Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Jenis tes TPA online ini ternyata cukup beragam, mulai dari tes angka, logika, verbal, hingga tes gambar yang memiliki tujuan berbeda.

Tes TPA online merupakan tes psikologi yang sering digunakan dalam proses rekrutmen kerja maupun untuk pendaftaran di perguruan tinggi. Tes TPA adalah jenis psikotes yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Bagi perusahaan atau perguruan tinggi tentunya tes ini memiliki peran yang besar.

Dengan tes potensi akademik maka perusahaan bisa mendapatkan calon pegawai yang benar-benar tepat dan unggul. Sehingga calon pegawai tersebut mampu memberikan kontribusi yang baik bahkan mampu membantu mengembangkan perusahaan. Dampaknya perusahaan bisa terus maju berkat pegawai yang berkualitas.

Kemudian tes potensi akademik online juga bisa menjadi solusi untuk menguji tingkat kemampuan berpikir siswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi. Dengan begitu maka universitas atau perguruan tinggi bisa mendapatkan dan mengetahui calon mahasiswa yang memiliki kemampuan baik dalam hal akademik.

Jenis-jenis Tes TPA Online

Kini banyak sekali perusahaan yang memilih menyelenggarakan tes potensi akademik secara online daripada offline. Sebab tentunya tes secara online jauh lebih menguntungkan bagi penyelenggara maupun peserta. Sehingga pelaksanaan tes potensi akademik bisa menjadi lebih mudah, cepat dan pastinya sangat simpel.

Contoh kelebihan tes secara online yaitu penyelenggara tes tidak perlu menghabiskan banyak kertas untuk mencetak soal. Sebab soal diberikan secara online dan bisa diakses menggunakan berbagai perangkat. Baik itu melalui ponsel maupun melalui laptop sehingga pastinya menjadi lebih simpel dan mudah.

Kelebihan lainnya yaitu proses penilaian tes yang jauh lebih cepat, bahkan nilai bisa langsung muncul setelah peserta selesai mengerjakan tes. Hasilnya pun akurat sebab penilaian dilakukan oleh sistem untuk menghindari human error. Sehingga perusahaan tidak perlu khawatir akan mendapatkan hasil yang tidak akurat.

Terlepas dari kelebihan tes TPA Online, tes TPA sebenarnya terdiri atas beberapa jenis yang berbeda. Setiap jenis soal tes tersebut tentunya juga memiliki bentuk serta tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah beberapa jenisnya:

Tes Angka

Pertama terdapat tes angka atau numerik yang tentunya berhubungan dengan angka dan matematika. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam menganalisis informasi terkait angka dan pemecahan masalah matematika sederhana. Para peserta tes harus bisa memecahkan soal secara terstruktur dan logis.

Dalam tes ini soalnya melibatkan angka dan mencakup berbagai aspek seperti konsep matematika dasar, penalaran numerik, dan analisis data. Contoh soalnya meliputi aritmatika, logika angka, tes angka pada cerita, deret, hingga seri huruf. Biasanya tes ini digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi hingga penerimaan kerja di bidang numerik.

Tes Logika

Jenis tes TPA online selanjutnya yaitu tes logika yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir logis, menyelesaikan masalah secara logis dan menganalisis pola. Soalnya bisa berbentuk pertanyaan seperti diagram, soal cerita atau analisis pernyataan, dan kesimpulan. Soal tes logika sedikit mengecoh dan memerlukan ketelitian.

Tes Verbal

Jenis tes selanjutnya yaitu tes verbal atau tes bahasa. Tes ini berguna untuk mengukur kecerdasan para pesertanya dalam bidang bahasa. Soal dari tes ini biasanya berisikan serangkaian pertanyaan yang terkait dengan pemahaman bacaan. Misalnya tentang sinonim, antonim, pemahaman frasa, analogi kata.

Kemudian soal untuk mengetes kemampuan menganalisis teks secara keseluruhan, menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang ada dan sebagainya. Biasanya tes ini diberikan dalam bentuk soal pilihan ganda. Sehingga peserta tes harus memilih jawaban mana yang paling tepat dan sesuai dengan soalnya.

Tes Gambar

Jenis tes TPA online selanjutnya yaitu tes gambar atau tes spasial. Dalam tes ini biasanya akan menyajikan banyak soal yang berhubungan dengan gambar dan peserta harus menjawabnya sekreatif mungkin. Contohnya peserta harus menemukan perbedaan antara gambar yang mirip dan mengurutkan serangkaian gambar.

Kemudian terdapat soal untuk mengidentifikasi gambar, pengelompokkan gambar, menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang disajikan dalam gambar dan lain sebagainya. Tes gambar ini juga bisa berbentuk soal pilihan ganda maupun jawaban singkat tergantung pada lembaga penyelenggara tes tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis tes potensi akademik. Jenis tes TPA online ini ternyata cukup beragam, mulai dari tes angka, logika, verbal, hingga tes gambar yang memiliki tujuan berbeda.