Tes Potensi Akademik Online
Materi Tes TPA

Syarat sukses Tes TPA dengan hasil maksimal adalah mengenali materi tes TPA itu sendiri.

Materi tes TPA merupakan materi berisikan tes psikologi biasanya materi ini berguna dalam proses rekrutmen kerja, baik itu perusahaan swasta maupun pemerintahan. Selain itu, beberapa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN juga menggunakan tes ini sebagai proses seleksi.

Sebelum mengikuti tes ini, peserta perlu mendaftarkan diri pada website resmi registrasi milik instansi maupun perguruan tinggi. Peserta juga perlu melengkapi seluruh persyaratan dan ketentuan sesuai dengan ketentuan perusahaan atau perguruan tinggi.

Mengenal Materi Tes TPA

Tes Potensi Akademik termasuk dalam tes psikotes yang berfungsi untuk mengukur kecerdasan intelektual yang seseorang miliki. Negara Indonesia banyak memanfaatkan tes ini dalam berbagai kegiatan, mulai dari proses tes beasiswa, rekrutmen kerja, hingga tes masuk perguruan tinggi.

Pertanyaan dalam tes ini terkesan cukup sederhana, tetapi banyak orang yang kurang beruntung dalam menjalani tes ini. Penyebab kegagalannya pun beragam, mulai dari kurang teliti dalam pengerjaan, kehabisan waktu, hingga bingung untuk memilih jawaban yang tepat.

Jenis Soal Tes TPA

Tes psikotes ini juga termasuk dalam jenis tes yang memiliki berbagai jenis soal didalamnya. Tentunya setiap jenis soal tersebut mempunyai tujuan pengukuran kecerdasan yang berbeda pula.

Berikut jenis-jenis tes TPA menurut beberapa sumber:

Tes Verbal

Jenis yang pertama adalah jenis tes verbal. Jenis tes ini memiliki fungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam kata-kata dan bahasa.

Bentuk soal tes verbal, seperti soal tes sinonim atau persamaan kata, padanan hubungan kata, antonim atau lawan kata, dan pengelompokan kata.

Tes angka

Jenis berikutnya dalam Tes Potensi Akademik adalah tes angka. Mengikuti namanya, jenis soal tes yang satu ini memiliki fungsi sebagai pengukur kecerdasan seseorang terkait dengan pengetahuan ilmu seputar angka.

Melalui tes jenis ini, peserta akan diukur pengetahuan dan ketepatan berpikir terstruktur dan logis matematis. Berbagai bentuk soal tes angka yang ada, mulai dari tes pengetahuan seri angka, seri huruf, aritmatika atau hitungan, logika angka, hingga penyelesaian soal angka dalam cerita.

Tes logika

Jenis soal tes berikutnya adalah soal tes logika. Tes ini memiliki fungsi sebagai pengukur kemampuan seseorang dalam pemecahan dan penalaran dari suatu masalah secara logis.

Soal ini biasanya banyak mengecoh dan menyesatkan peserta pada jawaban yang ada dalam tes. Jenis soal ini juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tujuan pengetesan kecerdasan.

Mulai dari bentuk soal tes soal logika cerita, kesimpulan atau silogisme, logika analisa pernyataan, hingga logika diagram.

Tes spasial atau gambar

Jenis soal yang terakhir dalam tes TPA adalah tes spasial atau gambar. Tujuan pengujian tes ini adalah sebagai pengukur daya logika ruang seseorang. Bentuk soal tes spasial atau gambar yaitu, seperti bayangan gambar, seri gambar, padanan hubungan gambar, pengelompokkan gambar, dan juga identifikasi gambar.

Tips Menghadapi Tes TPA

Karena jenis tes nii termasuk dalam te psikotes, maka dalam seluruh soal yang ada akan mengandung banyak soal serta jawaban yang mengecoh. Untuk itu diperlukan beberapa tips yang dapat Anda persiapkan sebelum menghadapi tes TPA ini sebagai berikut:

Perbanyak Latihan Soal

Meski jenis tes ini memiliki soal-soal yang terkesan mudah, tetapi soal tersebut justru dapat mengecoh Anda pada saat mengerjakan. Perlu ketelitian dan hati-hati dalam menghadapi dan mengerjakan soal-soal tes ini.

Banyak memahami dan berlatih dengan contoh soal yang ada, dapat membantu Anda dalam memahami materi tes TPA.

Istirahat dengan Cukup

Sebelum pengerjaan tes, Anda harus bisa menjaga daya tahan tubuh dan pikiran Anda agar tetap fresh dan bugar. Melalui istirahat yang cukup dan senantiasa menerapkan pola hidup sehat, mengerjakan soal tes menjadi lebih tenang dan fokus.

Fokus Pada Pengerjaan Soal

Banyaknya soal dalam tes TPA dan waktu pengerjaan yang singkat, terkadang membuat panik dan tergesa-gesa dalam mengerjakannya. Namun hal tersebut justru membuat Anda kehilangan fokus dan malah memikirkan hal yang tidak termasuk dalam ujian.

Ingatlah untuk selalu fokus pada soal yang sedang Anda kerjakan, jangan memikirkan soal yang sebelumnya atau hal lain yang mampu mengganggu konsentrasi Anda.

Itulah jenis-jenis materi tes TPA lengkap dengan contoh soal yang ada. Ingatlah untuk selalu mempersiapkan diri sebelum memulai pengerjaan soal-soal pada tes TPA.