Tes TPA Online

Tes TPA online cocok bagi yang sibuk. Daftar, bayar, ikuti tes melalui perangkat, dan dapatkan sertifikat hasil tes TPA dalam 24 jam.

Tes TPA online menjadi opsi tepat bagi Anda yang kiranya memiliki kegiatan padat sehingga kesulitan dalam pembagian waktu. Untuk itu, kali ini kita akan membahas terkait bagaimana cara dalam mengikuti TPA online. Nah, salah satu contoh lembaga penyedia layanan tes online ini, yakni TEPAD. Yuk, langsung saja kita ulas cara lengkapnya di artikel berikut.

Cara Mudah Ikuti Tes TPA Online

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah ujian yang dirancang untuk menilai sejauh mana peserta menguasai kemampuan dalam mengolah informasi yang berkaitan dengan berbagai bidang. Dengan tes ini, Anda dapat mengidentifikasi bakat dan kemampuan dalam aspek akademik serta keilmuan, termasuk sains, sosial, dan bahasa.

Materi dalam TPA online umumnya mencakup tes kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran logis-spasial. Tes ini sering diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, seperti perguruan tinggi atau sekolah, untuk menilai potensi akademik peserta.

Lalu untuk pengalaman terbaik, maka disarankan menggunakan laptop/komputer. Meski demikian, hal itu tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menggunakan HP. Berikut merupakan cara mudah tes TPA online dengan perangkat HP, antara lain:

Buka Situs TPA online dan Registrasi Akun

Pertama, Anda yang harus membuka situs penyedia layanan TPA online pada suatu browser. Salah satu contohnya, seperti TEPAD. Kemudian klik opsi “Submit Form Registrasi” dan isikan formulir pendaftaran dengan lengkap. Setelah semua terisi baru tekan submit lagi.

Verifikasi Akun

Usai dengan persoalan pendaftaran, nantinya Anda akan mendapat notifikasi email verifikasi. Jika sudah maka segera buka email atau klik link yang terkirim ke WhatsApp dan ikuti instruksi verifikasinya.  

Login

Apabila proses verifikasi akun telah selesai, Anda dapat kembali ke situs website penyedia layanan tes TPA online dan klik tombol "Masuk". Kemudian isikan email yang terpakai untuk pendaftaran beserta password sekaligus.

Bayar Biaya Tes

Nah, setelah itu pilihlah jenis dan jadwal tes yang ingin Anda ikuti. Lalu nantinya diarahkan ke halaman pembayaran. Kemudian lakukan pelunasan biaya tes sesuai yang tertera pada halaman tersebut.

Mulai Tes

Usai proses pembayaran tuntas, sistem akan melakukan verifikasi transaksi tersebut. Tes pun bisa Anda mulai sesuai dengan jadwalnya. Jika waktu tes TPA online telah tiba, Anda bisa langsung memulainya dengan menekan tombol "Mulai Tes".

Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik ya. Seperti menjaga keadaan fisik juga mental dan tak lupa memastikan koneksi internet Anda stabil.

Ikuti Instruksi dan Kerjakan Soal dengan Teliti

Ikuti instruksi tes dengan teliti. Dimana instruksi tersebut berisi tata cara menjawab soal beserta petunjuk lain yang kiranya Anda butuhkan selama tes. Selain itu, perhatikan juga ketika mengerjakan tiap soal secara cermat dan sungguh-sungguh. Caranya, jangan terburu-buru dalam menjawab. Pastikan Anda memang memahami betul soal tersebut.

Submit Jawaban

Setelah semua soal terjawab, Anda bisa langsung mengirimnya. Klik tombol “Submit” di halaman tes kemudian tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Verifikasi Peserta Tes

Nah, selesai menyelesaikan tes tersebut maka sistem akan melakukan verifikasi data berupa aktivitas selama mengerjakan tes. Dengan pengecekan status dan foto oleh sistem, apakah ada kejanggalan atau tidak. Demikian pula terhadap beberapa potensi yang terindikasi pelanggaran, maka akan terdeteksi otomatis oleh sistem. Sehingga hasil dari verifikasi bisa saja akan menunda sertifikat, bahkan membatalkan atau tidak mengeluarkannya sekalipun.

Berbicara mengenai sertifikat, penyedia layanan tes TPA online memang akan memberikannya. Sertifikat tersebut bisa Anda unduh dalam 24 jam setelah pelaksanaan tes. Dimana isinya mencakup skor dari Subtes Verbal, Numerik dan Spasial, serta skor total dengan kata lain memberikan gambaran lengkap tentang hasil tes.

Tak hanya itu, sertifikat juga lengkap dengan QR Code sehingga akan meningkatkan keamanan. Serta bisa membangun kepercayaan antara peserta dan pihak terkait, layaknya institusi akademis atau perusahaan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi perihal penipuan ketika memilih menggunakan tes tersebut.

Selain pengerjaan yang mudah karena bisa Anda lakukan di rumah, cara daftar tes TPA online juga tidak sulit. Jadi, segera saja daftarkan diri pada salah satu layanan TPA online terpercaya contohnya TEPAD.