Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online tentunya memiliki peran yang penting serta memiliki banyak kelebihan dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Tes potensi akademik online tentunya memiliki peran yang penting serta memiliki banyak kelebihan dalam proses rekrutmen karyawan baru. Sebuah perusahaan tentunya tidak akan sembarangan dalam memilih karyawan baru. Terutama pada perusahaan yang sudah cukup besar, sukses, dan juga ternama.

Perusahaan tersebut tentunya akan memilih karyawan baru yang potensial dan sekiranya mampu memberikan kontribusi yang bagus untuk perusahaan. Artinya perusahaan membutuhkan calon karyawan yang mampu bekerja dengan baik sehingga bisa meningkatkan citra dan kualitas perusahaan.

Untuk itu, maka perusahan akan memberikan rangkaian proses dalam rekrutmen karyawan baru. Mulai dari proses seleksi administrasi, sesi wawancara, tes, dan lain sebagainya. Berbagai hal tersebut sangat penting dan berguna untuk perusahaan demi mendapatkan karyawan baru yang benar-benar tepat untuk perusahaan sendiri.

Kelebihan Tes Potensi Akademik Online untuk Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa rangkaian proses rekrutmen karyawan yang harus dilewati oleh pelamar di perusahaan tersebut. Salah satunya yaitu proses rangkaian tes potensi akademik atau TPA. Tes ini mungkin sudah tidak terlalu asing bagi Anda atau mungkin masih terasa cukup asing.

Tes potensi akademik sendiri merupakan tes psikologi yang berguna untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual seseorang. Dalam hal rekrutmen karyawan tentu tujuannya untuk mengetahui tingkat kecerdasan dari para pelamar. Nantinya pelamar pekerjaan di perusahaan tersebut harus mengerjakan soal tes sebaik mungkin.

Kemudian perusahaan akan menggunakan hasil tes tersebut untuk menilai seberapa tinggi kecerdasan seseorang. Karena membutuhkan karyawan terbaik tentu perusahaan akan memilih calon karyawan yang memiliki nilai tes potensi akademik tinggi. Sebab nilai tersebut juga membuktikan calon pelamar memiliki kecerdasan yang baik.

TPA sendiri bisa dilaksanakan secara online maupun offline. Namun kini tes potensi akademik online menjadi banyak pilihan bagi perusahaan daripada tes secara offline. Hal tersebut karena tes secara online tentunya memiliki lebih banyak kelebihan dan keuntungan. Baik untuk pihak perusahaan sendiri maupun calon karyawan.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan TPA online dalam proses rekrutmen karyawan baru yang perlu Anda ketahui:

Tidak Memerlukan Kertas

Kelebihan yang pertama tentu saja tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak soal dan mengerjakan soal. Sebab semua prosesnya dilakukan secara online menggunakan perangkat komputer, laptop, atau bahkan smartphone. Sehingga pastinya perusahaan tidak perlu repot mengeluarkan kertas untuk tes.

Hal tersebut tentunya juga sangat menguntungkan bagi para peserta tes potensi akademik online. Sebab mereka tidak perlu repot menyiapkan berbagai peralatan seperti alat tulis untuk mengerjakan tes. Mereka pun bisa memilih menggunakan perangkat apa saja yang lebih nyaman digunakan untuk mengerjakan tes potensi akademik tersebut.

Penilaian Cepat

Selanjutnya TPA online ini menawarkan penilaian yang cepat. Bahkan perusahaan bisa langsung mengetahui hasil tes calon karyawan setelah mereka selesai mengerjakan tes online tersebut. Hal itu tentunya sangat menguntungkan karena tidak memakan banyak waktu dan perusahaan bisa mengambil keputusan dengan cepat.

Hasilnya Akurat

Selain menawarkan kecepatan dalam memperlihatkan hasil tes, tes potensi akademik online juga menawarkan keakuratan hasil tes. Sebab proses penilaian dilakukan oleh sistem sehingga bisa terhindar dari human error. Dengan begitu pastinya nilai tes potensi akademik setiap peserta akurat dan tidak ada kendala seperti penilaian yang salah.

Didukung Banyak Fitur

Ketika melaksanakan TPA online tentunya perusahaan akan memanfaatkan platform atau aplikasi TPA online. Nah, biasanya aplikasi TPA online terseebut memiliki banyak fitur yang menguntungkan perusahaan serta peserta tes. Misalnya terdapat fitur kamera tersembunyi yang mampu menangkap gambar peserta selama mengerjakan tes.

Jadi pihak perusahaan bisa melihat bagaimana ekspresi peserta tes selama mengerjakan soal bahkan bisa mendeteksi adanya kecurangan atau tidak. Fitur lainnya misal memiliki tampilan yang sederhana sehingga peserta tes bisa mengerjakan soal dengan mudah. Mereka tidak akan memerlukan waktu lama untuk memahami aplikasi tersebut.

Keuntungan tes potensi akademik online untuk rekrutmen karyawan di atas membuktikan bahwa tes ini memiliki peran yang sangat penting. Perusahaan akan sangat terdukung dan mendapat banyak kelebihan dari tes tersebut.