Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik

Tes Potensi Akademik untuk karyawan merupakan hal yang wajib, sehingga harus mempersiapkannya dengan matang.

Tes Potensi Akademik untuk karyawan merupakan hal yang wajib. Sayangnya tidak cukup banyak calon karyawan yang harus gagal ketika mengerjakan tes ini.

Pada dasarnya memang seorang karyawan memiliki waktu yang lebih sedikit untuk belajar mengenai materi TPA. Namun begitu, mereka tetap harus bisa mengerjakan dan mendapatkan nilai yang cukup memuaskan agar bisa lolos di seleksi kerja.

Oleh karena itu, para karyawan perlu tahu tips yang menjadi kunci sukses mengerjakan TPA dalam proses rekrutmen.

Tes Potensi Akademik untuk Karyawan

TPA adalah sebuah tes psikologi atau psikotes yang digunakan untuk mengukur seberapa intelektual seseorang. Di Indonesia, TPA seringkali digunakan dalam tes rekrutmen kerja. Selain itu, format tes ini juga sebenarnya banyak digunakan di instansi pendidikan.

Faktanya, tes ini tergolong cukup sulit dan dianggap tidak mudah. Para karyawan yang bahkan sudah berpengalaman kerja sekalipun bisa gagal dalam tahap rekrutmen pengerjaan TPA ini.

Ada banyak alasan kegagalan tersebut, mulai dari kurang teliti, waktu pengerjaan yang terbatas, hingga dilema ketika menentukan jawaban yang tepat.

Adapun TPA terdiri dari beberapa jenis, meliputi tes verbal, kemampuan numerik, tes logika, dan juga figural. Di seleksi pekerjaan, karyawan perlu menguasai materi-materi TPA ini.

Jika Anda karyawan dan akan melakukan tes TPA jangan panik. Berikut ini beberapa kunci sukses yang dapat Anda terapkan:

1. Mengatur Waktu Belajar

Selayaknya ingin melaksanakan tes di sekolah dan perguruan tinggi, Anda juga perlu belajar dengan baik. Tes potensi akademik ini memiliki pola soal yang mirip.

Meski sebagai karyawan hampir selalu sibuk dengan pekerjaan, Anda perlu menyempatkan diri untuk mempelajari materi TPA. Misalnya saja gunakan waktu ketika libur atau malam hari sebelum tidur.

2. Memperbanyak Latihan Soal

Mempelajari materi saja tidak cukup. Agar lebih menguasai soal-soal TPA, maka Anda sebaiknya memperbanyak latihan soal.

Bahkan akan lebih ampuh jika Anda mengerjakan latihan soal daripada hanya membaca materi nonstop. Jika Anda memiliki waktu luang yang sedikit, sebaiknya perbanyak mengerjakan simulasi tes.

Dengan sering mengerjakan soal, maka Anda bisa mengerti polanya yang ada. Setelah itu, Anda akan jadi lebih mudah mengerjakan setiap soal pada tes potensi akademik yang sebenarnya.

3. Konsentrasi

Jika Anda sudah memahami mengenai kriteria dan juga kebutuhan TPA, Anda bisa mulai fokus kepada bidang yang memang ingin diunggulkan.

Berkonsentrasi terhadap satu bidang materi TPA yang sesuai dengan kebutuhan jabatan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih efisien waktu dan tenaga untuk mempelajari materi TPA.

4. Mengurangi Aktivitas Sebelum Tes

Sebelum melakukan TPA, sebaiknya Anda menjaga daya tahan tubuh. Pastikan bahwa Anda memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum tes berlangsung.

Anda bisa mengurangi segala aktivitas satu hari atau bahkan satu minggu sebelum tes potensi akademik berlangsung. Sebaiknya habiskan waktu untuk mempelajari soal dan memperdalam kemampuan.

Hal ini tentunya sangat berguna untuk menambah konsentrasi ketika tes. Selain mengurangi aktivitas, Anda juga bisa menghindari begadang karena akan membuat daya tahan tubuh terganggu.

5. Membaca Doa

Selain berusaha, mempersiapkan batin, psikis menjadi salah satu hal yang tidak kalah penting. Dalam hal ini, Anda bisa memperbanyak doa menjelang tes berlangsung.

Dengan berdoa, maka diri Anda akan lebih tenang karena menghilangkan rasa gelisah. Sehingga, Anda akan lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan soal-soal TPA.

6. Melakukan TPA Online

Karena memiliki banyak tanggung jawab dan pekerjaan, karyawan sebaiknya melakukan TPA online. Tes dalam bentuk online akan sangat membantu dalam efisiensi waktu dan tenaga.

Ketika Anda melakukan TPA secara online, maka Anda akan mendapatkan waktu yang lebih fleksibel dalam mengerjakan tes. Anda bisa mengerjakannya selama seusai waktu senggang, selama masih dalam jadwal yang ditentukan.

Tepad.id menyediakan TPA online dengan berbagai keunggulan. Anda bisa memilih waktu pelaksanaan tes. Mendukung semua perangkat online, materi berbasis Teori Tes Modern (IRT), hasil yang realtime, hingga sertifikat online.

Karena tes potensi akademik di Tepad.id online, maka tidak akan terbatas oleh tempat. Selama Anda terhubung dengan internet, maka bisa mengerjakan tes dimana saja.