Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Tes TPA Online memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan tes paper base.

Tes TPA online memiliki berbagai kelebihan tersendiri yang pastinya sangat menguntungkan daripada tes secara offline. Baik menguntungkan bagi pihak penyelenggara maupun bagi para pesertanya. Sehingga kini banyak yang memilih untuk menerapkan tes secara online.

TPA atau Tes Potensi Akademik sendiri merupakan salah satu tes untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Tes ini biasnya termasuk sebagai salah satu rangkaian tahap rekrutmen. Dengan begitu maka perusahaan bisa mendapatkan pegawai baru yang benar-benar tepat.

Biasanya tes ini memberikan soal yang berisi soal pendek dari bahasa dan angka. Umumnya waktu pengerjaan juga singkat namun dengan jumlah soal yang tidak sedikit. Karena itu untuk menyelesaikan TPA diperlukan emosi serta manajemen waktu yang baik.

Kelebihan Tes TPA Online yang Perlu Anda Ketahui

Tes TPA mampu membantu perusahaan dalam menentukan karyawan cocok untuk perusahan atau tidak. Tes ini akan mengukur proses berpikir semua calon karyawan atau pelamar. Mulai dari untuk mengukur kecerdasan bahasa hingga logika.

Sehingga perusahaan bisa memilih orang yang benar-benar bisa memberikan kontribusi yang bagus. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan. Sebab pastinya karyawan baru tersebut mampu membantu mengembangkan perusahaan.

Selain dalam proses rekrutmen karyawan, TPA juga berguna untuk keperluan lainnya. Misalnya yaitu untuk kebutuhan asesmen jabatan hingga seleksi calon mahasiswa baru. Nah, kini TPA banyak dilaksanakan untuk berbagai kebutuhan secara online.

Apalagi pada zaman yang serba maju, modern dan serba online ini. Tes TPA online juga memiliki berbagai kelebihan tersendiri yang pastinya sangat menguntungkan. Berikut akan kita bahas beberapa kelebihan dari Tes Potensi Akademik secara online:

Bebas Menentukan Waktunya

Kelebihan yang pertama yaitu bisa bebas menentukan kapan waktu pelaksanaan tes. Jadi perusahaan bisa bebas menentukan sendiri kapan hari maupun jam pelaksanaannya. Sehingga perusahaan bisa menyesuaikannya dengan jadwal kesibukan aktivitas atau keperluan lain.

Tidak Terbatas Tempat

Karena pelaksanaannya secara online, maka antara penyelenggara dan peserta tidak perlu bertemu langsung. Jadi pihak perusahaan dan calon karyawan tidak perlu bertemu dan berkumpul secara langsung. Hal tersebut tentunya menguntungkan bagi perusahaan dan juga pelamar pekerjaan.

Sebab perusahaan tidak perlu repot menyiapkan tempat untuk berkumpul dan melaksanakan tes. Para pelamar dan peserta tes juga tidak perlu jauh-jauh pergi untuk melakukan tes. Dengan begitu tentunya kedua belah pihak sama-sama akan mendapatkan keuntungan.

Mendukung Berbagai Perangkat

Tes TPA online juga telah mendukung berbagai perangkat untuk mengerjakannya. Sehingga peserta bebas memilih untuk mengaksesnya menggunakan ponsel, laptop, maupun komputer. Hal tersebut tentunya membuat pelaksanaan tes menjadi lebih simpel dan pastinya sangat mudah.

Bisa Dikerjakan Di mana Saja dan Kapan Saja

TPA online juga memungkinkan peserta untuk mengerjakannya di mana saja. Baik ketika di rumah maupun sedang di luar, yang penting adalah memiliki perangkat yang bisa digunakan dengan aman, jaringan WiFi atau kuota dan juga sinyal yang bagus.

Dengan begitu maka peserta juga bisa menentukan tempat pengerjaan tes sendiri. Bisa mengerjakannya di kamar, ruang tamu, teras belakang rumah dan berbagai tempat lainnya. Peserta bisa memilih tempat yang paling nyaman dan aman untuk mereka.

Hal tersebut tentunya bisa memberikan dampak yang baik dalam pengerjaan soal. Sebab peserta bisa memilih tempat yang sepi dan minim gangguan untuk mengerjakan tes TPA online. Pada tempat tersebut tentunya peserta akan merasa lebih fokus dalam mengerjakan soal.

Hasil Realtime

Kelebihan selanjutnya yaitu hasil tes bisa didapatkan secara realtime setelah pengerjaan tes selesai. Jadi peserta dan penyelenggara tidak perlu menunggu lama untuk pemeriksaan tes. Sebab tes langsung diperiksa oleh sistem sehingga lebih cepat dan realtime.

Hasil akurat

Selain bisa didapatkan secara realtime, hasil tes pastinya juga akurat dan minim kesalahan. Sebab penilaiannya yang menggunakan sistem, tidak secara manual. Dengan begitu maka risiko terjadinya human error pastinya juga akan semakin kecil.

Itulah berbagai kelebihan dari pelaksanaan tes TPA online. Dengan cara online maka TPA bisa semakin mudah dan praktis. Karena itu tidak heran jika banyak perusahaan maupun universitas yang menerapkannya.