Tes TPA Online

Tes TPA online lengkap dengan soal-soal yang menantang. Dapatkan hasil langsung dan sertifikat resmi.

Tes TPA online, siapa yang masih belum tahu? Tenang, jangan khawatir karena kali ini kita akan bahas bersama mengenai pengertian hingga panduan persiapan sebelum tes. Langsung saja kita simak ulasan informasi di artikel berikut.

Pengertian dan Materi Tes TPA Online

TPA merupakan tes psikologi guna mengungkap apa yang telah seseorang capai secara intelektual. Karena dengan mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi atau rendahnya nilai TPA akan menggambarkan level kecerdasan orang tersebut. Sementara untuk materinya sendiri, TPA memiliki setidaknya 4 subtes. Di bawah ini penjelasan detail mengenai keempat subtes, antara lain:

Tes Bahasa (Verbal)

Harry Tolley menjelaskan bahwa keterampilan dalam membaca dan memahami kalimat tertulis merupakan salah satu bentuk cara untuk melihat kemampuan seseorang. Subtes TPA satu ini juga erat kaitannya dengan tes kognitif, kecerdasan dan psikometri. Sengaja dirancang guna mengetahui seberapa jauh seseorang menggunakan bahasanya secara efektif dengan bahasa baku. Masih terbagi lagi menjadi 4 tes, yakni:

  • Tes antonim, berisi perintah agar peserta mencari lawan kata pada soal yang tersedia.
  • Tes sinonim yang mana peserta tes harus mencari satu kata yang menjadi persamaan kata pada soal.
  • Tes pengelompokan kata, yaitu meminta peserta untuk mencari satu kata yang tidak termasuk kategori sejenis.
  • Tes padanan, berisi perintah kepada peserta untuk mencari satu kata yang sesuai dengan pasangan pada soal.
Tes Angka (Numerik)

Berbeda dengan materi tes TPA online bahasa, subtes angka atau numerik ini terbagi menjadi 5 bidang. Pertama, tes angka pada cerita yang mana mengharuskan Anda membaca sebuah cerita. Barulah kemudian menjawab sesuai kehendak yang tertera dalam soal. Kedua, yaitu tes logika angka. Berisi perintah untuk menalar persamaan angka yang tersedia secara logis

Tes ketiga, seri huruf. Dalam subtes ini Anda perlu menjawab huruf selanjutnya yang rumpang pada deret huruf. Keempat, deret atau seri angka. Meminta Anda guna menjawab bilangan lanjutan dari serial angka yang biasanya memiliki pola tertentu. Lalu tes terakhir, yakni aritmatika yang meminta peserta untuk menghitung dengan menambah, mengurang, mengali atau membagi bilangan dalam soal.

Tes Logika

Selisih satu dengan tes angka, logika terbagi menjadi 4 bidang. Pertama, logika diagram yang berisi perintah bagi peserta untuk menginterpretasikan suatu diagram. Kedua, logika cerita. Pada tes ini Anda harus membaca suatu cerita lebih dulu agar bisa menjawab soal berikutnya.

Ketiga, tes silogisme yang meminta peserta untuk menyatakan apakah pernyataan dan kesimpulan dalam soal sudah benar atau belum. Keempat, yaitu logika umum yang meminta peserta untuk menalar suatu pernyataan yang logis dengan cepat.

Tes Gambar (Spasial)

Tes TPA online satu ini terdiri dari 4 bidang dengan urutan pertama adalah padanan gambar. Di sini peserta harus mampu mencocokkan gambar sesuai pertanyaan dengan jawaban yang ada. Tes kedua, bayangan gambar yang mengharuskan peserta untuk bisa menalar bagaimana gambar akan dicerminkan pada suatu bayangan.

Lalu ketiga ada tes kelompok gambar. Meminta peserta mengelompokkan suatu gambar sesuai kondisi atau kategori sama dengan yang berbeda pada jawaban. Terakhir, identifikasi. Pada tes ini Anda perlu mengidentifikasi gambar apa yang tertera dalam soal atau jawaban.

Persiapan Sebelum Pelaksanaan Tes

Pertama siapkan perangkat Anda, baik itu komputer, laptop maupun handphone. Tak lupa pula, pastikan ketersediaan koneksi internet. Kemudian cek, apakah browser sudah terupdate dalam versi terbaru atau belum.

Setelah itu, pastikan perangkat yang Anda gunakan memiliki kamera yang berfungsi. Sebab, pelaksanaan TPA online memerlukan akses kamera. Untuk tempat pelaksanaannya sendiri, bisa Anda pilih secara pribadi. Utamakan di ruang yang tenang dengan pencahayaan cukup. Lalu atur jadwal kegiatan supaya tidak ada gangguan selama tes berlangsung.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan tes TPA, maka pelajari 4 materi di atas yang terdiri dari bahasa (verbal), angka (numerik), logika dan spasial atau gambar. Pelajari dengan sungguh-sungguh tiap materi masih keempatnya masih terbagi menjadi beberapa bidang. Setelah itu, jangan lupa untuk memperhatikan panduan persiapan sebelum tes agar Anda tidak kececeran nantinya.

Jadi, apabila Anda sudah siap langsung saja daftarkan diri ke Tepad.id. Salah satu institusi penyelenggara tes TPA online terbaik yang ada di Indonesia.