Tes TPA Online

Tes TPA Online TEPAD menjadi platform terpecaya untuk mengetahui cara berpikir seseorang dengan tes kemampuan spasial, numerik dan verbal.

Tes TPA online merupakan tes psikologi untuk mengetahui cara berpikir seseorang. Di era teknologi ini, tersedia berbagai platform untuk tes TPA yang terbilang praktis dan mudah diakses. Setelah selesai pengerjaan, hasil tes dan sertifikat berbentuk softfile atau E-Certificate dapat didownload secara langsung.

Pengerjaan tes harus memperhatikan instruksi dengan detail. Sehingga proses pengerjaan tes akan memberikan hasil yang optimal.

E-Certificate Tes TPA Online

Tes TPA bertujuan untuk mengukur taraf kecerdasan seseorang. Pengujian dengan melakukan tes terhadap kemampuan spasial, numerik dan verbal.

Jika berhasil mengikuti tes maka dapat mengunduh sertifikat berbentuk softfile atau Electronic Certificate. Sertifikat ini sewaktu-waktu dapat didownload dan dalam sistem dapat melihatnya kapanpun.

Dengan sistem koding, keaslian sertifikat TPA ini dapat dilacak. Sehingga sudah dapat dipastikan terkait keamanan akses dan juga perlindungan datanya.

Kelebihan lain dari tes online ini adalah dapat diikuti oleh siapapun, baik individu maupun kelompok. Bahkan dapat mengikuti kapanpun dan dimanapun menggunakan berbagai perangkat. Baik itu smartphone, PC, komputer hingga laptop.

Cara Mengikuti Tes TPA Online di TEPAD

Biasanya tes TPA banyak dilakukan lembaga pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi. Tes potensi akademik ini berfungsi untuk mengetahui kemampuan peserta pada saat mengolah informasi. Tentu saja berkaitan dengan akademik menggunakan sistem online.

Salah satu platform penyedia tes TPA online terpercaya di Indonesia adalah tepad.id. Untuk dapat mengikuti tes TPA ini wajib mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka situs tes pada browser.
  2. Jika situs TEPAD sudah terbuka, klik Submit Form Registrasi. Kemudian isi formulir registrasi dengan benar dan lengkap. Jangan lupa untuk memilih waktu tes dan klik Submit form Registrasi setelah selesai mengisi formulir.
  3. TEPAD akan mengirim email verifikasi jika pendaftaran sudah masuk dan mengirim link ke nomor WhatsApp. Buka email dan klik link di WhatsApp, kemudian ikuti instruksi verifikasi.
  4. Pada situs klik Masuk yang ada di pojok kanan atas, lakukan jika akun sudah terverifikasi. Kemudian masukkan email dan password.
  5. Arahkan ke halaman pembayaran dan lakukan pembayaran berdasarkan biaya yang sudah tertera.
  6. Jika proses pembayaran selesai, maka dapat segera melakukan tes. Langsung kerjakan soal dengan klik Mulai Tes. Persiapkan diri sebaik mungkin, jaga kondisi fisik dan mental. Hal yang tidak kalah penting adalah pastikan koneksi internet lancar dan stabil.
  7. Bacalah setiap instruksi dengan seksama pada tes TPA online.
  8. Sebelum memilih jawaban yang tepat, bacalah soal dengan cermat. Sebaiknya jangan terburu-buru saat mengerjakan dan pastikan sebelum menjawab memahami soal dengan baik.
  9. Platform akan menyediakan batas waktu mengerjakan tes. Maka dari itu, perhatikan waktu pada saat menjawab setiap soal, jangan sampai terlalu lama.
  10. Jika semua soal sudah terjawab, maka klik Submit. Tunggu hingga selesai proses submit tersebut.
  11. Sistem akan memverifikasi data setelah peserta menyelesaikan tes. Pengecekan mulai foto, status dan potensi apabila terindikasi pelanggaran. Semua aktivitas selama tes akan terdeteksi oleh sistem. Jika terindikasi ada kecurangan atau pelanggaran, maka sistem akan membatalkan, bahkan tidak mengeluarkan sertifikat.
  12. Apabila peserta lolos verifikasi, maka akan mendapatkan sertifikat yang keluar setelah penyelesaian tes, yakni dalam tempo 24 jam.
  13. Sertifikat dapat peserta download di dalam sistem dan bisa langsung mencetaknya. Untuk keaslian sertifikat, maka bisa melakukan scan pada barcode tersedia.
Materi Tes TPA

Tes TPA ini terdiri dari beberapa materi seperti numerik, verbal dan logika. Tes numerik merupakan deretan angka untuk menentukan pola dalam urutan angka. Kemudian ada aritmatika untuk menyelesaikan masalah matematika dasar dan perbandingan antara nilai dan jumlah.

Materi tes verbal berupa makna kata untuk pemahaman kosakata, analogi untuk menilai kemampuan yang berhubungan dengan konsep dan dua kata. Sedangkan pemahaman wacana untuk menilai kemampuan memahami teks yang panjang. Tes logika meliputi penilaian silogisme, serial, matriks hingga diagrama.

Tes TPA online dari TEPAD memiliki kemudahan akses. Sehingga peserta dapat mengerjakan secara online kapanpun dan dimanapun tanpa perlu ke tempat tes langsung. Jika peserta lolos verifikasi maka akan mendapatkan sertifikat elektronik.