Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Berdasarkan jenis dan struktur Tes TPA, Tes ini dapat dibagi kedalam beberapa jenis tes, seperti tes Numerik (angka), Tes Verbal dan Tes Spasial.

Ada begitu banyak keuntungan dari tes TPA online. Di dalam kehidupan, bahkan tes TPA ini banyak digunakan untuk berbagai macam bidang, mulai dari pendidikan hingga pekerjaan.

Adanya tes TPA mampu menambah wawasan Anda untuk mengetahui keadaan psikologis diri sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memilih tujuan.

Di berbagai perusahaan, tes psiko satu ini juga digunakan dalam menyeleksi kandidat calon karyawan. Tes TPA memudahkan perusahaan dalam memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria idaman.

Jenis-Jenis Tes TPA Online

Tes TPA sendiri adalah singkatan dari Tes Potensi Akademik. Kini TPA lebih banyak dilakukan secara online.

Keberadaan tes TPA ini sebenarnya digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran dan juga logika seseorang. Biasanya tes ini dilakukan dalam dunia pendidikan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Selain itu, Anda juga akan menemukan tes TPA ketika seleksi penerimaan karyawan, baik itu di perusahaan swasta maupun negeri.

Perlu Anda tahu bahwa sistem TPA menggunakan penilaian skor. Jadi, semakin banyak jawaban yang tepat, maka sudah pasti skor akhir tes TPA online juga akan semakin tinggi. Alhasil, semua tergantung dengan kemampuan setiap individu.

Dari hasil skor TPA yang didapatkan, perusahaan atau perguruan tinggi jadi dapat mengukur potensi yang ada di dalam diri peserta. Mereka juga dapat menilai apakah peserta dapat berhasil atau tidak.

Ada beberapa aspek penting yang sering digunakan, yaitu numerikal, figural, dan juga verbal. Untuk lebih memahaminya, Ada perlu mengetahui jenis-jenis TPA berikut ini.

Tes Logika

Jenis TPA pertama adalah tes logika. Tes ini mempunyai tujuan yakni untuk mengukur tanggap atau penalaran seseorang dalam merampungkan masalah secara logis.

Ketika mengerjakan tes ini, banyak peserta yang terkecoh dengan pertanyaan yang disajikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengerjakannya dengan berhati-hati dan tidak terburu-buru.

Bentuk soal di dalam tes logika ini adalah berupa logika umum, analisa pernyataan, hingga kesimpulan. Jika Anda sering berlatih soal, maka tes ini tidak akan begitu sulit.

Tes Angka

Kemudian ada tes selanjutnya, yaitu tes angka. Ini menjadi salah satu jenis tes TPA yang paling banyak digunakan di berbagai bidang.

Fungsi dari jenis tes TPA ini adalah untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang dalam hal yang berhubungan dengan angka. Adanya jenis tes TPA online ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan seseorang dalam berpikir logis dan terstruktur.

Karena tidak semua orang memiliki kemampuan berpikir yang baik. Tentunya jenis soal tes angka ini berkaitan dengan angka, aritmatik, angka dalam cerita huruf, dan juga logika.

Tes Verbal

Jenis TPA online selanjutnya adalah tes verbal. Ini menjadi tes TPA yang banyak digunakan selain tes angka.

Sesuai dengan namanya, tes verbal ini berfungsi dalam pengukuran kecerdasan para pesertanya. Tes verbal akan membantu pengukuran kecerdasan dengan menggunakan kata-kata dan bahasa.

Biasanya bentuk soal dari tes verbal ini mencakup sinonim, antonim kata, pengelompokan kata, padanan dari hubungan kata, dan lain sebagainya.

Tes Spasial atau Gambar

Jenis tes TPA online yang paling umum selanjutnya adalah tes spasial atau gambar. Tes TPA ini hadir untuk menghitung seberapa banyak logika ruang dalam diri seseorang.

Bentuk dari tes TPA ini akan berupa bayangan gambar, seri gambar, pengelompokan gambar, hingga identifikasi gambar. Keberadaan tes TPA satu ini tentunya sangat bermanfaat.

Tips Menghadapi TPA Online

Mengerjakan tes TPA bukanlah yang mudah. Soal dari tes TPA ini biasanya memiliki jawaban yang menjebak.

Oleh karena itu, Anda perlu memperbanyak latihan soal. Dengan latihan soal, Anda akan memahami tipe-tipe soal dan akhirnya tes TPA semakin mudah.

Selain itu, sebenarnya TPA juga memiliki materi. Anda bisa membaca materi tes TPA dengan rajin agar mempermudah dalam mengenal istilah maupun kosakata yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Pilihan terbaik saat ini adalah mengikuti TPA online. Tes TPA online jauh lebih baik karena lebih hemat biaya dan waktu. Carilah pusat TPA online yang bersertifikat resmi dengan penguji profesional. Dengan begitu, hasil dari TPA online Anda akan terpercaya dan bisa digunakan di berbagai kebutuhan.