Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Platform tes TPA online dengan fitur lengkap menjadi pilihan. Platform Tes Potensi Akademik yang baik harus tersedia Proctoring Camera.

Tes TPA online atau Tes Potensi Akademik merupakan salah satu contoh baru kemudahan adanya internet. Sehingga tes tidak harus dilakukan secara tertulis.

Sesuai namanya, karena dilakukan dengan cara online, maka hanya dibutuhkan kuota internet dan perangkat canggih. Para peserta bisa melakukanya baik menggunakan perangkat HP, laptop, maupun komputer. Banyak alasan mengapa TPA online semakin populer. Salah satunya karena menawarkan fitur lengkap.

Fitur Tes TPA Online yang Unggul Dibanding Tradisional

Dengan mengikuti tes tes secara online semua peserta dapat menjalankannya dengan mudah dan efektif. Seperti tujuannya, tes TPA terselenggara untuk membantu para peserta mengetahui potensi diri secara tepat. Dengan begitu, mereka dapat berkarier sesuai kemampuannya. 

Maraknya Platform tes Potensi Akademik online juga menawarkan berbagai fitur menarik. Berikut ini beberapa fitur yang dimiliki tes online antara lain:

Online Base

Salah satu fitur yang ada dalam tes TPA online yaitu online base. Dimana dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan koneksi internet. Sedangkan medianya cukup melalui perangkat elektronik seperti laptop, tablet, smartphone, atau PC.

Tes online memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan tes TPA tradisional. Hal ini karena proses penilaian dilakukan secara otomatis oleh sistem. Bahkan menggunakan sistem keamanan yang canggih untuk mencegah kecurangan. Ini adalah untuk memastikan bahwa hasil tes Anda valid dan terpercaya.

Beberapa fitur online base mungkin umum ditemukan. Sebut saja seperti sistem login dan registrasi, dilakukan untuk memastikan keamanan dan privasi peserta tes. Petunjuk pengerjaan tes memberikan informasi tentang cara mengerjakan tes dan format soal.

Ada juga timer untuk menunjukkan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tes. Navigasi soal memudahkan peserta tes untuk berpindah antar soal. Sistem penilaian otomatis akan membantu memberikan hasil tes secara langsung setelah tes selesai.

Tes Individual or Classical

Sedangkan fitur selanjutnya yang dimiliki tes TPA yaitu bisa dikerjakan secara individual maupun kelompok. Sehingga fitur ini memungkinkan satu orang peserta untuk mengikuti tes TPA online secara mandiri. Cocok untuk individu yang ingin mengukur kemampuan TPA mereka untuk keperluan pribadi, seperti persiapan masuk perguruan tinggi atau melamar pekerjaan.

Selain itu, memungkinkan beberapa orang peserta untuk mengikuti tes TPA online secara bersamaan. Cocok untuk perusahaan atau institusi pendidikan yang ingin melakukan tes TPA untuk sekelompok orang. Seperti tes rekrutmen karyawan atau tes masuk perguruan tinggi.

Desain Multiuser

Fitur desain multiuser dalam tes TPA online memungkinkan beberapa peserta untuk mengikuti tes secara bersamaan dalam satu platform. Tes TPA dapat dilakukan untuk banyak orang dalam waktu yang singkat. Hal ini menghemat waktu dan sumber daya penyelenggara tes.

Penyelenggara tes tidak perlu mengatur tempat dan pengawas tes secara manual. Tentunya ini akan membuat lebih hemat biaya. Platform tes TPA umumnya memiliki sistem keamanan yang canggih untuk mencegah kecurangan.

Adanya fitur desain multiuser, pihak penyelenggara tidak perlu ribet lagi untuk membagi pelaksanaaan tes dalam beberapa sesi. Sehingga para peserta dapat mengikuti tes satu kali saja. 

Proctoring Camera

Tes TPA online yang terpercaya biasanya memiliki fitur Proctoring Camera. Fitur ini merupakan sistem pengawasan online yang bertujuan untuk menjaga validitas dan kredibilitas hasil tes.

Cara kerja Proctoring Camera yaitu peserta tes akan diminta untuk mengaktifkan kamera pada perangkat yang digunakan untuk mengikuti tes. Kamera akan merekam aktivitas peserta tes selama tes berlangsung. Rekaman ini dapat berupa wajah peserta dan mungkin juga layar perangkat.

Keuntungan yang bisa didapatkan yaitu membantu mencegah peserta tes mencontek atau mendapatkan bantuan dari orang lain. Hasil tes menjadi lebih dapat diandalkan karena penyelenggara tes dapat memastikan bahwa tes dikerjakan secara jujur oleh peserta.

Rekaman kamera juga dapat digunakan untuk mengamati perilaku peserta tes dan mendeteksi potensi kecurangan lainnya. Fitur ini untuk mencegah peserta tes menggunakan browser tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk kecurangan.

Melalui Proctoring Camera, penyelenggara tes bisa meminta peserta tes untuk menunjukkan kartu identitas sebelum memulai tes.

Selain itu, urutan dan pilihan jawaban soal diacak untuk setiap peserta. Hal ini memungkinkan tidak terjadinya kecurangan.

Tes TPA online umumnya menjadi pilihan yang lebih disukai karena menawarkan fleksibilitas, kenyamanan, dan efisiensi. Namun, pastikan platform yang Anda gunakan terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang baik.