Tes Potensi Akademik Online
Tes TPA Online

Untuk mendapatkan hasil skor TPA yang maksimal, perlu berlatih dengan contoh-contoh soal agar terbiasa menghadapi tes tersebut

Tes TPA online atau tes potensi akademik ini salah satu tes psikologi yang banyaknya digunakan ketika proses rekrutmen kerja, baik di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Bukan hanya itu saja, beberapa universitas juga menggunakan tes ini untuk menyeleksi calon mahasiswa. 

Pasalnya dengan melakukan tes TPA ini, bisa melihat segi potensi dan akademik dari seseorang. Maka saking pentingnya untuk semua orang, sekarang sudah banyak halaman website yang hadir memberikan tes psikologi satu ini. Jika Anda ingin melakukan tes TPA pastinya harus mempersiapkan dari segi fisik hingga mental. 

Salah satunya Anda harus menyiapkan pembelajaran. Anda bisa mempelajari tes tersebut dengan berlatih contoh soalnya. Jadi dengan berlatih soal, Anda dapat mengerjakan tes yang sebenarnya secara baik. 

Beberapa Contoh Soal dan Pembahasan Tes TPA Online 

Sebelum membahas mengenai contoh soal dari tes TPA online, Anda selaku calon peserta tes harus tahu apa itu tes potensi akademik. Tes potensi akademik adalah jenis tes psikologi yang dimana digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual seseorang. 

Di Tanah Air khususnya, TPA banyak dimanfaatkan dalam proses rekrutmen kerja, tes beasiswa, hingga tes untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Selain itu, tes TPA juga dirancang guna melihat potensi intelektual yang dianggap mendasari keberhasilan seseorang dalam menjalani pendidikan. 

Terdapat beberapa tes TPA dimana masing-masing jenis tes TPA mempunyai penjelasan serta soal yang beda. Pertama ada tes verbal yang mengukur kemampuan seseorang dalam memahami serta berpikir menggunakan perencanaan bahasa. Kedua ada figural yang mengukur kemampuan memahami dan pola pikir menggunakan gambar. 

Tes ketiga yakni tes numerik yang dimana calon peserta mengukur kemampuan dan berpikir dengan angka. Meskipun tes potensi akademik terlihat sederhana dan mudah. Tapi kenyataannya banyak calon peserta malah gagal dan mendapatkan nilai tidak bagus. Jika hal itu terjadi karena ada banyak faktor penghambatnya. 

Pertama faktor kurangnya konsentrasi. Ketika Anda mengerjakan soal tes TPA ini harus berkonsentrasi. Selain konsentrasi, kurangnya Anda dalam mempersiapkan fisik dan mental. Jadi sebelum Anda mengerjakan tes jagalah kondisi tubuh dan mental agar tetap baik.

Ternyata yang paling dominan mempengaruhi hasil tes adalah Anda kurang belajar materi dan latihan soal. 

Contoh Soal Tes Potensi Akademik

Untuk contoh tes potensi akademik sendiri banyak sekali. Dimana Anda bisa menemukan secara mudah di laman platform Google atau browser lain. Jika Anda mengerjakan beberapa contoh soal tes potensi akademik. 

Sudah memastikan hasil dari tes sangat memuaskan. Apalagi bagi Anda calon mahasiswa baru. Tentunya harus menghasilkan dan mendapatkan nilai bagus. Karena nilai dari hasil tes ini mempengaruhi pemilihan jurusan kelas Anda. 

Sebab potensi dalam diri Anda memastikan pemilihan jurusan yang Anda inginkan. Sehingga karir dimasa depan akan lebih maju dan termimpikan.

Contoh Tes Potensi Akademik Sinonim 

Tes potensi akademik ini berikan soal yang sinonim yang berarti adalah persamaan kata. Biasanya pembuat soal nanti akan membuat sebuah jawaban dan pilihan agak sama. Sehingga calon peserta akan kesulitan dalam memilih jawaban. Jadi Anda perlu konsentrasi yang dalam agar jawaban benar. Untuk contohnya berikut ini. 

1. Delusi... 

  1. Kekecewaan

  2. Friksi

  3. Nyata

  4. Ilusi 

Jawaban: D. Ilusi 

2. Disangka.... 

  1. Dekat

  2. Dijauhi

  3. Dikendalikan

  4. Ditengarai 

Jawaban: D. Ditengarai 

3. Debat.... 

  1. Komentar

  2. Diskusi

  3. Perbantahan

  4. Pembicaraan 

Jawaban: C. Perbantahan 

4. Lugu....

  1. Kampungan

  2. Bersahaja

  3. Sabar

  4. Bodoh 

Jawaban: B. Bersahaja 

5. Religius…. 

  1. Agamis

  2. Pendeta

  3. Masjid

  4. Kepercayaan 

Jawaban: D. Kepercayaan 

Contoh Soal TPA Antonim 

Kedua ada contoh soal antonim yang dimana memberikan soal mengenai lawan kata. Agak berbeda dengan sinonim, tapi Anda juga harus sama mengerjakannya yakni butuh konsentrasi dalam. Berikut contoh soalnya. 

6. Tenggelam… 

  1. Terombang-ambing

  2. Terkatung

  3. Terbang

  4. Terapung

Jawaban: D. Terapung 

7. Dinamis....... 

  1. Mobil

  2. Statis

  3. Berubah

  4. Gerak 

Jawaban: B. Statis 

Jadi, itu tadi contoh soal dan pembahasan megani tes TPA online yang penting untuk Anda terutama calon mahasiswa yang masuk ke salah satu perguruan tinggi pilihannya. Anda juga bisa mendapatkan contoh soal lain untuk belajar sebelum melakukan Tes TPA yang sebenarnya.