Tes TPA Online

Skor Tes TPA Online memang sangat penting karena menentukan hasil seleksi. Skor hasil tes TPA diklasifikasikan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan akademik dan potensi peserta.

Tes TPA online sangat bermanfaat dan digunakan secara luas dalam berbagai instansi. Biasanya, TPA digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi, menilai potensi akademik calon mahasiswa, serta dalam proses rekrutmen karyawan baru untuk menilai kemampuan dan potensi calon pegawai. 

Karena perannya yang krusial dalam menentukan penerimaan di perguruan tinggi dan penyaringan kandidat dalam dunia kerja, TPA menjadi salah satu tes yang paling penting dan sering dipakai oleh instansi besar dalam proses seleksinya.

Klasifikasi Skor Tes TPA Online

Pasti sudah mengetahui bahwa TPA adalah singkatan dari Tes Potensi Akademik. Tes ini umumnya digunakan dalam seleksi kerja dan juga seleksi perguruan tinggi. 

Banyak orang merasa khawatir dan gugup menghadapi tes ini, karena soal-soalnya seringkali membingungkan dan menantang. Tes TPA dirancang untuk mengukur potensi kognitif dan akademik.

Sehingga memerlukan persiapan yang matang untuk dapat menghadapinya dengan baik. Kesiapan dan latihan yang cukup dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan performa saat menghadapi tes.

Secara umum mungkin soal TPA ini cukup sederhana. Namun, tanpa logika yang kuat peserta akan tetap kesulitan dalam menjawabnya.

Seseorang dinyatakan lulus tes TPA tergantung dengan skor yang didapatkan. Jadi, semakin tinggi skor yang didapatkan maka artinya akan semakin aman.

Ada beberapa klasifikasi dalam skor hasil TPA. Klasifikasi ini harus dipahami agar peserta dapat mengertinya dengan baik.

1. Kategori Tinggi

Pertama ada klasifikasi skor kategori tinggi. Sesuai namanya, skor yang masuk ke dalam klasifikasi ini pasti besar dan berada di atas rata-rata.

Untuk masuk ke kategori ini, skornya adalah 550 hingga 800. Sebagai informasi, 800 adalah jumlah skor tertinggi dari tes TPA online.

Individu yang berhasil masuk ke dalam kategori ini artinya memiliki potensi kognitif yang sangat besar. Individu ini mampu beradaptasi dengan situasi yang kompleks sekaligus.

Dengan skor yang tinggi, maka peserta tes artinya memiliki kemampuan kognitif yang mumpuni di berbagai modalitas (verbal, numerik, fungural), konteks (fakta, ide) maupun tingkat kompleksitas. Ini akan sangat bermanfaat di dunia kerja.

Individu dengan skor klasifikasi tinggi juga cenderung mampu bekerja di dalam tekanan waktu karena kapasitas yang mencukupi. Itulah kenapa, peserta tes dalam klasifikasi ini terjamin aman.

2. Kategori Rata-Rata

Selanjutnya ada kategori rata-rata tes TPA online. Klasifikasi ini adalah untuk peserta yang mendapatkan skor mulai dari 450 hingga 549.

Kategori ini menunjukkan peserta yang memiliki potensi kognitif optimal. Akan tetapi, mereka bekerja pada situasi yang sederhana saja.

Kemampuan individu dalam mengelola berbagai informasi hingga lebih berkembang. Di sisi lain, mereka masih mengalami kesulitan ketika bekerja dibawah tekanan waktu karena kapasitasnya yang masih terbatas.

Mereka masih kesulitan dalam menggeneralisasikan pola yang ditemukan ke dalam situasi baru. Secara kehidupan praktis, individu ini cenderung mengalami kesulitan untuk membedakan konsep dan fakta meski sudah diberikan aturan atau kriteria yang membedakan keduanya.

Dalam seleksi masuk perguruan tinggi, skor TPA dalam klasifikasi ini mungkin sudah cukup aman untuk beberapa jurusan. Namun, hal itu kembali lagi dengan jumlah skor peserta lainnya.

3. Kategori Rendah

Klasifikasi tes TPA online terakhir adalah kategori rendah. Kategori ini berada di bawah rata-rata dengan skor mulai dari 200 hingga 449.

200 adalah skor paling kecil yang bisa didapatkan dalam tes TPA. Jika di bawah itu, artinya tes tersebut tidak valid.

Peserta tes yang mendapatkan skor ini memiliki keterbatasan dalam mengelola informasi. Hal itu karena mereka kurang bisa menangkap pola hubungan antara ide atau fakta dengan fakta lainnya.

Namun, dalam konteks tertentu mereka bisa memahami hal itu. Akibatnya, mereka akan kesulitan menemukan hubungan pola hubungan darui masalah baru.

Individu dalam kategori ini kemungkinan sudah memahami konsep tetapi belum memahami persamaan atau perbedaan antara konsep yang sudah dikenalnya tersebut. Dalam kehidupan praktis, mereka mengalami kesulitan ketika membuat peta klasifikasi mengenai sebuah konsep.

Jadi, klasifikasi tersebut bukanlah kategori biasa. Hasil skor TPA bisa menggambarkan kemampuan akademik dalam diri seseorang.

Untuk tes TPA online berkualitas dan terpercaya, Tepad.id adalah solusinya. Tepad.id menghadirkan TPA tanpa repot darimana saja dan kapan saja.

TPA di Tepad.id akan segera mendapatkan skor secara real time. Jadi, para peserta tidak perlu menunggu terlalu lama hingga skor keluar hingga berminggu-minggu.

Untuk berada di klasifikasi tes TPA online tertinggi, peserta harus mempersiapkan diri dengan baik. Pelajari soal-soal TPA dan terus berlatih hingga terbiasa dengan tes satu ini agar hasilnya memuaskan.