Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes Potensi Akademik Online dapat membantu menemukan bakat calon karyawan yang dapat membantu dalam proses rekrutmen dalam mengambil kesimpulan.

Tes potensi akademik online bisa kita temukan dalam berbagai keperluan, salah satunya yaitu digunakan dalam proses rekrutmen karyawan. Kini memang banyak sekali perusahaan yang menerapkan tes potensi akademik ini sebagai salah satu rangkaian rekrutmen karyawan baru.

Apalagi pada perusahaan yang sudah besar dan sukses sehingga sangat berhati-hati dalam memilih karyawan atau pegawai baru. Biasanya perusahaan tersebut mencari calon pegawai yang benar-benar cocok untuk perusahaan dan mampu bekerja dengan baik.

Hal itu pula yang membuat rangkaian proses perekrutan pegawai baru menjadi cukup pajang. Mulai dari seleksi administrasi, wawancara, pelaksanaan berbagai tes dan sebagainya. Setelah proses tersebut barulah perusahaan bisa menentukan calon pegawai mana yang akan diterima.

Manfaat Tes Potensi Akademik Online dalam Proses Rekrutmen Karyawan Baru Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam proses rekrutmen karyawan baru suatu perusahaan biasanya menerapkan tes potensi akademik atau TPA. Lalu apa yang dimaksud dengan tes tersebut dan apa manfaatnya bagi perusahaan penyelenggara?

TPA yakni psikotes dengan tujuan mengukur tingkat intelektual atau kecerdasan peserta tes tersebut. Karena mengukur tingkat kecerdasan maka tes ini memiliki beberapa jenis soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula.

Diantaranya yaitu terdapat tes verbal, logika, numerik dan juga tes spasial atau gambar. Setiap jenis tes tersebut juga memiliki bentuk soal serta strategi mengerjakan yang berbeda pula. Nah, sebagai peserta tes maka Anda harus mengerjakan berbagai soal tersebut hingga tuntas.

Tes potensi akademik online memiliki banyak kelebihan dan manfaat untuk perusahaan dan pesertanya. Kelebihannya yaitu antara perusahaan dan pelamar pekerjaan tidak perlu bertemu langsung. Kemudian perusahaan juga tidak perlu repot menyiapkan kertas untuk tes.

Selain itu tentunya masih ada banyak kelebihan lain dari TPA online ini. Setelah mengetahui kelebihannya, lalu apa manfaat TPA bagi perusahaan? Nah, berikut ini adalah berbagai manfaatnya yang perlu Anda ketahui:

Membantu Proses Penyaringan Calon Karyawan Baru

Manfaat yang pertama yaitu mampu membantu proses penyaringan calon karyawan baru. Sebab perusahaan bisa melihatĀ  pelamar mana yang sesuai kriteria dan cocok dengan perusahaan melalui hasil tes TPA. Sehingga perusahaan lebih mudah dalam memilih calon pegawai yang berpotensi.

Mengetahui Kemampuan Berpikir Pelamar

Tes TPA bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan serta kemampuan berpikir pesertanya. Sehingga dengan tes ini maka perusahaan bisa melihat bagaimana kemampuan berpikir para pelamar. Perusahaan bisa menilai mana pelamar yang memang cerdas atau biasa saja.

Hal tersebut tentu saja juga berdasarkan hasil tes potensi akademik online yang telah mereka lakukan. Jika seorang peserta atau pelamar memiliki nilai yang bagus tanpa indikasi kecurangan maka ia pastinya cukup pandai. Begitu pula jika sebaliknya ketika hasilnya cukup buruk.

Mengetahui Kecepatan dan Fokus Pelamar Pekerjaan dalam Bekerja

Tes TPA juga memiliki manfaat untuk menunjukkan seberapa cepat calon pegawai dalam bekerja. Semakin cepat peserta mengerjakan tes dan hasilnya juga bagus dan tepat maka artinya ia orang yang cukup cekatan dan cerdas. Sehingga perusahaan bisa mempertimbangkan untuk menerimanya.

Selain kecepatan, tes ini juga bisa menunjukkan bagaimana fokus peserta selama mengerjakan tes. Peserta yang mampu mengerjakan tes dengan baik tentunya memiliki fokus yang baik. Sebaliknya, jika hasil tes banyak kesalahan bisa jadi peserta memang memiliki fokus yang kurang bagus.

Mengetahui Minat dan Bakat Peserta Tes

Manfaat tes potensi akademik online selanjutnya yaitu membuat perusahaan mengetahui minat dan bakat peserta tes. Sehingga perusahaan bisa menilai pekerjaan yang dilamar memang cocok dengannya atau tidak. Jika cocok maka perusahaan bisa memutuskan untuk menerimanya.

Selain itu, perusahaan bukan juga bisa menentukan dan menempatkan pekerjaan yang cocok dengan pelamar tersebut. Sehingga pelamar mampu bekerja pada bidang yang cocok dengannya sendiri. Sehingga ia mampu bekerja dengan baik yang pastinya akan menguntungkan perusahaan.

Mempermudah Perusahaan Mengambil Keputusan

Dengan hasil tes potensi akademik ini maka perusahaan menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan. Apakah memilih untuk menerima atau menolak seorang pelamar pekerjaan. Perusahaan juga bisa mengurangi resiko kesalahan pengambilan keputusan yang bisa berdampak besar.

Itulah berbagai manfaat tes potensi akademik online bagi perusahaan. Cukup banyak dan sangat penting bukan?