Tes Potensi Akademik Online
Tes Potensi Akademik Online

Untuk skor terendah dari tes potensi akademik online atau TPA Online adalah 200. Sementara itu, skor tertinggi bisa mencapai 800.

Tes potensi akademik online menjadi pilihan terbaik. Daripada offline, tes online ini tentu jauh lebih menguntungkan.

Keuntungan dari tes potensi akademik ini salah satunya adalah memiliki waktu yang fleksibel. Anda bisa menyesuaikan waktu tes agar tidak bentrok dengan jadwal lainnya.

Selain itu, tes potensi akademik juga cenderung lebih terjangkau. Jadi, Anda bisa menghemat lebih banyak biaya dari pada tes offline.

SKor Tes Potensi Akademik Online

Tes potensi akademik online juga terkenal sebagai TPA atau TEPAD online memiliki peran yang cukup penting.

Umumnya tes ini berguna untuk menentukan kelulusan dari siswa, mahasiswa, dan bahkan para calon karyawan. Dalam beberapa tahapan tertentu, tes ini biasanya dilakukan di awal.

Ketika TEPAD ada di awal, maka itu bisa menjadi alasan lolos atau tidak lolosnya Anda di tahap interview.

Tes potensi akademik banyak dijumpai pada rekrutmen karyawan hingga tes masuk perkuliahan. Jadi, sebenarnya tidak sulit untuk menemukan berbagai macam buku untuk menunjang pembelajaran sebelum tes.

Apalagi kini ada banyak website yang memang khusus untuk mempelajari TEPAD online. Sebaiknya Anda melakukan latihan soal dengan baik agar terbiasa dengan tipe soal yang muncul.

Fungsi Skor Lulus Tes

TEPAD ini memang sangat penting. Akan tetapi, Anda tidak boleh asam memberikan jawaban agar bisa lulus.

Tes ini seperti psikotes lainnya yang tidak boleh sembarang diisi. Ada banyak bentuk TEPAD yang Anda dapatkan di dalam satu pertemuan.

Oleh karena itu, semua jenis tes perlu Anda pahami agar tidak terkejut dan bingung dengan soal yang berbeda.

Di perusahaan, tes potensi akademik online berguna untuk petinggi perusahaan dalam menentukan calon karyawan baru. HRD akan tahu apakah karyawan tersebut memenuhi kriteria atau tidak.

Sementara itu, TEPAD online dalam perkuliahan biasanya berguna untuk membantu para mahasiswa menentukan jurusan.

Skor Maksimal dan Minimal TEPAD

Agar dapat dinyatakan lulus dalam tes, maka Anda perlu mendapatkan skor yang sudah ditentukan. Apabila skor Anda sesuai, maka artinya lulus.

Akan tetapi, skor yang kurang akan memberikan konsekuensi tidak lolos. Itulah kenapa, Anda perlu memahami berapa skor maksimal dan minimal lulus tes.

Seperti namanya, tes ini bertujuan untuk mengukur potensi akademik. Biasanya TEPAD terdiri dari 250 butir soal dengan waktu pengerjaan sekitar 3 jam.

Tes paling sering yang muncul dalam tes verbal, penalaran kata, dan numerik. Anda perlu memiliki patokan skor dalam ketiga tes tersebut.

Skor terendah dari tes potensi akademik online adalah 200. Sementara itu, skor tertinggi bisa mencapai 800.

Artinya, masing-masing akan mendapatkan sekitar 20 sampai 80. Apabila Anda mendapatkan skor kurang dari 200, maka tidak akan diterima.

Akan tetapi, biasanya nilai di bawah 500 masih akan dipertimbangkan. Nilai minimal lulus sendiri ditentukan oleh kesepakatan dari badan penyelenggara.

Skor rata-rata biasanya mulai dari 450 sampai 500 dan kenaikan pangkat akan lebih dari 550 sampai 600. Jika skor Anda 500, artinya kemampuan dianggap rata.

Perlu Anda pahami juga bahwa skor dari tes potensi akademik online tidak bisa diperpanjang. Jika massa skor sudah berakhir, maka Anda perlu mengikuti tes lagi.

Selain itu, perhatikan juga jumlah peserta yang ikut tes. Semakin banyak peserta yang ikut, maka Anda harus mampu menjawab lebih banyak soal agar aman.

TEPAD Online GRE

Dalam memilih tempat TEPAD online yang baik, maka perhatikan jenis tes. Jangan sampai lembaga penyedia tes potensi akademik tersebut menggunakan metode tes yang tidak resmi.

TEPAD menyediakan layanan psikotes TEPAD dengan teori GRE yang merupakan Graduate Record Examinations.

Anda bisa mengakses TEPAD online kapan saja. Hal yang harus Anda lakukan hanya melakukan registrasi sekali dan akan mendapatkan hak akses sebagai user tanpa ada batasan waktu.

Melakukan TEPAD online sangat baik sebagai bentuk latihan soal sebelum menjalani tes sesungguhnya dalam seleksi pekerjaan, masuk perguruan tinggi, hingga tes CPNS.

Tunggu apalagi, Anda bisa segera mendaftar tes potensi akademik online melalui website TEPAD. Anda juga bisa mengakses tes melalui perangkat mobile maupun desktop, kapan saja dan dimana saja.