Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online dapat dipergunakan untuk keperluan rekrutmen karyawan diperusahaan.

Manfaat menyelenggarakan tes TPA online dalam keperluan rekrutmen karyawan baru suatu perusahaan tentunya sangat beragam. Karena itulah sekarang banyak perusahaan yang sudah menerapkan tes ini dalam proses seleksi atau rekrutmen karyawan baru.

Dalam proses seleksi karyawan atau pegawai baru memang banyak tahap yang harus dilakukan oleh pelamar. Apalagi jika perusahaannya termasuk perusahaan yang besar dan sukses. Proses seleksi tersebut tentunya juga memiliki berbagai tujuan tersendiri.

Apalagi perusahaan tidak bisa menerima calon karyawan baru secara sembarangan saja. Karena itu lah seleksi perlu untuk mencari calon pegawai yang benar-benar cocok untuk perusahaan. Calon pegawai yang mampu memberikan kontribusi serta bisa bekerja dengan baik.

Manfaat Menyelenggarakan Tes TPA Online dalam Rekrutmen Karyawan Perusahaan

Dalam rekrutmen karyawan baru untuk perusahaan biasanya terdapat beberapa tahap. Mulai dari tahap seleksi administrasi, tahap interview dan lain sebagainya. Nah, salah satu tahap yang paling penting dan tidak boleh terlupakan yaitu tes psikologi.

Biasanya dalam tes psikologi untuk seleksi karyawan baru ini bisa menggunakan berbagai jenis tes. Salah satu tes yang banyak menjadi pilihan bagi perusahaan yaitu Tes Potensi Akademik atau TPA. TPA juga sudah cukup populer dan banyak dimanfaatkan oleh perusahaan.

TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan psikotes untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Tepatnya seseorang atau beberapa orang yang mengerjakan tes tersebut. Dengan begitu tentunya tes ini cocok dalam proses perekrutan karyawan baru.

Pada zaman yang semakin maju ini, pelaksanaan psikotes termasuk TPA juga semakin canggih. Terbukti dengan maraknya penggunaan tes TPA online, bukan offline. Jadi penyelenggaraan tes dan peserta tes hanya perlu memanfaatkan ponsel dan jaringan internet.

Perusahaan tidak perlu repot menggunakan kertas untuk pelaksanaan tes. Kelebihan lain menggunakan TPA online juga cukup beragam. Misalnya yaitu waktu pelaksanaan tes menjadi lebih fleksibel dan antara pelamar dan perusahaan tidak perlu bertemu langsung.

Bagi perusahaan pencari karyawan baru, TPA online ini tentunya juga memberikan berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Mempermudah Menyaring Karyawan Baru

Manfaat pertama, TPA mampu membantu perusahaan dalam menyaring atau menerima pelamar yang tepat. Perusahaan bisa mendapatkan calon karyawan yang benar-benar sesuai dengan bidang perusahaan mereka. Hal tersebut tentunya memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Untuk Mengetahui Minat dan Bakat Pelamar

Tes TPA online bisa menunjukkan bakat dan minat. Sehingga perusahaan bisa mengetahui apa yang ia sukai atau bakat yang ia miliki. Dengan begitu perusahaan bisa menilai apakah pekerjaan yang ia lamar akan cocok untuknya atau tidak.

Bahkan dengan hasil tes tersebut, perusahaan bisa menentukan pekerjaan apa yang lebih cocok untuk pelamar. Sehingga pelamar bisa bekerja dalam bidang yang sesuai dengan dirinya sendiri. Hal tersebut tentunya bermanfaat untuk perusahaan dan pelamar sendiri.

Mengetahui Kemampuan Berpikir Pelamar Pekerjaan

Hasil TPA jasa bermanfaat untuk melihat kecerdasan atau kemampuan berpikir pelamar. Apakah ia memang orang yang cerdas, pandai maupun biasa-biasa saja. Sehingga perusahaan bisa menilai apakah ia akan menjadi pegawai yang bagus atau tidak.

Pelamar yang berhasil mengerjakan soal dengan baik dan mendapat nilai bagus pastinya cukup cerdas. Sehingga perusahaan bisa membuat keputusan untuk menerimanya atau tidak dengan cepat. Begitu pula jika pelamar memiliki nilai yang kurang bagus.

Menilai Kecepatan Pelamar dalam Bekerja

Tes TPA online juga bermanfaat untuk menilai kecepatan pelamar dalam bekerja dan mengerjakan tugas. Semakin cepat pengerjaan tes tentunya juga menunjukkan pelamar memang bagus. Sehingga perusahaan bisa mempertimbangkan untuk menerimanya.

Melihat Konsentrasi Pelamar

Setiap perusahaan tentunya harus memilih pegawai yang memiliki konsentrasi bagus. Nah, untuk mengetahui pelamar mana yang memiliki konsentrasi bagus maka tes ini bisa menjadi solusinya. Sebab TPA bisa menunjukkan bagaimana konsentrasi seseorang.

Pelamar yang mampu mengerjakan soal dengan bagus pastinya bisa berkonsentrasi dengan baik. Begitu pula sebaiknya jika pelamar tidak memiliki konsentrasi yang bagus. Akibatnya ia tidak bisa fokus dalam mengerjakan tes dan tidak bisa mendapat nilai bagus.

Itulah berbagai manfaat menyelenggarakan tes TPA online dalam keperluan seleksi karyawan baru. Dengan tes ini maka pastinya perusahaan bisa mendapatkan karyawan baru yang paling tepat.