. Ada pola yang perlu untuk diperhatikan.

2. Memilih Gambar yang Sama

Anda juga akan menemukan tes pemilihan gambar yang sama. Nanti akan disajikan gambar tertentu yang dapat diputar-putar. Tampilan dari gambar tersebut akan menjadi berbeda, meskipun gambarnya sama saja.

Dalam jenis soal ini Anda diharuskan memilih pasangan kembar dari sebuah gambar. Tentunya pasangan gambar tersebut sudah diputar sebelumnya.

3. Pencerminan

Saat sedang bercermin, pada bagian kanan dan kiri objek akan menjadi tertukar. Terdapat 1 objek yang dihadapkan dengan cermin, kemudian Anda harus memilih bayangan yang tepat.

4. Bongkar-Pasang Bentuk

Contoh soalnya Anda akan disajikan kertas dengan bentuk persegi panjang. Kemudian Anda memotong-motong kertas tersebut menjadi bermacam bentuk. Apapun bentuk potongannya tetap bisa disatukan kembali.

Nantinya potongan tersebut akan membentuk persegi panjang dengan ukuran pada awalnya.. Nantinya Anda akan diminta untuk memilih potongan-potongan yang dapat membangun gambar tersebut.

5. Hubungan Gambar

Materi tes TPA yang selanjutnya ini hubungan dari gambar. Contoh soalnya nanti Anda akan diberikan kertas, kain, dan tembok dengan huruf A. Tentunya huruf A tersebut terdapat di ketiga objek, tidak mungkin ada huruf F yang tertera.

Sederhananya, hubungan gambar menggunakan logika. Jika Anda memberikan sebab pada objek, maka akan terjadi akibat. Karena hal tersebutlah menjadi dasar dari jenis tes spasial ini. Anda diharuskan memilih sebuah akibat. Namun sebab ini dijelaskan ke dalam bentuk gambar.

6. Menghitung Jumlah Kubus

Anda nantinya akan diberikan gambar kubus yang ditumpuk. Kemudian Anda akan diminta untuk menghitung jumlahnya.

7. Memilih Gambar Identik

Terakhir materi tes TPA dari tes spasial ini ada pemilihan gambar identik. Nantinya Anda akan diminta untuk memilih sepasang gambar yang sama persis.

Demikianlah materi tes TPA, terutamanya dalam tes spasial. Materi ini bisa menjadi acuan belajar untuk tes TPA agar lebih maksimal lagi. Semoga membantu.

Artikel berhubungan: