Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Materi tes TPA penting dipelajari untuk meningkatkan Skill dan pengetahuan secara umum.

Materi tes TPA berorientasi pada kecakapan intelektual, yakni skill berpikir ilmiah sebagai pengembangan dari kecakapan generic life skill. Skill akademik ini akan sangat mempengaruhi kehidupan kita, baik ketika masih sekolah maupun memasuki jenjang perguruan tinggi.

Bahkan ada banyak manfaat dengan memiliki kemampuan akademik yang baik ketika terjun di dunia kerja. Tak heran apabila kini proses rekrutmen karyawan baru, pengajuan beasiswa, hingga promosi naik jabatan harus melewati beberapa tahapan, termasuk tes TPA

Kecakapan dalam Materi Tes TPA

Selain sebagai standar mengukur skill akademik seseorang, tes TPA juga menjadi salah satu standar rekrutmen karyawan baru. Apabila hasil tes baik, maka Anda berpeluang besar diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut. 

Dengan skill akademik yang baik, memungkinkan seseorang menilai suatu permasalahan yang muncul kemudian menemukan solusinya. Kecakapan dalam materi tes TPA itu sendiri meliputi: 

Mengidentifikasi Variabel

Suatu variabel perlu diidentifikasi secara jelas dan tegas sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman yang dimaksud adalah dalam hal pengumpulan dan pengolahan data serta pengujian hipotesis. Adapun indikator dalam tes TPA meliputi aspek verbal, numerikal (kuantitatif), dan penalaran (figural).

Merumuskan Masalah

Menyusun rumusan masalah tidak boleh sembarangan. Sebuah penelitian yang hadir tanpa adanya rumusan masalah tidak akan membuahkan hasil apapun. Kedepannya, rumusan masalah inilah yang menjadi dasar untuk menemukan solusi dari masalah yang sudah ada.

Membuat Hipotesis

Dalam hal ini, materi tes TPA masih berupa dugaan karena kebenarannya masih bersifat sementara sehingga harus dibuktikan. Pembuktiannya pun berdasarkan data-data yang dilanjutkan ke prosedur penelitian. Tentu saja dalam pembuatannya juga sesuai rumusan masalah yang ada.

Merancang dan Meneliti untuk Pembuktian Terhadap Ide atau Gagasan

Kecakapan skill akademik selanjutnya adalah merancang kemudian meneliti data sebagai langkah pembuktian terhadap ide atau gagasan yang muncul.

Dengan kecakapan akademik tersebut, maka karyawan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Dan, perusahaan pasti membutuhkan karyawan dengan potensi akademik yang tinggi.

Selagi masih ada waktu, jangan malas untuk menggali pengetahuan dan wawasan seluas-luasnya. Meski hanya sebagai tes pelengkap, tetapi materi tes TPA efektif mengetahui kemampuan dan potensi diri.

Indikator Variabel Tes Potensi Akademik

Penalaran tes akademik hanya memuat 3 indikator yang menjadi domain pengukurannya. Ketiga indikator tersebut meliputi:

Indikator Verbal

Kemampuan ini mengarah pada skill pemahaman dan penalaran menggunakan bahasa. Setidaknya, ada 3 sub tes dalam indikator verbal, yakni sinonim, antonim, dan hubungan korelasi 2 hal yang berlainan. Aspek penilaiannya juga meliputi pemahaman menjawab soal sesuai wacana yang disuguhkan.

Indikator Numerik atau Kuantitatif

Dari namanya saja Anda tentu tahu bukan jika kemampuan akademik ini lebih mengarah pada penalaran menggunakan angka. Pola soal tes TPA meliputi deret aritmatika, bangun ruang, rasio, matriks, hingga soal cerita.

Indikator Penalaran atau Figural atau Penalaran

Pada materi tes TPA menggunakan indikator penalaran, peserta harus memiliki kemampuan memahami dan bernalar berdasarkan gambar. Selain itu, pola tes juga menyuguhkan kemampuan seseorang memahami pola serta berbagai konsep abstrak.

Mengapa Tes TPA Penting?

Agar lebih mantap mengikuti tes, ada baiknya Anda mengetahui alasan pentingnya terlebih dahulu. Alasan paling esensi tentu saja bisa memberikan gambaran tentang skill akademik yang ada dalam diri setiap peserta. Peserta tes bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan diri mereka dalam mengolah skill akademik.

Bagi calon mahasiswa, ini akan sangat membantu mereka agar tidak salah memilih jurusan kuliah. Kasus ini memang sering terjadi.

Meskipun demikian, tetap harus mempertimbangkan hal lain sebagai penunjang. Ini karena materi tes TPA memang bukan satu-satunya faktor untuk menjadi bahan pertimbangan.

Setelah mengetahui kelemahan mereka memahami kemampuan akademik, memungkinkan peserta tes TPA untuk belajar lebih baik lagi dan seefisien mungkin. Bukan tidak mungkin mereka akan lebih fokus belajar.

Inilah yang dimaksud bahwa tes TPA membantu menunjang skill akademik secara umum. Mereka menggunakan tes TPA sebagai mediasi untuk mengembangkan kemampuan belajar.

Penasaran dengan materi tes TPA? Untuk mendapatkan hasil tes reliabel dan sesuai, jangan salah memilih penyedia penyelenggara tes. Perhatikan alat tes yang digunakan.