Tes TPA Online

Jenis-jenis tes TPA online terdiri dari empat kategori, yaitu tes verbal, tes numerik, tes logika, dan tes spasial atau visual.

Tes TPA online merupakan salah satu bentuk tes psikologi secara online yang banyak dipakai dalam proses rekrutmen pekerjaan, baik instansi swasta maupun instansi pemerintah. Selain itu, tes ini juga digunakan universitas dalam proses seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi negeri atau biasa dikenal SBMPTN.

Tes psikologi satu ini memang dianggap penting untuk melihat sejauh mana proses berpikir seseorang. Seperti apa jenis-jenis soal TPA ini dan bagaimana tips menghadapinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Seperti Apakah Soal -soal Tes TPA Online ?

Tes Potensi Akademik (TPA) memainkan peran penting dalam menilai tingkat kepribadian dan kemampuan berpikir seseorang. Tes ini sering digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam proses perekrutan, baik di sektor publik maupun swasta. 

Selain itu, banyak universitas juga memanfaatkan TPA untuk menyaring calon mahasiswa baru yang akan memasuki jenjang perkuliahan. Tes ini terdiri dari berbagai jenis soal yang dirancang untuk mengukur berbagai aspek potensi akademik. Berikut adalah beberapa jenis soal TPA yang umumnya digunakan.

1. Tes Verbal

Jenis Tes Potensi Akademik online yang pertama adalah tes verbal. Tes ini memiliki manfaat untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam literasi bahasa.

Beberapa bentuk contoh soal tes verbal mencakup sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), padanan hubungan kata, dan juga pengelompokan sebuah kata.

2. Tes Angka

Jenis soal kedua tes TPA online adalah angka. Berdasarkan namanya, jenis psikotes yang satu ini memiliki fungsi untuk mengukur kecerdasan seseorang dalam perhitungan atau angka. Soal angka ini juga mengukur seberapa banyak kemampuan berpikir terstruktur dan logika matematika seseorang.

Beberapa bentuk soal tes angka antara lain terdiri dari: aritmatika (hitungan), seri angka, seri huruf, logika angka, dan juga angka dalam sebuah cerita.

3. Tes Logika

Jenis soal ketiga dalam tes potensi akademik adalah tes logika. Tes ini dirancang untuk mengevaluasi kemampuan penalaran dan pemecahan masalah secara logis. Terkadang, peserta bisa merasa kesulitan dengan tipe soal ini.

Contoh-contoh soal tes logika meliputi logika umum, analisis pernyataan dan kesimpulan (seperti silogisme), logika cerita, dan logika diagram. Apakah ada jenis soal logika tertentu yang Anda rasa paling sulit atau membingungkan?

4. Tes Spasial atau Gambar

Jenis soal keempat dalam tes potensi akademik adalah tes spasial atau gambar. Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan logika ruang seseorang. Beberapa jenis soal dalam kategori ini mencakup padanan hubungan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, bayangan gambar, dan identifikasi gambar. Tes ini membantu mengukur bagaimana seseorang memahami dan memanipulasi objek dalam ruang.

Tips Sukses Menghadapi TPA Online

Setelah mengetahui jenis-jenis soal tes potensi akademik ini, maka saatnya untuk tips sukses dalam menghadapinya. Hal ini sangat penting karena beberapa orang sering gagal dan terkecoh dengan model soal-soal dalam tes TPA online ini.

Berikut beberapa tips yang dapat dipraktekkan.

1. Latihan soal

Tips pertama adalah latihan soal Tes TPA. Meskipun terkesan mudah, namun hal ini harus dilakukan latihan berulang kali agar sukses mengerjakannya. Lakukan latihan pengerjaan soal jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes.

Dengan banyaknya latihan soal ini, Anda dapat menemukan trik yang paling praktis dan mudah untuk mengerjakan berbagai jenis soalnya. Selain itu, waktu yang digunakan akan lebih singkat karena sudah terlatih dalam hal pengerjaannya.

2. Istirahat Sebelum Menjalani TPA Online

Pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan tes online ini. Anda dapat melakukan istirahat yang cukup saat malam sebelum hari H pelaksanaan tes. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi saat menjawab soal ketika tes berlangsung.

3. Fokus pada Soal

Waktu dalam mengerjakan tes sangat singkat, untuk itu Anda harus fokus pada soal tes TPA online yang sedang dikerjakan. Jangan memikirkan soal yang sudah terlewati saat sudah mulai memasuki soal yang baru untuk dikerjakan.

4. Kerjakan Soal Paling Mudah Dahulu

Untuk menghemat waktu dalam proses mengerjakan tes TPA ini, pastikan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu, Hindarilah berlama-lama memikirkan soal yang sulit dan mengabaikan soal mudah lainnya. Dengan demikian waktu Anda akan lebih efektif penggunaanya.

Demikian beberapa informasi mengenai jenis soal TPA online dan tips untuk sukses menghadapinya. Tes potensi akademik memang mencakup berbagai jenis soal, yang memerlukan ketelitian dan latihan intensif dalam persiapannya. 

Jika Anda memerlukan jasa penyelenggaraan tes akademik secara online, tepad.id adalah pilihan yang tepat. Layanan tes TPA online ini merupakan salah satu penyelenggara tes akademik online terbaik di Indonesia. Kunjungi website mereka untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.