Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Untuk menghasilkan skor yang maksimal, perlu mengetahui bentuk soal ataupun contoh soal materi tes TPA sebelum mengikuti tes.

Materi tes TPA atau Tes Potensi Akademik pastinya akan sangat dibutuhkan mereka yang baru ingin mendaftar kuliah melalui jalur SBMPTN. Tes ini  memang akan menjadi salah satu tes yang harus diikuti untuk melaksanakan seleksi masuk perguruan tinggi.

Tes Potensi Akademik juga merupakan salah satu tes psikotes yang biasanya digunakan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan berpikir dan kecerdasan intelektual peserta. Karena itu, dalam melakukan tes ini harus dipersiapkan sebagai mungkin. Sebab, nantinya hasil tes ini akan digunakan sebagai bahan pertimbangan.

Jadi, sudah seharusnya Anda mempersiapkannya dengan mempelajari contoh-contoh soal beserta pembahasannya. Apabila Anda sudah terbiasa memecahkan soal latihan, maka diharapkan nantinya saat proses test berlangsung, Anda akan jauh lebih mahir karena melewati berbagai persiapan terlebih dahulu.

Pembahasan Lengkap Mengenai Materi Tes TPA

Tes TPA biasanya terdiri dari materi berupa tes verbal, gambar, dan numeric, dan untuk menyelesaikannya sudah pasti membutuhkan logika. Nantinya kemampuan berbahasa dan berkomunikasi akan dibahas melalui tes ini. Sisi kemampuan Anda dalam memecahkan masalah juga akan terlihat.

Untuk materi numeric biasanya yang diujikan berupa tes matematika dasar untuk menguji sepaham apa Anda dengan materi ini. Lebih jelasnya berikut ini beberapa materi tes potensi akademik beserta pembahasannya yang harus Anda ketahui.

Tes Potensi Akademik Tipe Verbal

Materi tes TPA yang pertama seringkali disebut dengan materi tes verbal. Nantinya Anda harus mempelajari tentang analogi, sinonim, dan antonim. Dalam analogi Anda akan diberi soal tentang persesuaian antara dua benda yang berlainan atau Anda harus mencari pasangan dari kata tersebut.

Misalnya seperti kata gerbong dan lokomotif. Soal ini memiliki kata kunci gerbong yang ditarik oleh lokomotif sama dengan delman yang ditarik kuda. Tips penting untuk menjawab jenis tes ini adalah dengan mencari tahu hubungan dari kedua kata tersebut.

Kedua adalah sinonim, contohnya kata agista memiliki sinonim hasutan. Jenis soal ini mungkin jauh lebih mudah untuk Anda pahami. Terakhir adalah soal antonim atau lawan kata misalnya seperti rajin yang memiliki lawan kata malas.

Tes Potensi Akademik Tipe Gambar

Materi tes TPA selanjutnya adalah tes dengan gambar. Biasanya Anda akan dihadapkan dengan soal pola gambar yang mengharuskan Anda berfikir. Anda harus tahu bagaimana cara memecahkan soal tersebut. Nah, pada setiap soal memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Soal ini terbagi dalam pola kelanjutan, pola benda sendiri, pola 9 gambar, gambar lipat-lipat, analogi gambar, dan pola sifat gambar. Untuk soal pola kelanjutan, tipsnya Anda harus tahu pola-pola sebelumnya untuk bisa melanjutkan pola berikutnya.

Pola 9 gambar Anda perlu membaca gambarnya pada soal per baris. Misalnya ketika Anda membaca gambar per baris Anda akan menemukan pola di kotak 1 dan 2. Untuk gambar lipat-lipat Anda harus bisa menemukan gambar yang sesuai dengan jaring-jaringnya.

Tes Potensi Akademik Tipe Numerik

Materi tes TPA selanjutnya adalah materi tes numeric. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya soal ini berisi soal matematika dasar. Mungkin sebagian orang merasa tipe soal ini sulit karena, berhubungan dengan aritmatika, padahal yang dibahas adalah matematika dasar.

Namun, saat Anda mengerjakan soal tipe numeric kreativitas dan keahlian Anda dalam menghitung harus ditingkatkan agar Anda tidak mudah terkecoh. Anda bisa kembali belajar mencari soal-soal matematika dasar terutama aritmatika untuk bisa menjawab soal-soal ini.

Contohnya terdapat perbandingan harga barang A dengan barang B yaitu 200:40 cara menjawabnya Anda bisa membuatnya menjadi pecahan kecil. Jawaban dari soal ini adalah 5:1. Selain contoh ini tentu masih banyak lagi contoh soal TPA tipe numerik yang harus Anda pelajari.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa contoh soal TPA yang bisa Anda pelajari sebelum menghadapi tes SBMPTN untuk masuk perguruan tinggi idaman. Jika ingin hasil yang terbaik, pastinya Anda harus belajar dengan baik.

Materi tes TPA memang tidak terlalu banyak. Namun, tes ini mengharuskan Anda untuk berpikir kreatif dan teliti agar bisa menjawab semua soalnya. Jadi tidak ada salahnya jika Anda belajar mulai dari sekarang untuk mendapatkan hasil terbaik.