Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Sebelum mengerjakan tes potensi akademik online, Anda tentunya perlu mengetahui apa saja kategori dan materi yang akan diujikan.

Tes potensi akademik online dapat membantu Anda yang ingin lulus ujian TPA sesungguhnya. Tidak hanya itu saja, tes TPA sendiri menjadi hal yang penting untuk kita usahakan. Karena dengan lulus tes ini, kita bisa mendapatkan besar untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan.

Materi Tes Potensi Akademik Online yang Perlu Dipelajari

Supaya bisa lulus tes ini, kita perlu mengetahui dahulu apa materi yang akan diujikan. Bagaimana sistem pengerjaannya, peraturan, dan lain sebagainya. Tes TPA online didesain hampir mirip dengan tes TPA konvensional dengan hanya beberapa perbedaan saja.

Meski menggunakan metode pengerjaan yang berbeda, materi tes TPA online yang diujikan sama. Sehingga kita bisa merasakan sensasi ujian sesungguhnya. Untuk mengerjakan semua materi, Anda memerlukan kemampuan berlogika, berbahasa, dan komunikasi yang akan dibahas.

Sebagai Alat Pengukuran Kemampuan

Hadirnya tes potensi akademik online dapat membantu mengukur diri secara bertahap. Proses pelatihan materi berbasis akademik dapat membantu bagi Anda yang memiliki ingatan jangka pendek. Apalagi bila Anda memiliki jeda waktu belajar sebelumnya. Kemampuan dalam materi TPA yang dibutuhkan menjadi kunci sukses pengerjaan soal.

Sehingga, Anda tidak akan merasa rugi dengan mengetahui kemampuan diri sendiri sedini mungkin. Mengetahui materi tes TPA online bisa membantu melancarkan pengerjaan soal. Setiap tahunnya, materi dan soal mengalami banyak perkembangan serta update. Karena itu, lebih baik bila Anda terus memperbarui informasi.

Jenis Materi Tipe Verbal

Materi soal tes potensi akademik online yang pertama ini Anda perlu mempelajari analogi, sinonim, dan antonim. Anda akan diberikan soal yang mengarah ke analogi, antara benda-benda berlainan. Kemudian Anda wajib mencari pasangan dari kata-kata tersebut.

Tips untuk menjawab soal analogi, Anda bisa menjawab dengan mencari hubungan dari dua kata yang tersaji. Untuk jenis antonim bisa berlawanan kata dan sinonim persamaan kata. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang dalam bidang bahasa.

Jenis Materi Tipe Logika

Materi yang selanjutnya ini berguna untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam penalaran dan memecahkan suatu masalah. Biasanya, soalnya terlihat mudah tetapi jangan sampai Anda terkecoh. Anda harus benar-benar memilih jawaban yang paling tepat diantara jawaban yang kelihatannya tepat. Dalam tes ini, Anda membutuhkan ketelitian dan memiliki penalaran yang bagus.

Pastikan Anda sudah melatihnya dengan belajar sebelumnya. Sehingga Anda bisa mengetahui apa yang dimaksud dalam soal. Biasanya, sistem-sistem soalnya hampir sama, Anda hanya perlu mengetahui sistem soal dan cara mempelajarinya.

Jenis Materi Tipe Gambar

Biasanya, Anda akan dihadapkan dengan pola soal bergambar. Anda diharuskan berpikir cara menyelesaikan soal tersebut dengan setiap level soal memiliki kesulitan berbeda-beda. Soal akan terbagi menjadi beberapa pola berbeda, yakni 9 gambar, benda, analogi, sifat gambar, lipat-lipat, dan kelanjutan.

Materi tes potensi akademik online tipe ini mengharuskan Anda untuk lebih teliti. Anda harus memahami gambar-gambar yang ada di soal. Anda juga perlu mengetahui posisi, alur, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menjawabnya dengan tepat.

Tes Numerik atau Angka

Materi yang terakhir ini berhubungan dengan angka dan bertujuan untuk mengukur kecerdasan mengenai angka. Materi ini memerlukan pemahaman khusus. Karena tipe sial ini merupakan soal matematika dasar dan tidak menutup kemungkinan tipe ini sulit. Dengan mengerjakan soal ini, Anda akan menghitung yang memerlukan keahlian dan kreativitas supaya tidak mudah terkecoh.

Belajar kembali mengenai pelajaran matematika dasar yang menjadi kunci dalam menjawab soal-soal ini nantinya. Selain itu, pelajari juga tentang deret, logika, seri angka, angka dalam cerita, dan lain sejenisnya. Jadi, pastikan untuk memahami masing-masing materi tersebut.

Penutup

Tes TPA berbasis online dirancang untuk mempermudahkan Anda dalam mengikuti ujian yang sesungguhnya. Saat mengikuti tes Anda bisa menjadi lebih siap untuk materinya. Terkadang, soal untuk latihan mirip dengan yang asli. Bahkan, ada kemungkinan terdapat beberapa soal yang benar-benar mirip seperti soal latihan.

Dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal tes potensi akademik online. Anda akan lebih terbiasa dengan segala jenis soal dari keempat materi tersebut. Anda bisa mengunjungi website TEPAD untuk berlatih soal dan memberikan kemudahan saat mengerjakan soal.